TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYAN OBAT DI PUSKESMAS BARAKA KECAMATAN BARAKA KABUPATEN ENREKANG
Abstract
Telah dilakukan penelitian di Puskesmas Baraka Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan obat di Puskesmas Baraka. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrument pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan obat di Puskesmas Baraka Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang dalam kategori puas (68,6%). Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan Skala Likert, yaitu untuk jawaban sangat puas diberi nilai 4, puas diberi nilai 3, cukup puas diberi nilai 2, tidak puas diberi nilai 1. Hasil penelitian pada lima dimensi kualitas pelayanan diperoleh presentase skoryaitu kehandalan = 66,4% (puas),daya tanggap = 67,7% (puas), jaminan = 69,2 % (puas), kepedulian = 66,7% (puas), bukti fisik =72,9% (puas).
Kata kunci : Pelayanan Obat, Kepuasan Pasien.
Full Text:
PDFReferences
Anief, M., 2004, Manajemen Farmasi, : Yogyakarta : Gadjah Mada University
Anonim.,2011,Pelayanan Informasi Obat,http://tyutmahiwa.blogspot.com/2011/04/pelayanan -informasi-obat-pio.html diakses tanggal 3 Januari 2016
Batubara, P.L., 2008, Farmakologi Dasar, edisi II : Jakarta : Lembaga Studi dan Konsultasui Farmakologi
Depkes RI., 2006, Pedoman Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas, Depkes RI : Jakarta
Ditjen Binfar & Alkes., 2006, Pedoman Konseling Pelayanan Kefarmasian di Sarana Kesehatan.: Jakarta
Effendi, F & Makhfudli., 2013, Keperawatan Kesehatan Komunitas Teori dan Praktik dalam Keperawatan : Jakarta
Eka, A., 2014, Hubungan Pelayanan Kefarmasian Dengan Kepuasan Pasien Menggunakan Jasa Apotek Di Kota Denpasar, Denpasar : Universitas Udayana Denpasar
Jasfar, F., 2005, Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu, Bogor : Ghalia Indonesia
Katzung, B. G., 2007, Basic & Clinical Pharmacology, Tenth Edition, United States : Lange Medical Publications
Menteri Kesehatan Republik Indonesia 2010, Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 193/Kab/B.VII/71. Tentang Pengertian Obat, Jakarta : Menkes RI
Kotler, 2005, Manajemen Pemasaran, Jakarta : PT. Indeks Kelompok Greamedia
Parasuraman, dkk., 2003, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan. Journal Of Retailing, Vol.64, No.1
Pohan, I.S., 2006, Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan, Jakarta : EGC
Siregar, C.J.P, 2003, Farmasi Rumah Sakit Teori & Penerapan, Jakarta : EGC
Sugiyono., 2005., Metode Penelitian Admninistrasi, Bandung : Alfabeta
Trihono., 2005, Manajemen Puskesmas Berbasis Paradigma Sehat, : Jakarta: Sagung Seto.
Umar, H., 2003, Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa, Jakarta : Ghalia Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.32382/mf.v14i1.91
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Kontak Editor
Hendra Stevani
Jurusan Farmasi Poltekkes kemenkes Makassar
email : hendra@poltekkes-mks.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.