HUBUNGAN ANTARA FUNCTIONAL ANKLE INSTABILITY DENGAN KEMAMPUAN BIOMOTOR PADA ATLET PENCAK SILAT

Feraya Melinda Farza, andi rahmaniar

Abstract


ABSTRAK

Latar Belakang. Dalam pencak silat dibutuhkan kemampuan biomotor yang baik dalam rangka meningkatkan performa, salah satunya adalah komponen daya ledak dan kelincahan yang sangat menentukan keberhasilan dalam melancarkan serangan dan melibatkan gerakan-gerakan eksplosif. Cedera muskuloskeletal dapat menyebabkan menurunnya kemampuan biomotor pada atlet, salah satunya adalah functional ankle instability (FAI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara FAI dengan kemampuan biomotor daya ledak dan kelincahan pada atlet pencak silat.

 

Metode : . Metode yang digunakan adalah metode penelitian korelatif dengan menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan sampel dengan jumlah sampel 20 orang atlet (16 orang atlet dengan FAI dan 4 orang atlet tidak dengan FAI). Variabel independen yang diukur adalah FAI melalui kuesioner Cumberland Ankle Instability Tool. Variabel dependen yang diukur adalah kemampuan biomotor daya ledak dan kelincahan melalui tes vertical jump dan tes side step

 

Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak adanya hubungan antara FAI dengan kemampuan biomotor daya ledak dengan nilai signifikansi yaitu 0,483 (p>0,005). Kemudian hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara FAI dengan kemampuan biomotor kelincahan dengan nilai signifikansi yaitu 0,764. 

Kesimpulan. Tidak ada hubungan yang bermakna antara FAI dengan kemampuan biomotor daya ledak dan kelincahan pada atlet pencak silat.

Disarankan atlet yang mengalami FAI sebaiknya melakukan latihan-latihan seperti latihan proprioseptif, strengthening, koordinasi untuk meningkatkan kestabilan ankle, dapat digunakan peralatan berupa wobble boards, ankle disks, atau peralatan serupa lainnya.

 

Kata kunci: Functional Ankle Instability, Kemampuan Biomotor, Pencak Silat

1Jurusan Fisioterapi Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin

2Dosen Fisioterapi Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin

Full Text:

PDF Similiarity Check


DOI: https://doi.org/10.32382/mf.v12i1.1589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Media Fisioterapi indexed by :

 

View My Stats

Flag Counter