PENGARUH LATIHAN BRIDGING DAN STRENGTHENING TERHADAP KESEIMBANGAN DUDUK PASIEN PASCA STROKE NON HEMORAGIK DI KLINIK FISIOTERAPI POLITEKNIK KESEHATAN MAKASSAR

Muhammad Awal, Sri SadiyahL, Andi Halimah, Siti Nurul Fajriah

Abstract


Gangguan keseimbangan terjadi sebagai akibat adanya kelemahan pada otot-otot yang berperan dalam memelihara keseimbangan terutama keseimbangan duduk, seperti otot trunk dan pelvic. Latihan bridging dan strengthening adalah dua teknik latihan yang dapat meningkatkan kekuatan otot pada trunk maupun pelvic.

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari perbedaan pengaruh pemberian latihan Bridging dan strengthening terhadap Keseimbangan Duduk pada Penderita Pasca Stroke Non-Haemoragik. Penelitian ini adalah quasy eksperimen menggunakan pretest-posttest two group design. Populasi penelitian adalah semua pasien pasca stroke yang berkunjung di Klinik Politeknik Kesehatan  Makassar jurusan Fisioterapi selama penelitian berlangsung. Sampel penelitian penderita pasca stroke non haemorragik yang berkunjung di Klinik Politeknik Kesehatan  Makassar Jurusan Fisioterapi selama penelitian berlangsung.

Hasil penelitian diperoleh adanya perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian bridging exercise dengan selisih rata-rata nilai keseimbangan duduk 1.40 + 0.52 menit dengan hasil uji wilcoxon p=0.004 < α= 0.05. Sedangkan pada intervensi strengthening exercise diperoleh selisih rata-rata keseimbangan duduk 1.00 + 0.67 menit engan hasil uji wilcoxon p= 0.008< α= 0.05. Pada uji Mann-Whitney diperoleh perbedaan yang tidak signifikan diantara kedua perlakuan, pada nilai rata-rata keseimbangan duduk dengan p= 0.247> α= 0.05.

Kesimpulan penelitian ini adalah ada perubahan keseimbangan duduk sebelum dan sesudah pemberian bridging exercise dan strengthening exercise pada penderita pasca stroke non haemorragik. Tidak ada perbedaan perubahan keseimbangan duduk diantara kedua kelompok perlakuan.

 

Kata Kunci : Bridging exercise, strengthening exercise, stroke non-haemoragik.


Full Text:

PDF Similiarity Check

References


Asghar Akbari, Hossein Karimi, 2006, The Effect of Strengthening Exercise on Exaggerated Muscle Tonicity in Chronic Hemiparesis Following Stroke, Journal Med. Sci., hal 382 – 388.

Atsushi Imai, Koji Kaneoka, et al., 2010, TrunkMuscle Activity During Lumbar Stabilization Exercise on Both a Stable and Unstable Surface, Journal of Orthopedic & Sports Physical Therapy, Vol. 40, No. 6., Hal. 369 – 375.

Caroline Kisner, 2007, Therapeutic Exercise Foundations, FA Davis Company, USA.

Darmojo, dan Martono, H. 2000. Geriatri, Edisi IV.Jakarta: Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Guyton A.C dan Hall, J.E. 2007. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran ed.11 diterjemahkan oleh dr. Irawati dkk. Jakarta: EGC

Irma Suryani, 2012, Pengaruh Bridging Exercise Terhadap keseimbangan Duduk Pada Penderita Pasca Stroke Non Haemorragic, Unhas, Makassar.

Julia Van Deusen, Denis Brunt, 1997. Assessment In Occupational Therapy and Physical Therapy, W.B. Saunders Company, Philadelphia.

Kartika, Ita. 2004. Hubungan Uji Menggambar Jam Dengan Indeks Barthel Pada Penderita Stroke Hemisfer Kanan. Tesis: Program Pendidikan Dokter Spesialis I Program Studi Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Medik Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado.

Muhammad Zainuddin, 2000, Metodologi Penelitian, Airlangga University Press, Surabaya.

Misbach, Jusuf. 2011. Stroke Aspek Diagnostik, Patofisiologi, dan Manajemen. Jakarta : FKUI.

Lewis. 2007. Medical surgical nursing. St.Louis: Missouri. Mosby-Year Book.

Lusskin R. Grinbaum BB. Spasticity and Spastic deformitas. In : Good Gold J. Rehabilitation medicine. Washington : Mosby Company. hal. 531-51

Quinn, E. 2012. Bridge Exercise: The Bridge Exercise Builds Core Stability. Dalam Sports Medicine, (Online), (http://sportsmedicine.about.com/od/strengthraining/qt/bridge-exercise.htm, diakses 11 Agustus 2013).

Sugiyono, 2002, Statistik Untuk Penelitian, CV. Alfabeta, Bandung

Veerle K. Stevens, Katie G Bouche, et. al., 2006, Trunk Muscle Activity in Health Subjects During Bridging Stabilization Exercise, Journal BMC Musculoskeletal Disorder.




DOI: https://doi.org/10.32382/mf.v10i2.815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Media Fisioterapi indexed by :

 

View My Stats

Flag Counter