PENGARUH TEKNIK FRICTION TERHADAP NYERI PADA PENDERITA TENNIS ELBOW TYPE II DI RUMAH SAKIT UMUM LASINRANG PINRANG

Muhammad Awal, hasbiah hasbiah

Abstract


 

Tennis elbow adalah suatu keadaan di mana otot ekstensor pergelangan tangan mengalami kerobekan atau rupture di bagian myofacial atau origo sehingga muncul reaksi jaringan yang mengakibatkan rasa nyeri pada epycondylus lateralis humeri teruatam saat lengan bawah bergerak kea rah ekstensi wrist dan supinasi. Nyeri tennis elbow dapat ditangani dengan modalitas fisioterapi berupa massage dengan teknik friction.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh teknik friction terhadap nyeri pada penderita tennis elbow di rumah sakit Umum Lasinrang Pinrang. Penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan pretest posttest one group design yang membandingk dan nilai rata-rata antara nyeri pre test dan nyeri post test. Populasi penelitian adalah semua penderita tennis elbow yang datang berobat di rumah sakit Umum Lasinrang Pinrang dengan jumlah 20 orang. Sampel penelitian adalah semua penderta tennis elbow yang datang ke poliklinik Fisioterapi rumah sakit Umum Lasinrang Painrang berjumlah 15 orang yang memenuhi krteria penelitian. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata intensitas nyeri akibat tennis elbow sebelum pemberian friction sebesar 51.27 dan nilai rata-rata intensitas nyeri akibat tennis elbow sesudah pemberian friction sebesar 41.80. Ini berarti terjadi penurunan nyeri setelah intervensi dengan friction sebesar 9.46 dengan nilai p= 0.001.
Berdasarkan hasil penelitinan, maka disarankan seyogyanya perlu diberikan intervensi friction untuk pasien yang menderita nyeri akibat tennis elbow agar nyeri yang diderita oleh pasien dapat dikurangi.
Kata Kunci : Friction, nyeri, tennis elbow


Full Text:

PDF Similiarity Check

References


Carolyn Kisner and Lynn Allen Colby, Therapeutic Exercises, F.A. Davis Philadelphia. 1990

Elisabeth C. Wood, 1969, Massage Principle and Tchniues. Second Edition, WB. Saundres Company, Philadelphia, London, Toronto, 1969.

James Cyriax, Textbook of Orthopaedic Medicine Treatment by Manipulation, Massge and Injection, Volume II, Bailliere, New York, USA.1984.

Nugroho, D.S, Neurofisiologi Nyeri Dari Aspek Kedokteran, Akademi Fisioterapi Surakarta, Surakarta.2001.

Priguna Sidharta, 1984, Sakit Neuromuskuloskeletal Dalam Praktek Umum, PT Dian Rakyat Jakarta.

Rene Cailliet,M.D. 1991, Pain Series, Neck and Arm Pain, Third editionF.A. Davies Company, Philadelphia. 1991.

Robert Doratell, Michael, Orthopaedic Physical Therapy, J.Wooden Churchill Livingstone, New York, Edinbergh, London, Melbourne, 1989.

Victor H. Frankel dan Margaretha Nordin, Basic Biomechanics of The Sceletal system, Lea and Febiger, Philadelphia. 1998.

Werner Kuprian, Physical Therapy For Sports, WB Saunders Company, USA.1995.

Wood Elizabeth, 1969, Massage Principles and Techniques, Second Edition, W.B. Sounders Company, Philadelphia London, Toronto.




DOI: https://doi.org/10.32382/mf.v11i1.827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Media Fisioterapi indexed by :

 

View My Stats

Flag Counter