GAMBARAN KEBUTUHAN PERAWATAN ORTODONTI PADA MAHASISWA JURUSAN KEPERAWATAN GIGI POLTEKKES MAKASSAR

nurhaeni eni

Abstract


                                      Perkataan ortodonti yang berasal dari bahasa Yunani, dapat diuraikan menjadi orthos yang berarti betul dan dentos berarti gigi, sehingga ortodonti dapat diterjemahkan menjadi letak gigi yang betul atau disebut ilmu yang membetulkan letak gigi.

      Tujuan dari penelitian ini adalah diperolehnya gambaran kebutuhan perawatan ortodonti pada mahasiswa jurusan keperawatan gigi poltekkes Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional deskriptif  dengan pendekatan cross sectional. Dimana populasinya adalah semua mahasiswa jurusan keperawatan gigi dan sampelnya sebanyak 30 orang dengan metode pemilihan sampel secara purposive sampling.

                Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kebutuhan perawatan ortodonti bedasarkan indikator IKPO pada responden yang mengalami maloklusi  pada mahasiswa-mahasiswi Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Makassar tahun 2015 sangat tinggi yaitu sebesar 93% yang membutuhkan perawatan ortodonti dan hanya 7% yang tidak membutuhkan perawatan ortodonti. Tingginya angka kebutuhan perawatan ortodonti ini menggambarkan bahwa pengetahuan dan kesadaran mahasiswa akan perawatan ortodonti sudah cukup baik sehingga tingkat kesediaan untuk menjalani perawatan ortodonti begitu tinggi.

 

Kata kunci : Kebutuhan, Perawatan Ortodonti, IKPO

References


DAFTAR PUSTAKA

Achmad MH, dkk. 2012. Maloklusi Pada Anak, Etiologi Dan Penanganannya. Makassar: Penerbit Bimer.

Bakar Abu. 2012. Kedokteran Gigi Klinis. Yogyakarta: Quantum Sinergis Media.

Day NF. 2014. Kebutuhan Perawatan Ortodonti Pada Remaja Usia 15-17 Tahun Menggunakan Indikator Kebutuhan Perawatan Ortodonti (IKPO). [Skripsi]. Darussalam Banda Aceh: Departemen Ortodonti, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Syiah Kuala.

Foster T.D. 1993. Ortodonsi. Edisi ke-III. Jakarta:EGC.

Hartati Ratna, dkk. 2003. Kebutuhan Perawatan Protrusi Untuk Menjaga Kesehatan Mulut Pada Remaja Awal. Jurnal Of Dentistry 15:227.

Hoesin Faruk. 2010. Faktor Prediksi Indikator Kebutuhan Perawatan Ortodonti Sebagai Kompenen Penting Bagi Konsep Ortodonti Masa Mendatang (Future Ortodontic). Jurnal Ilmiah Dan Teknologi Kedokteran gigi 7:56.

Hoesin Faruk. 2008. Membangun Model IKPO Pada Sistem Telemedika Berbasis ICT Dalam Bidang Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak. E-Indonesia:2.

http://id.wikipedia.org/wiki/Kebutuhan (diakses hari rabu, 07 april 2015 12:24PM)

La mente NH. 2012. Gambaran Kebutuhan Perawatan Ortodonti Murid Sekolah Dasar Di Kecamatan Tamalanrea Makassar. [Skipsi]. Makassar: Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Hasanuddin.

Mokhtar Mundiyah. 2002. Dasar-Dasar Ortodonti Pertumbuhan Dan Perkembangan Kraniodentofasial. Makassar: Bina Insani Pustaka.

Mokhtar Mundiyah. 1997. Ortodonti Dan Ortopedi Fasial. Majalah Kedokteran Gigi 2: 2-3.

Nurlitasari DF. 2012. Faktor Yang Berperan Terhadap Permintaan Gigi Tiruan Pada Lansia. [Tesis]. Jakarta: Departemen Prostodonsia, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Indonesia.

Pertiwi ASP, dkk. 2008. Gambaran Kebutuhan Perawatan Ortodonti Pada Siswa Kelas 4 Dan 5 Al-Mabrur Primary School Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Dentika Dental Jurnal 13:112.

Wilar LA, dkk. 2014. Kebutuhan perawatan orthodonsi berdasarkan index of orthodontic treatment need pada siswa smp negeri 1 tareran. Jurnal e-GiGi (eG) 2:2.




DOI: https://doi.org/10.32382/mkg.v16i1.746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar Jurusan Keperawatan Gigi

Office : Jl. Monumen Emmy Saelan III, Makassar, South Sulawesi, 90242

Email  :  mediagigi@poltekkes-mks.ac.id

 

INDEXING

  

View My Stats