FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELAYANAN KESEHATAN BAGI PESERTA BPJS DI RUMAH SAKIT LABUANG BAJI KOTA MAKASSAR
Abstract
Pemerintah melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-BPJS bertanggung jawab atas pelaksanaan jaminan kesehatan masyarakat bagi perorangan untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang aman, bermutu dan terjangkau. Faktor yang mempengaruhi kepuasan pelayanan kesehatan berdasar pada lima dimensi yaitu realibility, assurance, tangible, emphaty dan responsiveness.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS di Rumah Sakit Labuang Baji Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian yaitu seluruh pengunjung BPJS di Rumah Sakit Labuang Baji Kota Makassar dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang.
Hasil penelitian menunjukkan semua dimensi pelayanan kesehatan memiliki pengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien dengan kategori puas.
Kata Kunci : Kepuasan Pelayanan Kesehatan, BPJS
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anna Aulia Rahmah, 2015 gambaran tingkat kepuasan pasien peserta bpjs terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di poli gigi puskesmas mochamad ramdhan bandung. Tim penyusun buletin Poltekkes Bandung, Edisi I, 2014
Ardita Pandu Widyana, Fakultas Ilmu Kesehatan UMP, 2016 Hubungan Kualitas Pelayanan BPJS Berry, Parasuraman, dan Zeithamal (Parasuraman, 1988 cit. Ulinuha, 2014) Buku Pegangan Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Dalam System Jaminan Sosial Nasional. Jakarta Selatan.
Made Martini Widi Lestari, Ni Nyoman Yulianthini, I Wayan Suwendra e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen (Volume 4 Tahun 2016)
Ridha Aulia, Rosihan Adhani, Irham Taufiqurrahman, Isnur Hatta Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin Vol II. No 1. Maret 2017
Rila Rindi Antina, Vol. 2. No.2 Oktober 2016 Jurnal Penelitian Administrasi Publik
Rimawati. Gambaran Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Pelayanan Kesehatan. Jurnal STIKES Baptis Kediri. Volume.9, No.1, 2016.
Yaya Priatna Jalimun, Bagoes Widjanarko, Harbaninah Peitojo Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia Vol. 10. No. 1 Maret 2014
Yuni Triwardani, “Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Bpjs Pada Pelayanan Di Puskesmas Pamulang” 2017.
DOI: https://doi.org/10.32382/mkg.v17i2.768
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar Jurusan Keperawatan Gigi
Office : Jl. Monumen Emmy Saelan III, Makassar, South Sulawesi, 90242
Email : mediagigi@poltekkes-mks.ac.id
INDEXING