GAMBARAN PENGETAHUAN ORANG TUA TERHADAP KEJADIAN RAMPAN KARIES PADA SISWA DI TK KARYA KOTA MAKASSAR

Jumriani Jumriani

Abstract


Rampan karies merupakan penyakit Multifaktorial dimana faktor –faktor tersebut saling berinteraksi. Ada beberapa faktor yang memiiki konstribusi dalam menyebabkan terjadinya karies gigi pada anak. Faktor kejadian karies gigi antara lain faktordari makanan, kebersihan mulut, kebiasaan-kebiasaan yang tidak sesuai dengan kesehatan seperti mengemut makanan  dan pemberian Makanan melalui botol. Selain dari factor kebiasaan dan faktor makanan,factor yang mempengaruhiterjadinyakariespadaanakadalah karena ketidak pahaman  orang tua terhadap penyebab utama terjadinya karies trsebut,dimana karies tersebut

Peneltianbertujuanuntukmengetahuigambaranpengetahuanorang tuaterhadapkejadianrampankariesPadasiswa di TK karyakota Makassar

Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif dan observasionaluntuk mengetahui  gambaran  pengetahuan orang tua terhadap kejadian rampan  karies  di  TK karya Kota Makassar. Data diolah secara deskriptfi disajikan dalam bentuk table distribusi

Hasil peneltiian menunjukkan gambaran pengetahuan orang tua tentang rampan karies berada dalam kategori Baik 6 orang(37,5) dan kurang baik sebanyak 10 orang (62,5%).

kejadian rampan karies  pada anak di Tk karya menunjukkan bahwa hasil  terbanyak dari tipe rampan karies yaitu tipe IIIsebanyak 6 orang(37,5%).Sehingga disimpulkan bahwa Gambaran pengetahuan orang tua terhadap kejadian rampan karies yaitu pengetahuan orang tua yang dalam kategori kurang paling banyak anaknya mengalami rampan karies tipe III


References


Cahaya, Dwix, Jayanti, 2012,. Hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang karies gigi dengan kejadian karies gigi pada anak Tk Aisyiyah ketuguhan sawit boyolali ( skripsi ) Fakultas ilmu kesehatan dekan ,Universitas Muhammadiyah : Surakarta.

Dewi A.Hamadi ,Paulina N.Gunawan ,Ni wayan meriati 2015. Gambaran Pengetahuan orang tua tentang pencegahan Karies dan status karies murid Sd Kelurahan Mendono KEcamatan kintom Kabupaten Banggai,Jurnal Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi : Manado ,vol.03.No.o1.

Dian, Anggraini. 2011,Hubungan Faktor prilaku orang tua dengan pemanfaatan plelayanan kesehatan gigi dan mulut pada anak usia sekolah di wilayah kerja puskesmas pemancungan kecamatan padang selatan .(Skripsi) Fakultas Keperawatan Universitas Andalas

Heriandi, Sutadi. 2014, Penanggulangan karies Rampan serta Keluhannya Pada anak , Jurnal fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia : Jakarta.

Indry Worotitjan ,Christy N. Mintjelungan,Paulina Gunawan. 2013, Pengalaman karies Gigi Serta pola makan dan Minum Pada Anak Sekolah Dasar Di Desa Kiawa Kecamatan Kawangkoan Utara,Jurnal Fakultas Kedokteran Gigi Sam Ratulangi : Manado.

Ita Yulita ,Dinny Elly, Astarte Aglaya vietrix. 2013, Air Susu Ibu dan Karies Gigi Sulung,Keperawatan Gigi poltekkes Kemenkes : Jakarta.

Lia, Fitriani. 2014, Perbedaan Pengetahuan dan sikap orang tua tentang Perawatan Gigi Anak antara yang Karies GIgi dan tidak Karies Gigi di Dusun

Jamblangan Seyegan Sleman,( Skripsi) Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Stikes Aisyiyah : Yogyakarta.

Meinarly Gulton. 2011,Pengetahuan sikap dan tindakan Ibu-Ibu Rumah Tangga Terhadap Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Balitanya,di Kecamatan BaligeKabupaten Toba Samosir , Sumatra Utara.( Skripsi ) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatra Utara.

Ni Wayan Mariati. 2015, Pencegahan dan perawatan Karies Rampan(Jurnal Fakultas kedokteran Universitas Sam Ratulangi : Manado.

Yuliana Kadir.2015 ,Hubungan Pengetahuan Kesehatan Gigi anak dengan Status Karies Gigi Molar Pertama Permanen murid kelas III dan V SD IT AR Rahma Tamalanrea,( Skripsi ) Uiversitas Hasanuddin : Makassar.




DOI: https://doi.org/10.32382/mkg.v18i1.968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar Jurusan Keperawatan Gigi

Office : Jl. Monumen Emmy Saelan III, Makassar, South Sulawesi, 90242

Email  :  mediagigi@poltekkes-mks.ac.id

 

INDEXING

  

View My Stats