PENGETAHUAN GIZI, POLA MAKAN DAN KEADAAN MENTAL EMOSIONAL DENGAN STATUS GIZI MAHASISWI GURU

Kartika Pibriyanti, Safira Kholifatul Ummah

Abstract


Masa remaja merupakan masa transisi dari anak-anak menuju dewasa. Pada masa ini status gizi sangatlah penting untuk kesehatan di masa dewasa dan lansia. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi status gizi remaja diantaranya pengetahuan gizi, pola makan dan keadaan mental emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor pengetahuan gizi, pola makan dan keadaan mental emosional dengan status gizi remaja. Penelitian ini merupakan penelitian survey observasional dengan desain cross-sectional study. Subjek penelitian merupakan 94 mahasiswi guru di Universitas Darussalam Gontor. Uji Statistik menggunakan uji Gamma untuk mengetahui hubungan antara variabel. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan gizi (p=0,165), pola makan (p=0,156), kedaan mental emosional (0,916) dengan status gizi mahasiswi guru.


Keywords


keadaan mental emosional, pengetahuan gizi, pola makan, remaja, status gizi

Full Text:

PDF

References


Almatsier, S. 2010. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta : PT. Gramedia Utama.

Ampera Miko, M. P. 2017. Hubungan Pola Makan dan Aktifitas Fisik dengan Kejadian Obesitas Mahasiswa Politeknik Kesehatan Kemenkes Aceh. Action Journal, 2(1).

Andriyani. 2019. Kajian Literatur pada Makanan dalam Perspektif Islam dan Kesehatan. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 15(2).

Annisa Wijayanti, A. M. 2019. Hubungan Stres, Perilaku Makan dan Asupan Zat Gizi dengan Status Gizi pada Mahasiswi Tingkat Akhir. Journal of Nutrition College, 8(1).

Christan C, E. S. 2013. Hubungan Pengetahuan Gizi Seimbang Dengan Praktik Gizi Seimbang Mahasiswa Program Studi Pendidikan DokterAngkatan 2013 Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Skripsi.

Edward P Sarafino, T. W. 2011. Health Psychologis Biopsychosocial Interaction. United State of America: Seventh Edition.

Goreti, M. P. 2019. Hubungan Pengetahuan Gizi dan Kebiasaan Makan dengan Status Gizi Remaja Putri di SMA Negeri II Kota Kupang. CHMK Health Journal, 3(3).

Hepti Mulyati, A. L. 2019. Hubungan Citra Tubuh, Aktifitas Fisik dan Pengetahuan Gizi Seimbang dengan Status Gizi Remaja Putri. CHMK Midwidfery Scientific, 2(2).

Huriatul Masdar, P. A. 2016. Depresi, Aniesta dan Stres Serta Hubungannya dengan Obesitas pada Remaja. Jurnal Gizi Klinik Indonesia.

Istantiyana, L. R. 2018. Hubungan Citra Tubuh, Aktifitas Fisik Dan Pengetahuan Gizi Seimbang Dengan Kejadian Obesitas Pada Remaja Putri Gizi Lebih Di SMA Negeri 9 Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(5).

Istiyani A, R. 2013. Gizi Terapan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Jauza Salsabila, S. A. 2017. Relationship Between Diet and Physical Activity With Nutritional Status of Santri at the Manarul Huda Islamic Boarding School in Ciumbuleuit, Bandung in 2017/2018. Prosiding Pendidikan Dokter.

Kemenkes. 2014. Pedoman Gizi Seimbang.

Kemenkes. 2018. Hasil Utama Riskesdas.

Mir`atunnisa. 2016. Porsi dan Nutrisi Makanan Muhammad SAW (Kajian Hadist Teks dan Konteks. Jurnal Living Hadist, 1(2).

Pujiati, A. R. 2015. Hubungan Antara Perilaku Makan Dengan Status Gizi Pada Remaja Putri. JOM, 2(2).

Spencer, L. S. 2014. Eating Behavior and Stress : A Pathway to Obesity. Front Psychol, 1-8.

Suhardjo. 2010. Perencanaan pangan dan Gizi. Jakarta : Bumi Aksara.

WHO. 2013. Interim Report of the Commision on Ending Childhood Obesity. Geneva: WHO Technical Report Series.

Witrin Gamayanti, M. I. 2018. Self Disclosure dan Tingkat Stres pada Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi. Repos UIN Bandung.




DOI: https://doi.org/10.32382/mgp.v27i2.1639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Media Gizi Pangan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar Jurusan Gizi

Office : Jl. Paccerakkang KM. 14 Daya, Makassar, South Sulawesi, 90242  View on Google Maps

Email  :  mediagizipangan@poltekkes-mks.ac.id

 

INDEXING

    

Flag Counter View My Stats