MUTU HEDONIK FORMULA ISOTONIK PENAMBAHAN GULA PASIR DAN GUM ARAB

Thresia Dewi Kartini B, Aswita Aswita Amir, Mustamin Mustamin Mustamin, Ekasafitri Elma Silamba

Abstract


Cairan dan elektrolit di dalam tubuh merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Produk minuman yang dapat merestorasi cairan tubuh dengan cepat serta mengganti elektrolit yang hilang adalah minuman isotonik. Modifikasi dalam pembuatan formula minuman isotonik perlu dilakukan dengan menambah gula pasir, yang ditujukan untuk menghasilkan produk minuman isotonik dengan kandungan karbohidrat 6-9% (berat/volume) dan gum arab pada formula isotonik. Tujuan penelitian untuk menilai mutu hedonik formula isotonik dengan penambahan gula pasir. Penelitian pra eksperimental dengan desain post test grup design. Penelitian ini memberikan perlakuan penambahan gula pasir dan gum arab pada formula isotonik. Hasil penelitian berdasarkan analisis sidik ragam yang dilanjutkan dengan uji DNMRT menunjukan formula isotonik dengan penambahan gula pasir dan gum arab yang paling disukai berdasarkan atribut warna, aroma, rasa, dan konsistensi adalah formula F2 yaitu dengan penambahan gula pasir 1g dan gum arab 0.075g dan F1 berbeda nyata dengan F2. Kesimpulannya formula isotonik dengan penambahan gula pasir dan gum arab yang paling disukai adalah dengan penambahan gula pasir 1g dan gum arab 0.075g.


Keywords


Isotonik, Gula Pasir, Gum Arab, Hedonik

Full Text:

PDF

References


Aini, N. (2016). Karakteristik Minuman Sari Buah Bligo (Benincasa hispida) dengan Penambahan Sukrosa Pada Suhu Pasteurisasi yang Berbeda. Artikel. Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Teknik Universitas Pasundan Bandung. hlm. 10.

Ainnurkhalis, Z. (2016). Pengaruh Penambahan Konsentrasi Sukrosa dan Garam NaCl Terhadap Karakteristik Organoleptik Minuman Isotonik Tomat (Solanum lycopersicum Mill). Skripsi. Fakultas Teknik Program Studi Teknologi Pangan Universitas Pasundan Bandung. hlm. 111.

Dewi, putu R. V. (2017). Keseimbangan Cairan dan Elektrolit. Bali: Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Herawati, H. (2018). Potensi Hidrokoloid Sebagai Bahan Tambahan Pada Produk Pangan Dan Nonpangan Bermutu. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pertanian, 37(1). hlm. 17, 22.

Jarnsuwan, S. and Thongngam, M. (2012). Effects of Hydrocolloids on Microstructure and Textural Characteristic of Instant Noodles. Asian Journal of Food and Agro-Industry, 5(06). hlm. 488.

Khrisna, I. N. E. A. (2017). Keseimbangan Cairan dan Elektrolit. Bali: Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Komarudin, D. (2018) Pengaruh Penambahan Penstabil Gom Guar terhadap Mutu Minuman Sari Kacang Hijau. Skripsi. Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan Universitas Sahid. hlm. 65.

Koswara, S. (2009). Minuman Isotonik. Semarang: Universitas Muhammadiyah Semarang. Ebookpangan.com, hlm. 2.

Negara, J. K. dkk. (2016). Aspek mikrobiologis, serta Sensori (Rasa, Warna,Tekstur, Aroma) Pada Dua Bentuk Penyajian Keju yang Berbeda. Jurnal Ilmu Produksi dan Teknologi Hasil Peternakan, 4(2). hlm. 289.

Pakan, J. (2019). Formula Sport Drink Berbasis Ubi Jalar Ungu (Ipomoea batatas L. Poiret) dan Jeruk Manis (Citrus sinensis) pada Atlet Sepak Bola. Skripsi. Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Makassar.

Pudjirahaju, A. (2017). Pengawasan Mutu Pangan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, hlm. 48.

Rauf, R. (2015). Kimia Pangan. Yogyakarta: C.V Andi Offset, hlm. 181–182.

Salimah, D. M., Lindriati, T. and Purnomo, B. H. (2015). Sifat Fisik dan Kimia Puree Jambu Biji Merah (Psidium guajava L.) dengan Penambahan Gum Arab dan Gum Xanthan. Jurnal Agroteknologi, 09(02), hlm. 152.

Saragih, C., Herawati, N. and Efendi, R. (2017). Pembuatan Sirup Ubi Jalar Ungu (Ipomea batatas L.) dengan Penambahan Sari Lemon (Citrus limon L.). JOM FAPERTA UR, 4(1).

Setyaningsih et al. (2010). Analisis Sensori untuk Industri Pangan dan Argo. Bogor: IPB Press.

Winarno, F. . (2004). Kimia Pangan dan Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Yumna, R. A. (2019). Edukasi Konsumsi Minuman Isotonik pada Remaja. Universitas Sebelas Maret.




DOI: https://doi.org/10.32382/mgp.v28i1.2185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Media Gizi Pangan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar Jurusan Gizi

Office : Jl. Paccerakkang KM. 14 Daya, Makassar, South Sulawesi, 90242  View on Google Maps

Email  :  mediagizipangan@poltekkes-mks.ac.id

 

INDEXING

    

Flag Counter View My Stats