PENERAPAN ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN TUBERKULOSIS PARU DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN NUTRISI DI RSUD LABUANG BAJI NAKASSAR

Nurlina Nurlina, Hamsinah Hamsinah

Abstract


ABSTRAK

 

Pendahuluan : Tuberkulosis adalah infeksi bakteri kronik yang di sebabkan oleh microbakterium tuberculosis dan ditandai oleh pembentukan glanuloma pada jaringan yang terinfeksi dan oleh hipersensivitas yang di parenterai sel. Menurut data World Health Organization (WHO) tahun 2018 di perkirakan ada 10,4 juta kasus studi TB Paru diseluruh dunia, dan 1,7  juta meninggal karena penyakit TB  Paru, dimana 6,2  juta sejumlah laki-laki 3,2 juta adalah perempuan dan 10 juta orang merupakan anak-anak. Indonesia termaksud dalam 7 Negara yang penyumbang 64 % dari kasus-kasus baru didunia dan menjadi urutan kedua setelah india dengan penderita TB Paru Tertinggi di dunia. Tujian : mengetahui penerapan asuhan keperawatan pada pasien Tuberkolosis Paru  dalam  pemenuhuan  kebutuhan  nutrisi.  Metode  :  Penelitian  ini  menggunakan metode wawancara dan observasi. Hasil :  Setelah di lakulan tindakan keperawatan pada pasien maka masalah nutrisi teratasi berdasarkan tujuan jangka pendek dengan Kriteria : klien menghabiskan makanan dan klien tidak lemas. Kesimpulan : berdasarkan data di atas  dapat di  simpulkan bahwa masalah klien teratasi. Saran :  Diharapkan kepada perawat dalam melaksanakan pengkajian pada klien, mengumpulkan data dengan menggunakan komunikasi terapeutik  agar  terbina  hubungan  saling  percaya  dengan pasien maupun keluarga pasien, baik dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, pemeriksaan fisik  untuk mengumpulkan informasi yang dapat di gunakan untuk menegakkan diagnosa keperawatan.

 

 

Kata kunci ; Tuberculosis Paru, Askep Kebutuhan Nutrisi.


References


DAFTAR PUSTAKA

Ardiansyah, M. (2012). Medikal Bedah Untuk Mahasiswa. Jogjakarta: DIVA Press.

Dharma, K. K. (2011). Metodologi Penelitian Keperawatan Panduan Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian. Jakarta: CV. Trans Info Medika.

Ernawati, K. (2018). Perbedaan Status GizI Penderita Tuberkulosis Paru antara sebelum dan saat pengobatan Fase Lanjutan di Johar Baru, Jakarta Pusat. Jakarta: Majalah Kedokteran Bandung, Volume 50 No. 2, Juni 2018.

Ernawati, S., & Ahmad Rifai, A. K. (2012). Buku Ajar Konsep dan Aplikasi Keperawatan Dalam Pemenuhan Kebutuhan Dasar Manusia. Jakarta: CV. Trans Info Media.

Irman soematri, S. K. (2009). Asuhan Keperawatan pada klien dengan

Gangguan Sistem Pernafasan, edisi 2. Jakarta: Salemba Medika.

Kozier, E. B. (2011). Buku Ajar Fundamental Keperawatan Konsep, Proses, & Praktik. Jakarta: EGC Medica Publisher.

Nurarif, A. H., & Kusuma, H. (2015). Aplikasi Asuhan Keperawatan Berdasarkan Diagnosa Medis dan Nanda Nic-Noc. Jogjakarta: Mediaction Jogja.

Oktaria, H. (2017). Gizi Pada Tuberkulosis Paru. RSUP Persahabatan dengan Intalasi Pelayanan Humas , 1.

Ramadhanti, D. (2016). Gambaran Pengetahuan Perawat tentang Manajemen Pelayanan HOSPITAL HOMECARE DI RSUD AL- IHSAN l- ihsan Provinsi Jawa Barat. Jawa Barat: Perpuspustakaan. upi.edu.

Saryono, A. T. (2011). Kebutuhan Dasar Manusia (KDM). Yogyakarta: Nuha Medika.

Somatri, I. (2009). Keperawatan Medikal Bedah : Asuhan Keperawatan pada Pasien Gangguan Sistem Pernafasan. Jakarta: Salemba Medika.

Wahid, A., & Suprapto, I. (2013). Keperawatan Medikal Bedah, Asuhan Keperawatan Pada Gangguan Sistem Respirasi. Jakarta: CV. Trans Info Media.

Wartonah, T. (2015). Kebutuhan Dasar Manuisa dan Proses

Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Wartonah, T. (2015). Kebutuhan Dasar Manusia dan Proses Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Wilkinson, J. M. (2016). Diagnosa Keperawatan : Diagnosis NANDA-1, Intervensi NIC, Hasil NOC, Edisi 10. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Bare, B. G., & Smeltezer, S. C. (2011). Buku Ajar Keperawatan Medikal

Bedah. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Heriana, P. (2014). Buku Ajar Kebutuhan Dasar Manusia. Tangerang

Selatan: Binarupa Aksara.

Risnah, (2014). Konsep & Keterampilan Dasar Keperawata. Makassar.




DOI: https://doi.org/10.32382/jmk.v11i2.1605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Media Keperawatan: Politeknik Kesehatan Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Mailing Address

 Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Makassar.

Jl. Monumen Emmi  Saelan 3 Makassar

 Principal Contact

Mardiana Mustafa
Politeknik Kesehatan Makassar
Phone: 08114163970
Email: mardianamustafa@poltekkes-mks.ac.id