EFEKTIVITAS MASSASE PUNGGUNG DAN MASSASE KAKI TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA UPT PUSKESMAS BULUKUNYI

Salmah arafah, Dewiyanti Dewiyanti, nurbaeti amir, Kamriana Kamriana, Zainuddin Zainuddin, Wahyudin Wahyudin, Muhammad Irwan, Risnah Risnah, Ernawati Ernawati

Abstract


Hipertensi adalah faktor penyebab timbulnya penyakit yang sangat berat seperti serangan jantung, gagal ginjal, dan stroke. Apalagi di masa sekarang ini, pola makan masyarakat Indonesia yang sangat menyukai makanan berlemak dan yang berasa asin ataupun gurih, terutama makanan cepat saji yang memicu timbulnya kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi juga sering menjadi sebagai penyebab utama penyakit hipertensi karena adanya faktor keturunan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  Efektivitas massase punggung dan massase kaki terhadap penurunan tekanan darah di UPT Puskesmas Bulukunyi. jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan exprimental design dengan rancangan. One group pre post test design yaitu penelitian ini melakukan pre test sebelum diberikan intervensi kemudian setelah diberi intervensi dilakukan post test.  Besar sampel pada penelitian ini adalah semua penderita hipertensi yang berada di wilayah kerja UPT Puskesmas Bulukunyi sebanyak 12 orang sesuai dengan kriteria Inklusif dan Eksklusif. terdapat pengaruh efektivitas massase punggung terhadap penurunan tekanan darah di UPT Puskesmas Bulukunyi dengan  nilai p = 0,005 dan Ada pengaruh efektivitas massase kaki terhadap penurunan tekanan darah di UPT Puskesmas Bulukunyi dengan nilai p = 0,000 dalam penelitian ini Bagi Petugas Kesehatan dimana Program pemberian pijat kaki dan punggung terhadap tingkat tekanan darah pada lansia. Bagi perawat dan dokter disarankan memberikan tambahan intervensi dengan pijat kaki dan punggung dan konseling karena terbukti efektif terhadap kejadian tekanan darah pada lansia.


Keywords


Massase Kaki, Massase Punggung, dan Tekanan Darah.

References


DAFTAR PUSTAKA

Depkes, (2019). Masalah Hipertensi di Indonesia. Kementrian Kesehatan RI, Jakarta

Dewi, (2019). Faktor risiko hipertensi pada masyarakat di Desa Kabongan Kidul, Kabupaten rembang laporan hasil penelitian karya tulis ilmiah. 2019

Dalimartha,( 2018) Care Your Self; Hipertensi. Jakarta: Penebar Plus,

Endang, (2009). Metodologi Penelitian Terapan. Yogyakarta: Alfabeta

Hidayat, (2017). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa Data. Jakarta : Salemba Medika

Kaplan,(2016). Kaplan’s Clinical Hypertension, Ninth edition. Lippincott: williams & Willkins.

Kementrian Kesehatan, (2018). Panduan peringatan hari kesehatan sedunia 7 april 2013; Waspadai hipertensi kendalikan tekanan darah. Jakarta, 2013.

Kaplan, (2016). Kaplan’s Clinical Hypertension, Ninth edition. Lippincott: williams & Willkins.

Kim,dkk, (2017). Buku Ajar Fisiologi Kedokteran Ganong [Buku]. - Jakarta : EGC Medical,

Labyak &Smeltzer, (2017) Perbedaan Pengaruh Masase Punggung dan Slow Stroke Back Massage (SSBM) Terhadap Tekanan Darah Pada Lansia dengan Hipertensi, Skripsi, Universitas Jember.

M. Ridwan, (2016) Pertimbangan dan Alasan Pasien Hipertensi Menjalani Terapi Alternatif Komplementer Bekam di Kabupaten Banyumas. Volume 5, No.2. Jurnal Keperawatan Soedirman.

Mutaqin, (2019). Buku Ajar Asuhan Keperawatan Klien dengan Gangguan Sistem Kardiovaskuler dan Hematologi. Jakarta: Salemba Medika.

Notoatmodjo, S. (2018). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam, (2017) Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilm Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Prabowo, (2019) Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan, Edisi 3. Jakarta: Salemba Medika.

Perry & Potter, (2015). Potter, P.A, Perry, A.G.Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses, dan Praktik.Edisi 4.Volume 2.Alih Bahasa : Renata Komalasari,dkk.Jakarta:EGC.2005.

Price, (2017). Patofisiologi Konsep Klinis Proses-Proses Penyakit. Edisi 6. Jakarta: EGC;

Pamungkas (2010) Dahsyatnya Jari Refleksi. Yogyakarta: Pinang Merah.

Palmer, (2017). Penilaian Status Gizi. Jakarta: EGC

Sari, dkk (2014) 2014. “perbedaan Tekanan Darah Sebelum dan Sesudah Masase Kaki dengan Menggunakan Minyak Esensial Lavender terhadap Perempuan Prehipertensi di desa Karyawangi Kab. Bandung Barat”. http://www.kti.unai.edu/wp.../2014/.../Dinny-Simbolon-Skripsi.pdf. (22 April 2021)

Saputro, (2013) pemberian masase punggung terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi. jurnal

Safitri, (2017). “Efektivitas Masase Kaki dengan Minyak Esensial Lavender

terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi di Dusun XI Desa Buntu Bedimbar Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang”. Skripsi. Sumatera utara: Fakultas Keperawatan Univ. Sumatera Utara.

Sheps, (2015) Hipertensi; Mengatasi Tekanan Darah Tinggi. Jakarta: Intisari Mediatama,

Susilo, (2016). Cara Jitu Mengatasi Hipertensi. Yogyakarta: Andi Publisher.

Triyanto, (2018) Triyanto, E. (2014). Pelayanan Keperawatan Bagi Penderita Hipertensi secara Terpadu. In Graha Ilmu.

Widowati (2015) pemberian masase kaki dengan minyak sereh wangi terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi.




DOI: https://doi.org/10.32382/jmk.v13i1.2773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Salmah arafah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Mailing Address

 Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Makassar.

Jl. Monumen Emmi  Saelan 3 Makassar

 Principal Contact

Mardiana Mustafa
Politeknik Kesehatan Makassar
Phone: 08114163970
Email: mardianamustafa@poltekkes-mks.ac.id