Senam Hamil Dengan Lamanya Persalinan Kala II Pada Ibu Bersalin Di Puskesmas Samata Dan Puskesmas Moncobalang Kabupaten Gowa

Agustina Ningsi, Nurjaya Nurjaya, Maria Sonda

Abstract


Lamanya proses persalinan dapat dipengaruhi oleh tiga hal yaitu tenaga, jalan lahir dan janin. Sampai saat ini yang dapat dikendalikan adalah masalah tenaga atau power, yaitu ditingkatkan dengan senam hamil. Senam hamil dapat membantu persalinan sehingga ibu dapat melahirkan tanpa kesulitan, serta menjaga ibu dan bayi sehat setelah melahirkan (Ida, 2012).

Penelitian ini menggunakan desain retrospektif kohort. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu bersalin di Wilayah Kerja Puskesmas Samata dan Puskesmas Moncobalang Kabupaten Gowa, menggunakan rumus Lemeshow didaptkan jumlah sampel 60 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling.

Hasil Uji Chi-square dan nilai Risk Ratio pada penelitian ini didapatkan hasil nilai p= 0,079 dan nilai RR= 1,143 yang artinya umur bukan merupakan faktor risiko cepatnya proses persalinan kala II pada ibu bersalin. Nilai p= 0,006 dan nilai RR= 2,918 yang artinya ibu multipara 3 kali lipat lebih cepat proses persalinan kala II-nya. Nilai p= 0,813 dan nilai RR=1,133, artinya berat badan lahir bukan merupakan faktor risiko cepatnya proses persalinan kala II pada ibu bersalin. Nilai p= 0,001 dan nilai RR= 5,000, artinya ibu yang melakukan senam hamil 5 kali lipat lebih cepat proses persalinan kala II-nya dari pada ibu yang tidak melakukan senam hamil. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa variabel senam hamil merupakan variabel yang memiliki hubungan paling dominan dengan lamanya persalinan kala II dengan nilai RR= 5,000.

 

Kata Kunci: Umur, Paritas, Berat Badan Lahir, Senam Hamil, Kala II.

Full Text:

PDF (Full Text)

References


DAFTAR PUSTAKA

Cunningham, dkk, 2006. Obstetri Williams (Edisi 21), Jilid Pertama. Jakarta: EGC.

Dewi, Sri S. dan Novita Sari B. 2018. Hubungan Pelaksanaan Senam Hamil dengan Lama Persalinan Kala II pada Ibu Primigravida di Wilayah Kerja Puskesma Padangmatinggi Kota Padangsidimpuan Vol. 3 No. 2. (Online) jurnal.stikes-aufa.ac.id/index.php/health/article/view/52/28 diakses tanggal 09 Oktober 2020.

Depkes RI. 2008. Asuhan Persalinan Normal. Jakarta : JNPK-KR. 2013. Buku Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah

Fraser, M Diane., dan Margaret A. Cooper, 2011. Myles Buku Ajar Bidan (Edisi 14). Jakarta: EGC.

Ida. 2012. Senam Hamil. (Online) http://www.mediabangsa.com/home/112- kehamilan/572-senam-hamil.pdf. tanggal akses 10 April 2019.

Juita, dkk. 2017. Pengaruh Senam Hamil dengan Lamanya Persalinan Kala I dan Kala II di BPM Dince Safrina Pekan Baru. (Online) http://jurnal.pkr.ac.id/index.php/JIA/article.donwload/9/8/ diakses tanggal 09 Oktober 2020.

Kuswanti, Ina. 2014. Asuhan Kehamilan. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.

Lestari, T. 2015. Kumpulan Teori Untuk Kajian Pustaka Penelitian Kesehtan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Machfoedz, Ircham. 2012. Biostatika. Yogyakarta: Fitramaya.

Maulana, H. D. 2013. Promosi Kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Manuaba C. 2009. Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita. Buku Kedokteran Jakarta: EGC.

Manuaba, I. B. G. 2010. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan, dan KB edisi 2. Jakarta

Marmi. Rahardjo, K. 2012. Asuhan Neonatus, Bayi, Balita, dan Anak Pra Sekolah.

Yogyakarta: Pustaka PelajarMulyata. 2010. Paket Penyuluhan Kognitif dan Senam Persalinan pada Prmigravida, Mengurangi Cemas dan Nyeri Persalinan. (Online) http// Unair. Ac.id / go. diakses pada tanggal 09 Oktober 2020.

Nur, Sutaryono dan Sri Lestari. Hubungan Senam Hamil terhadap Lamanya Proses Persalinan pada Ibu Bersalin di Wilayah Kerja Puskesmas Bayat Klaten. Jurnal Involusi Kebidanan Vol. 6 No.11.

Notoatmodjo, S. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta Rahmawati.

Pusdiknakes. 2016. Buku Ajar Imunisasi. (E. Mulati, R. Isfan, & O. F. Royati, Eds.). Jakarta: Kemenkes RI. Retrieved from http://www.pdpersi.co.id/pusdiknakes/

Prawirohardjo, S. 2012. Ilmu Kebidanan. Jakarta: PT. Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Riana. 2008. Pengaruh Senam Hamil terhadap Lama Persalinan Kala II pada Ibu Bersalin Primigravida di Wilayah Kerja Puskesmas Cilimus Kabupaten Kuningan. Banyumas: Universitas Bina Indonesia.

Rukiyah Y. 2016. Asuhan Kebidanan Kehamilan berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Trans Info Media.

Salmah dkk. 2006. Asuhan Kebidanan Antenatal. Buku Kedokteran. Jakarta: EGC.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RAD. Bandung: CV. Alfabeta.

Supriatmaja dan Suwardewa. 2005. Pengaruh Senam Hamil terhadap Persalinan Kala I dan Kala II, Bagian Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan FK UNUD/ RS Sanglah Denpasar. (Online) www.journal.unud.ac.id diakses pada tanggal 09 Oktober 2020.

Sostroasmoro, Sudigdo dan Sofyan Ismal. 2014. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Klinis Edisi ke-5. Jakarta: Sagung Seto.

Utami wahyu. 2015. Pengaruh Umur Ibu, Paritas,Usia Kehamilan, Berat Badan Lahirbayi Terhadap Asfiksia Bayi Pada Ibua Pre Eklamsia Berat di RS Permata Bunda Purwodadi (Online) http://eprints.uns.ac.id/id/epirint/20266 diakses pada tanggal 7 November 2020.




DOI: https://doi.org/10.32382/medkes.v16i1.1959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 agustina ningsi, Nurjaya Nurjaya, Maria Sonda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar

Office : Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 46 Banta-Bantaeng, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Email  :  mediakesehatan@poltekkes-mks.ac.id

Crossref Member Badge

Media Kesehatan indexed by :

           

 
Protected By
plagiarismcheckerx.com Protection Badge

VISITOR STATISTICS

View Statistics

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.