Plagiarism Checking Result for your Document

Plagiarism Checker X Originality Report

Plagiarism Quantity: 17% Duplicate

Date Monday, August 27, 2018
Words 997 Plagiarized Words / Total 5878 Words
Sources More than 130 Sources Identified.
Remarks Low Plagiarism Detected - Your Document needs Optional Improvement.

KELEBIHAN BERAT BADAN DIPICU OLEH AKTIFITAS MEDIA SOSIAL PADA REMAJA Sirajuddin, Abdullah Tamrin Nutrition Department of Health Polytechnic Makassar Sirajuddin.gizi@poltekkes-mks.ac.id ABSTRAK Latar belakang : Kelebihan berat badan yang tidak proporsional terhadap tinggi badan adalah paramater obesitas yang paling nyata dan rendahnya aktivitas fisik yang rendah adalah salah satu pemicunya. Obesitas diketahui pada siswa SMP di Kota Makassar sebesar 10,6% overweight dan 7,9% obesitas. Aktifitas media sosial adalah parameter rendahnya aktivuitas fisik.

Tujuan riset ini adalah untuk menganalisis korelasi kelebihan berat badan dengan aktifitas media sosial pada siswa SMP di Kota Makassar. Metode : Metode penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan cross sectional studi. Sampel diambil dari 4 Sekolah Menengah Pertama dari yaitu SMPN 6, 17, 12 dan 32 Kota Makassar. Besar sampel sebanyak 404 siswa yang diambil secara quota sampling setiap sekolah sebesar 100 siswa dan secara proporsional pada kelas II dan III.

Berat Badan diukur dengan Seca ketelitian 0,1 kg sedangka tinggi badan diukur dengan stadiometer ketelitian 0,1 cm. Kelebihan berat badan adalah diukur dari Indeks Massa Tubuh (kg/m2). Aktifitas fisik diukur dari kegiatan olah raga rutin (minimal 25 menit setip kegiatan dan dilakukan minimal 5 hari dalam seminggu), aktifitas media sosial (menit dan hari), dan games on line (menit dan hari). Pengolahan dan analisis data menggunakan program SPPS for windows.

Uji statistika dengan Korelasi Spearmen pada kemaknaan 95%. Hasil :Hasil penelitian diketahui bahwa kelebihan berat badan pada siswa SMP di Kota Makassar adalah 18,6% dan SMP Negeri 6 adalah yang tertinggi (7,2%). Aktifutas media sosial dilakukan oleh 91,3% siswa SMP Kota Makassar dan tertinggi di SMP N 17 dan SMP 6 masing masing 24,8% dan 24%. Kelebihan berat badan berkorelasi positif dengan aktifitas media sosial (p=0,016).

Indeks Massa Tubuh berkorelasi positif dengan aktif media sosial (p= 0,036) dan 0,016). Aktifitas media sosial juga berkorelasi positif dengan aktifitas bermain game on line (p=0.000). Simpulan: Kesimpulan bahwa semakin lama (menit) siswa aktif di media sosial dan game on line, maka kenaikan berat badannya lebih nyata. Rekomendasi dari penelitian ini adalah mengatasi kelebihan berat badan dengan cara mengaktifkan siswa dalam even olah raga dan kegiatan lain di sekolah dan diluar sekolah. Membatasi pemakaian kendaraan dalam jarak tertentu dari sekolah adalah layak dicoba.

Kata Kunci : Makanan Berlemak, Obesitas, Siswa SMP PENDAHULUAN Kelebihan berat badan (overweight) telah menjadi trend masalah gizi dikelompok siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan merupakan masalah gizi masyarakat yang berdampak pada morbiditas dan mortalitas (Nunik Kusumawardhani, 2014),(Fitness, Nursing and Source, 2008). Indeks Pembangunan Kesehatam Masyarakat kota Makassar di Indonesia tahun 2007 adalah peringkat ke 27 tetapi pada tahun 2013 turun menjadi peringkat 73 dari 434 kota di Seluruh Indonesia. Obesitas telah menjadi pandemi masalah kesehatan masyarakat pada kelompok usia remaja dan usia dewasa.

Kelebihan berat badan disebabkan oleh banyak faktor. Penelitian di Amerika menemukan bukti bahwa makanan berlemak berkontribusi pada kejadian obesitas dan karenanya membatasinya adalah cara paling baik, disamping aktifitas fisik, membatasi asupan energi didukung oleh adanya regulasi di sekolah (Fitness, Nursing and Source, 2008)(Peterson, Sharon, Sigman Grant, Madeleine, Eissenstat, Brenda Kris etherton, 1999)(Carolina and Hill, 2007)(Ferreira et al., 2010)(Dinareviü, Brankoviü and Hasanbegoviü, 2011)(Reilly, 2008).

Kelebihan berat badan secara langsung disebabkan asupan energi yang berlebihan dari sumber lemak khususnya. Penelitian terdahulu tentang perbendaan asupan energi antara konsumen yang mengonsumsi makanan berlemak dengan makanan tidak berlemak dan ditemukan perbedaan asupan energi dapat mencapai 400-500 kkal. (Kennedy, Eileen, Bowman, 2001)(Arambepola et al., 2008), (Whatley, Rachel and Christina, 2007). Makanan berlemak adalah salah satu jenis dari makanan berisiko.

Hasil penelitian konsumsi makanan berisiko tahun 2007 di Sulawesi Selatan adalah oleh 60,1% penduduk Sulawesi Selatan yang berusia =10 tahun, sedikit lebih rendah dari angka nasional (65,2%). Penduduk di kabupaten Sinjai dan Barru mengonsumsi makanan manis tertinggi >80%, sedangkan yang terendah adalah penduduk di Tana Toraja 33,9% Sedangkan prevalensi sering mengonsumsi makanan asin adalah 17,4%, juga lebih rendah dari angka nasional (24,5%). Tertinggi di Soppeng (46,6%), dan terendah di Kota Makassar (7,2%).

(Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 2008). Konsumsi makanan berlemak, penduduk di provinsi Sulawesi Selatan juga lebih rendah dari angka nasional (6,8% dibanding 12,8%). Akan tetapi, dijumpai 18,2% penduduk di Bulukumba mengonsumsi makanan berlemak, berlawan dengan Tana Toraja yang hanya 2,4%. (Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 2008).

Konsumsi makanan berpenyedap sering dikonsumsi oleh 83,2% penduduk di Sulawesi Selatan, lebih tinggi dari angka nasional (77,8%). Ada 8 kabupaten yang penduduknya menggunakan penyedap sampai >90%. Sedangkan kafein sering dikonsumsi oleh 30,9% penduduk di Sulawesi Selatan, sedikit lebih rendah dari angka nasional (36,5%). (Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 2008), (Balitbangkes, 2013) Aktifitas media sosial (facebook) pada siswa SMP adalah sebuah kecenderungan baru yang terus meningkat.

Penelitian tentang pemanfaat facebook dalam peningkatan hasil belajar siswa adalah positif, jika dilakukan dengan baik oleh para guru dengan cara memadukan metode mengajar yang baru pada media sosial. Kelemahannya hanyalah pada kendali pemakaianan facebook yang berlebihan tanpa kontrol dari orang tua(Yulita, Rustiyarso, 2014)(Inovasi and Pendidikan, 2014), (Fanani, Fildza Hilfi, Riezky Maya P, 2014)(Arsa, Pudjawan and Tastra, 2013).

Pemanfaat media sosial disatu sisi sebagai bentuk adaptasi teknologi baru dalam menjalin pola relasi sosial. Facebook telah memotong kontak langsung yang melibatkan mobilitasi. Pengguna Facebook di Indonesia sebanyak 65 juta dan 33 juta aktif perhari, 55 juta aktif perbulan dan 28 juta aktif perhari menggunakan perangkat mobile perhari. (Iskandar, 1989). Penggunaan facebook bagi anak sekolah adalah memperbaiki statusnya setiap hari antara 5-6 kali.

Tingginya penggunaan facebook disebabkan motivasi interpersonal pada diri pengguna, ketika seseorang mendapat komentar dari orang lain,(Iskandar, 1989)(Yang and Brown, 2013), The graphic, visualization & usability center, the Georgia institute of technology menggolongkan pengguna internet menjadi tiga kategori dengan berdasarkan intensitas internet yang digunakan: 1. Heavy user (lebih dari 40 jam per bulan) 2. Medium user (antara 10 sampai 40 jam per bulan) 3. Light user (kurang dari 10 jam per bulan).

Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang yang memberi kemudahan bagi penggunanya untuk menjalin pertemanan satu sama lain dimana para penggunanya dapat berkomunikasi dengan siapapun dalam jangka waktu bersamaan bahkan pengguna situs ini dapat bertemu kembali dengan teman masa lalunya Efek facebook pada kesehatan belum banyak terungkap(Dion, 2015). Secara konseptual aktif di media sosial akan mengurangi mobilitas fisik, sehingga pemakaian energi untuk aktifitas menurun. Pada sisi lain konsumsi makanan juga belum terungkap secara jelas penurunan atau peningkatannya pada pengguna facebook.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis korelasi aktivitas media sosial dengan kelebihan berat badan pada siswa SMP di Kota Makassar. METODE Disain Disain penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan cross sectional study. Variabel dalam penelitian ini adalah aktivitas bermain games dan media soosial, berat badan, tinggi badan siswa pada kelas II dan III SMP. Populasi Dan Sampel Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa sekolah menengah pertama di SMPN 32, SMPN 6, SMPN 12 dan SMPN 17 Kota Makassar.

Besar sampel diketahui berdasarkan rumus pengambilan sampel penduga proporsi selisih sebesar 0,1 dengan populasi seluruh siswa, maka ditetapkan besar sampel setiap sekolah sebanyak 96 orang ditambah 5% sehingga sampel berkisar 100 sd 104 setiap sekolah. Dipilih siswa kelas II dan III secara proporsional. Besar sampel seluruhnya adalah 404 siswa yang dipilih secara acak sistematis. Jenis Dan Cara Pengumpulan Data Identitas dan Kondisi Demografi Responden di kumpulkan dengan Wawancara dengan responden oleh enumerator DIII Gizi Poltekkes Kemenkes Makassar.

Asupan Makanan Berisiko, Wawancara tentang jenis makanan yang dikonsumsi dalam 24 jam terakhir mengacu pada instrumen riset kesehatan dasar tahun 2007 oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan RI. Obesitas, Pengukuran tinggi badan menggunakan mikrotoice dengan ketelitian 0,1 cm. Diukur dalam kedaan berdiri tanpa alas kaki, tumit, pantat dan belalakag kepala menempel pada dinding, posisi kepala lurus kedepan diketahui berdasarkan simetris telinga kedepan, dilakukan oleh enumerator DIII Gizi Poltekkes Kemenkes Makassar. Berat Badan diukur dengan timbangan seca ketelitian 0,1 kg.

Diukur dengan pakaian minimum tidak menggunakan pakaian tebal, sepatu dan sendal, dilakukan oleh DIII Gizi Poltekkes Kemenkes Makassar. Indeks Massa Tubuh diketahui dengan rumus berat badan (kg) dibagi dengan tinggi badan (m) kuadrat. Pengolahan Dan Analisis Data Identitas dan Kondisi Demografi Responden, Identitas dibedakan dikelompokkan menurut jenis pekerjaan (PNS, Wiraswasta, Karyawan, TNI/Polri/BUMN/Polisi, Lainnya.(IRT). Pendidikan orang tua (Tidak Sekolah, SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi).

Dientry sesuai kode dalam quesioner kedalam MS Excel, lalu di copy ke SPSS for windows , oleh tim manajemen data. Aktifitas di media sosial adalah gabungan semua jenis aplikasi media sosial (facebook, tweeter, dll). Aktifitas olah raga adalah kegiatan olah raga yang dilakukan secara rutin setiap hari dengan durasi waktu 25-30 menit setiap kegiatan dan dilakukan secara terus menerus minimal 5 hari dalam seminggu.Kelebihan berat badan diketahui dari status IMT siswa. Berat badan rendah adalah IMT sangat kurus dan kurus.

Kelebihan berat badan adalah gabungan dari overweight dan obesitas. Dari hasil ini kemudian diinput setiap sampel dengan asupannya dalam MS Excel. Setelah master tabel selesai maka diinput dalam program SPSS for windows oleh tim manajemen data. Obesitas, Dari hasil penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan dihitung indeks massa tubuh berbasis MS Excel lalu diinput kedalam SPSS for windows oleh tim manajemen data.

HASIL PENELITIAN Karakteristik Responden Berdasarkan hasil riset ini diketahui bahwa mayoritas pekerjaan ibu adalah sebagai ibu rumah tangga atau tidak bekerja dan sebagai PNS masing masing 65,8% dan 19,1% (Tabel 1). Pekerjaan ayah pada umumnya sebagai PNS dan Wiraswasta (pedagang, jasa) masing masing 41,3% dan 37,4% (Tabel 2). Pendidikan Ibu pada umumnya tamat SMA dan Perguruan Tinggi masing masing 43,7% dan 37,6% (Tabel 3), sedangkan pendidikan ayah juga pada umumnya tamat SMA dan Perguruan Tinggi masing masing 39,4% dan 44,8% (Tabel 4).

Aktifitas Media Sosial dan Olah Raga Hasil penelitian ini diketahui bahwa aktifitas media sosial siswa adalah aktif sebanyak 91,3% dengan persentase tertinggi di SMP 17 dan SMP 6 masing masinf 24,8% dan 24%. Jumlah siswa yang tidak aktif di media sosial hanya 8,7%. (Tabel 7). Kegiatan olah raga rutin yang dilakukan oleh siswa SMP adalah 70,3% sedangkan yang tidak aktif berolahraga sebesar 29,7% (Tabel %). Kegiatan lain yang berhubungan dengan aktifitas fisik adalah game on line. Hasil riset ini diketahui bahwa siswa yang aktif bermain game on line sebanyak 63,3%.

Tertinggi di SMP 17 Makassar (Tabel 6). Kelebihan Berat Badan (Overweight) Hasil riset ini diketahui bahwa kasus kelebihan berat badan siswa SMP di Kota Makassar adalah 18,6%, dengan tertinggi pesertasenya adalah SMP 6 dan 17 Makassar masing masing 7,4% dan 5,2%. Persentase ini masih berada diatas distribusi normal 2,5%. (Tabel 8). Korelasi Kelebihan Berat Badan dengan Aktifitas Media Sosial Hasil analisis korelasi antara kelebihan berat badan dengan aktifitas media sosial adalah signifikan p=0,012.

Hal yang sama diketahui terhadap korelasi antara Indeks Massa Tubuh dengan Aktifitas media sosial dan waktu yang digunakan untuk media sosial juga signifikan masing masing p=0,036 dan p=0,016 (Tabel 9). PEMBAHASAN Kelebihan Berat badan adalah indikator paling familiar untuk mengetahui obesitas seseorang. Kenaikan berat badan pada orang dewasa jelas akan meningkatkan IMT (kg/m2). Peningkatan berat badan pada masa pertumbuhan memiliki arti penting dalam dunia kesehatan. Peningkatan berat badan yang dapat meningkatkan indeks massa tubuh dapat diartikan bahwa peningkatan tersebut mengarah ke kelebihan berat badan atau overveight.

Kelebihan berat badan dapat dipicu oleh banyak faktor. Kelebihan berat badan membuktikan bahwa konsumsi energi melampaui penggunaannya oleh tubuh sehingga terjadi penumpukan massa lemak tubuh. Penggunaan energi rendah adalah salah satu pemicu naiknya berat badan. Penggunaan energi rendah adalah mereka yang memiliki aktifitas duduk lebih banyak dibanding berdiri, bergerak atau berlari atau kegiatan olah raga lainnya.

Facebook adalah salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan dalam keadaan duduk. Semakin tinggi penggunaan facebook sebagai media jejering sosial, maka pemakaian energi semakin rendah untuk aktivitas fisik. Hasil riset ini membuktikan bahwa kenaikan berat badan berkorelasi positif dengan aktivitas facebook. Semakin lama bermain facebook semakin besar risiko kenaikan berat badan pada siswa SMP di Kota Makassar (p=0,012).

Pada penelitian sebelumnya dijelaskan bahwa jika facebook diintegrasikan dalam teknik mengajar interaktif, maka dampaknya adalah peningkatan prestasi siswa(Yulita, Rustiyarso, 2014). Catatan dari riset sebelumnya adalah bahwa facebook memiliki dampak sosial yang positif apabila dikendalikan oleh pendidikan atau orang tua(Inovasi and Pendidikan, 2014). Penelitian lain menyoroti pentingnya mengurangi ketergantungan siswa SMP terhadap aktifitas media sosial.

Hal ini didasarkan pada fakta bahwa aktivitas siswa SMP yang cenderung tidak terkendali atau teratur secara cermat, berdampak pada manajemen waktu untuk belajar tidak teratur. (Arsa, Pudjawan and Tastra, 2013). Jadi dapat dijelaskan bahwa aktivitas sosial media perlu diatur oleh sistem pembelajaran yang interaktif pada siswa SMP. Hal ini bertujuan untuk memberi dampak positif pada prestasi belajar.

Efek aktifitas media sosial pada kenaikan berat badan adalah hal lain yang juga perlu dirumuskan dalam integrasi kebijakan seprti yang pernah dilakukan dibanyak negara. Penelitian di Kanada menyoroti disain kebijakan program gizi di sekolah, guna mengatasi obesitas melalui diet pada siswa SMP. Dasar pemikirannya adalah bahwa intervensi gizi di usia sekolah lebih efektif cost dan berdampak pada perbaikan gizi anak sekolah, meskipun perlu melibatkan semua pihak yang berkepentingan dalam penyediaan makanan jualan di sekitar sekolah yang berbiaya mahal. Biaya mahal haruslah diimbangi dengan sediaan gizi yang seimbang.

Perlu dirumuskan kebijakan yang menguntungkan siswa sebagai konsumen dan pedagang di sekitar sekolah sebagai produsen makanan. Budaya lokal yang menjadi penghambat idealnya dapat diatasi dengan baik, jika lingkungan sekolah kondusif untuk semuanya.(Vine and Elliott, 2014) Kombinasi dari faktor gaya hidup yang terdiri dari rendahnya aktivitas fisik dan perubahan pola konsumsi terbukti telah meningkatkan konsumsi energi yang berimplikasi pada lahirnya pandemi obesitas di seluruh dunia.(Ferreira et al., 2010).

Secara global risiko obesitas telah diketahui beserta implikasi klinisnya terhadap kesehatan masyarakat secara luas. Negara berkembang adalah kawasan yang tidak steril terhadap pandemi obesitas termasuk Indonesia. Sejatinya sejak diketahui prevalensi obesitas muncul tahun 2007, secara nasional, maka perlu dirumuskan strategi penanggulangannya kepada semua kelompok berisiko termasuk remaja yang masih duduk di SLPT. Penanggulangan terbaik obesitas pada semua kelompok usia adalah melalui pencegahan terjadinya obesitas secara dini.

Edukasi gizi seimbang sebagai prasyarat wajib dikampanyekan kepada mereka. Edukasi gizi seimbag adalah langkah awal yang masih harus diikuti oleh langkah berikutnya berupa budaya gizi seimbang di kalangan siswa sekolah pada semua tingkatan. Obesitas adalah potret paling nyata sindrome metabolik. Obesitas adalah visualisasi kasar telah terjadinya gangguan keseimbangan metabolisme sumber zat gizi makro dalam tubuh.

Ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan saat ini, telah mendeteksi risiko penyakit jantung, diabetes, ginjal dan stroke pada kelompok ini bahkan sejak usianya dimasa remaja seperti usia SLTP.Perspektif masa depan seharusnya menjadi kajian yang berkelanjutan buat seluruh level kebijakan publik. Jika telah diketahui adanya risiko kesehatan yang parah berimplikasi pada aspek psikologi, sosiologis dan ekonomis, maka institusi ataupun lembaga yang menjadi tempat kelompok berisiko ini melakukan seluruh aktifitasnya dapat berperan aktif dalam upata preventif.

Berdasarkan temuan penelitian diatas maka hal paling mungkin untuk dilakukan adalah mengembangkan monitoring berat badan anak sekolah setiap bulan. Tujuannya adalah untuk (1) menciptakan kebiasaan positif menimbang berat badan sebagai perilaku pencegahan yang akan menjadi kebiasaanya setelah keluar dari sekolah (2) Mendeteksi ketidakseimbangan energi kronik yang berimplikasi pada kelebihan berat badan (Overweight). Kelebihan berat badan adalah praobesitas sehingga masih dapat ditanggulangi melalui terapi aktifitas fisik (3) Meningkatkan performa akademik siswa dengan meningkatkan VO2 max. (4) Memudahkan pendidik dalam mendisain kurikulum untuk melahirkan alumni banyak yang berprestasi.

Anak berusia 7-15 tahun berjumlah 155 juta jiwa yang terdeteksi overweight dan obesitas. Penyebabkan diketahui adalah gaya hidup sedentary (nonton televisi, bermain vidiogames dll). Gaya hidup sedentary mengeluarkan energi lebih rendah dari 1,5 pengeluaran energi. Data peneliitian di Amerika anak yang berusia 9-12 tahun menghabiskan waktu 3-4 jam untuk menonton TV. Trend ini diketahui terjadi pada semua penduduk dunia.(Zhang, Seo and Kolbe, 2012) Facebook bagi remaja adalah sebuah gaya hidup.

Pada penelitian ini trendnya meningkat pada sekolah favorite yaitu SMPN 6 dan SMPN 17 Makassar yaitu 24% dan 24,8%. Bandingkan dengan SMPN 32 yang hanya mencapai 18,8%. Aktivitas media sosial tidak dapat dilepaskan dengan daya beli orang tua. Aktifitas internet di sekolah menengah pertama akan berbeda beda, sesuai dengan daya dukung fasilitas internet dilingkungan sekolah atau di rumah tangga dan difasilitas umum yang diakses secara bebas. Aspek pendukung, tingginya penggunaan facebook dikalangan siswa sebagaimana dikemukakan dari riset sebelumnya adalah motivasi.

Motovasi diri dan manfaat langsung yang mereka rasakan, dapat memperkuat pemahaman dan implementasi perilaku positif dalam pengendalian berat badan. Para guru hendaknya dapat memahami aspek kejiwaan setiap remaja termasuk dalam pengaturan pola makan yang sehat. Program ini akan lebih mudah dijalankan bagi setiap siswa baru.(Zaremba et al., 2012) Fokus pemerintah saat ini adalah mendisain kebijakan untuk pencegahan obesitas secara dini.

Penanganan obesitas secara dini adalah sejak usia SLTP ketika diketahui trendnya meningkat pada usia ini. Keberhasian dalam pencegahan dini akan memberikan keuntungan yang besar terhadap pencegahan penyakit degeneratif. Hal ini pernah dilakukan di Cina. Sejak tahun 2007 kebijakan 1 jam aktifitas fisik bagi siswa diketahui mampu mencegah kejadian obesitas pada remaja di Shandong China.(Ying-xiu, Jing-yang and Jin-shan, 2013) Masyarakat perkotaan khususnya remaja muda, tidak mungkin dapat diisolasi dari dunia maya.

Bukti riset ini perlu dicermati, untuk merumuskan dampak media sosial dengan kenaikan berat badan. Hasil penelitian lain menemukan bahwa ada hubungan signifikan antara IMT dengan status kesehatan, dan aktifitas fisik. Sebanyak 38% kejadian obesitas disebabkan karena rendahnya aktivitas fisik. berdasarkan hasil riset tersebut direkomendasikan perlunya upaya pencegahan obesitas dengan meningkatkan aktifitas fisik dan memperbaiki kualitas hidup kedua orang tua.(Wynne et al., 2014) Meningkatnya Indeks Massa Tubuh diikuti dengan menurunkan kualialitas kesehatan pada anak anak di perkotaan.

Meningkatnya indeks massa tubuh (IMT), juga meningkatkan kelebihan berat adan pada masa dewasa, juga dipicu pada keluarga yang mengalami depresi risiko ini lebih besar dibanding keluarga yang tidak depresi. Temuan ini memberikan bukti bahwa terapi obesitas perlu mempertimbangkan kesehatan mental keluarga. Efek depresi dengan penimbunan lemak belum diketahui secara pasti masih perlu dkaji dalam riset yang lebih sistematis.(Wynne et al., 2014) Peran orang tua dalam pengendalian berat badan siswa adalah penting.

Hasil sebuah penelitian di Australia tentang ibu yang bekerja penuh dan bekerja paruh waktu terhadap risiko kelebihan berat badan dan obesitas pada anak. Pada ibu yang bekerja penuh berisiko memiliki anak yang obesitas dibanding pada ibu yang bekerja paruh waktu sambil mengurus anak. Pada anak yang obesitas memiliki waktu 2 jam yang dihabiskan untuk bermain diluar sekolah dan jam tidur lebih rendah 10 jam pada malam hari. Hasil sebuah penelitian di Australia tentang ibu yang bekerja penuh dan bekerja paruh waktu terhadap risiko kelebihan berat badan dan obesitas pada anak.

Pada ibu yang bekerja penuh berisiko memiliki anak yang obesitas dibanding pada ibu yang bekerja paruh waktu sambil mengurus anak. Pada anak yang obesitas memiliki waktu 2 jam yang dihabiskan untuk bermain diluar sekolah dan jam tidur lebih rendah 10 jam pada malam hari(Taylor et al., 2012). Risiko obesitas pada anak yang salah satu orang tuanya obesitas adalah 2 kali lebih besar dibanding anak yang kedua orang tuanya normal. Risiko obesitas akan meningkat 5 kali lipat pada anak jika kedua orangtuanya obesitas.

Pada orang tua yang memiliki tinggi badan diatas rerata populasi akan protektif untuk menjadi obesitas pada anaknya, Sebaliknya jika kedua orang tua pendek maka risiko anaknya obesitas menjadi 2 kali lipat dibanding kedua orang tua dengan tinggi badan normal.(Shirasawa et al., 2012) Jalan lain yang dapat ditempuh untuk mengendalikan berat badan adalah mengendalikan lemak. Penelitian di Amerika tentang pembatasan konsumsi makanan berlemak pada remaja diketahui bahwa intervensi penurunan konsumsi makanan berlemak dapat berhasil sampai 18 g lebih rendah dari biasanya sedangkan pada lemak jenuh sampai mencapai penurunan 12 g/hari dan penurunan konsumsi kolesterol mencapai 75 mg lebih rendah dari biasanya. Ini membuktikan bahwa dengan edukasi yang tepat kepada remaja untuk menurunkan konsumsi lemak, akan efektif berhasil.

(Peterson, Sharon, Sigman Grant, Madeleine, Eissenstat, Brenda Kris etherton, 1999) Informasi tentang edukasi gizi dan kesehatan, juga dapat disampaikan melalui media sosial. Hasil penelitian di Amerika menemukan bahwa pesan sosial dapat disampaikan melalui media sosial dan akan memiliki pengaruh kuat pada kelompok yang tergabung dalam komunitasnya. Hal ini tentu sejalan dengan konsep pendidikan sebagai pada metode pendidikan.

Jadi hanya diperlukan untuk mengatur kontent pesan sosial yang didisain untuk pengendalian berat badan lebih dikalangan remaja (Yang and Brown, 2013) Melalui media sosial, peningkatan pengetahuan dapat diupayakan. Hasil penelitian di Kanada tentang konsumsi lemak dan pengetahuan menemukan bukti bahwa pengetahuan tentang makanan yang sehat perlu di dukung oleh lingkungan sekolah yang menyediakan makanan sehat. Masalah konsumsi makanan pada anak sekolah SMP akan mulai muncul pada kelas VIII.

Pada Saat yang sama keyakinan individu terhadap perilaku sehat mulai tumbuh. Jadi mpmentum untuk meningkatkan kepedulian siswa terhadap kesehatan dirinya sendiri perlu dibawah kendali lingkungan sekolah sebagai agen pembaharu.(Rossiter, Melissa, Glanville, Theresa, Taylor, 2007) Menyiasati dampak kesehatan dari aktifitas media sosial adalah penting. Hal ini didasarkan pada bukti ilmiah bahwa kenaikan berat badan atau kelebihan berat badan pada remaja, apapun penyebabnya tetap merupakan ancaman bagi kesehatan.

Kelebihan berat badan adalah positif sebagai risiko sindroma metabolik yang berakhir dengan penyakit degeneratif. Fakta seperti ini telah terjadi di Afrika Selatan, Cina, Brazil, Kanada Iran (Abiba et al., 2012), (Martha A Rieth, Marina B Moreira, Flavio D Fuchs, 2012), (Andegiorgish and Wang, 2012), (Barisic, Leatherdale and Sendzik, 2014),(D et al., 2014)(Cunha-montenegro and Iranyknackfuss, 2011).

Jalan keluar yang mungkin dapat ditempuh adalah menggunakan media sosial itu sendiri untuk menympaikan pesan pesan gizi seimbang. Alasannya adalah media sosial di Indonesia cukup diminati semua kelompok usia khususnya remaja dan masa sekolah adalah kesempatan terbaik. (Cullen, 2004), (Carraro, 2003), (Chaput et al., 2011), (Rodríguez-Pineda, 2000), (Badmus;, 2007). KESIMPULAN DAN SARAN Kelebihan berat badan siswa di SMP kota Makassar adalah 18,6%.

Pemicunya banyak faktor dan salah satu faktor yang berkorelasi dengan kelebihan berat badan adalah lama melakukan aktivitas di media sosial. Media sosial memiliki daya tarik, sehingga dampaknya terhadap kenaikan berat badan yang mengarah pada obesitas, sekaligus dapat digunakan untuk menyampaikan pesan gizi seimbang. Disarankan sekolah sebagai lembaga formal terdekat ke siswa dapat menjadi pemicu munculnya generasi sehat melalui aktivitas media sosial yang sehat dan terintegrasi dengan media pembelajaran di sekolah.

Pelibatan guru dalam mendisain metode pembelajaran berbasis informasi teknologi dapat meredam dampak negatif media sosial bagi siswa. DAFTAR PUSTAKA Abiba, A. et al. (2012) ‘Effects of Dietary Patterns on the Nutritional Status of Upper Primary School Children in Tamale Metropolis’, 11(7), pp. 591– 609. Andegiorgish, A. K. and Wang, J. (2012) ‘Prevalence of overweight , obesity , and associated risk factors among school children and adolescents in Tianjin , China’, pp. 697–703. doi: 10.1007/s00431-011-1636-x. Arambepola, C. et al.

(2008) ‘Defining “ low in fat ” and “ high in fat ” when applied to a food’, Public Health Nutrition, 12(3), pp. 341–350. doi: 10.1017/S136898000800205X. Arsa, G., Pudjawan, K. and Tastra, I. D. K. (2013) ‘PENGEMBANGAN MEDIA ELEARNING BERBASIS FACEBOOK PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SINGARAJA’, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (2008) Riset Kesehatan Dasar Tahun 2007. Badan Penelitian dan Pengembahan Kesehatan Republik Indonesia. Badmus;, M.

(2007) ‘Factors Influencing Achievement in Junior School Certificate ...’, College Student Journal, 41(1), p. 12. Balitbangkes (2013) Riset Kesehatan Dasar Tahun 2013, Riset Kesehatan Dasar Tahun 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembahan Kesehatan Republik Indonesia. Barisic, A., Leatherdale, S. T. and Sendzik, T. (2014) ‘Original Article Betweenschool variation and student characteristics associated with the accuracy of weight status perception among students?: does the school a student attends impact his / her weight status perception??’, 21(August 2013). doi: 10.1177/1757975913516652. Carolina, N. and Hill, C.

(2007) ‘LONGITUDINAL RELATIONSHIPS BETWEEN PHYSICAL ACTIVITY , SEDENTARY BEHAVIORS , AND OBESITY IN CHILDREN AND ADOLESCENTS’, Dissetation Faculty of The University of North Caroline School of Nursing. Carraro, R. (2003) ‘Role of prevention in the contention of the obesity epidemic’, European Journal of Clinical Nutrtion, 57(S1), pp. S94–S96. doi: 10.1038/sj.ejcn.1601808. Chaput, J. et al. (2011) ‘Short Sleep Duration Is Independently Associated With Overweight and Obesity in Quebec Children’, Canadian Journal of Public Health, (October).

Cullen, K. W. (2004) ‘Fruits , Vegetables , Milk , and Sweetened Beverages Consumption and ...’, American Journal of Public Health. Cunha-montenegro, R. and Irany-knackfuss, M. (2011) ‘The correlation between anthropometric measurements and biochemical cardiovascular risk markers in the hypertensive elderly’, 13(3). D, R. K. M. et al. (2014) ‘Trend in the prevalence of obesity and overweight among Iranian children and adolescents?: A systematic review and meta-analysis’, Nutrition. Elsevier Inc., 30(4), pp. 393–400. doi: 10.1016/j.nut.2013.08.011. Dinareviü, S., Brankoviü, S. and Hasanbegoviü, S.

(2011) ‘Ishrana i ¿ ziþka aktivnost uþenika osnovnih škola u odnosu na gojaznost Relation of diet and physical activity to obesity in children’, Journal of Health Sciences, 1(1), pp. 44–50. Dion, X. (2015) ‘Using social networking sites (namely Facebook) in health visiting practice--an account of five years experience’, Community Practitioner, 88(2), pp. 28–31. Fanani, Fildza Hilfi, Riezky Maya P, S.

(2014) ‘Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII A Melalui Penerapan Model Guided Inquiry dengan Bantuan Social Network Facebook di SMPN 1 Kartasura’, Jurnal Bio Pedagogi, 3, pp. 11–22. Ferreira, R. C. et al. (2010) ‘Physical activity , obesity and eating habits can influence assisted reproduction outcomes’, Women’s Health, 6(January 2005), pp. 517–524. Fitness, P., Nursing, P. and Source, A. H.

(2008) ‘Relationship of obesity with physical activity , aerobic fitness and muscle strength in Flemish adult’, Journal of Sport Medicine and Physical Fitness, 48?:2(Juni), p. 201. Inovasi, J. and Pendidikan, T. (2014) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Kreatif Produktif Terintegrasi dengan Blog dan Facebook terhadap Prestasi dan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP’, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(2), pp. 190–198. Iskandar, A. R.

(1989) ‘Perbedaan Intensitas Penggunaan Facebook terhadap Sense of Community pada Komunitas Pecinta Bis (Bismania)’, 53, p. 160. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004. Kennedy, Eileen, Bowman, S. (2001) ‘Assessment of the effect of fatmodified foods on diet quality in ...’, Journal of the American Dietetic Association, 101(4), p. 455. Martha A Rieth, Marina B Moreira, Flavio D Fuchs, L. B. M. and S. C. F. (2012) ‘Fruits and vegetables intake and characteristics associated among adolescents from Southern Brazil’, Journal Nutrition, 11(95), pp. 1–8. doi: 10.1186/1475-2891-11-95.

Nunik Kusumawardhani, D. (2014) Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat. Pertama. Edited by S. Trihono, Agus Suwandono. Jakarta. Peterson, Sharon, Sigman Grant, Madeleine, Eissenstat, Brenda Kris etherton, P. (1999) ‘Impact of adopting lower-fat food choices on energy and nutrient intakes of American adults’, Journal of the American Dietetic Association, 99, p. 177. Reilly, J. J.

(2008) ‘Physical activity , sedentary behaviour and energy balance in the preschool child?: opportunities for early obesity prevention Proceedings of the Nutrition Society’, Proceeding of the Nutrition Society, (March), pp. 317– 325. doi: 10.1017/S0029665108008604. Rodríguez-Pineda, J. A. (2000) ‘Information to users’, Tesis. doi: 10.16953/deusbed.74839. Rossiter, Melissa, Glanville, Theresa, Taylor, J. (2007) ‘School Food Practices of Prospective Teachers’, The Journal of School Health, 10(77), p. 694. Shirasawa, T. et al.

(2012) ‘Parental perceptions and childhood overweight / obesity?: A population-based study among school children in Japan’, 4(8), pp. 506–513. doi: 10.4236/health.2012.48081. Taylor, A. W. et al. (2012) ‘A Population Study of 5 to 15 Year Olds?: Full Time Maternal Employment not Associated with High BMI . The Importance of Screen-Based Activity , Reading for Pleasure and Sleep Duration in Children ’ s BMI’, pp. 587–599. doi: 10.1007/s10995-011-0792-y. Vine, M. M. and Elliott, S. J. (2014) ‘Examining local-level factors shaping school nutrition policy implementation in Ontario, Canada’, Public Health Nutrition, 17(06), pp.

1290–1298. doi: 10.1017/S1368980013002516. Whatley, J. E., Rachel, L. and Christina, M. (2007) ‘Implementation of Low-Fat, Low-Sugar, and Portion-Controlled ...’, The Journal of School Health, 77(10), p. 687. Wynne, C. et al. (2014) ‘The relationship between body mass index and healthrelated quality of life in urban disadvantaged children’, Quality Life Research, 23, pp. 1895–1905. doi: 10.1007/s11136-014-0634-7. Yang, C. C. and Brown, B. B.

(2013) ‘Motives for Using Facebook, Patterns of Facebook Activities, and Late Adolescents’ Social Adjustment to College’, Journal of Youth and Adolescence, 42(3), pp. 403–416. doi: 10.1007/s10964-012-9836-x. Ying-xiu, Z., Jing-yang, Z. and Jin-shan, Z. (2013) ‘The role of 1-h physical activity every day in preventing obesity in adolescents in Shandong , China’, pp. 325–330. doi: 10.1007/s00431-0121882-6. Yulita, Rustiyarso, B. G.

(2014) ‘Analisis Pemanfaatan Media Jejaring Sosial Berbasis Komputer dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMPS’, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3, No 10 (2014), 3(10), p. 160. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004. Zaremba, A. et al. (2012) ‘Eating Regulation Zhang, J., Seo, D. and Kolbe, L. (2012) Styles , Appearance Schemas , and ‘Associated Trends in Sedentary Body Satisfaction Predict Changes in Behavior and BMI Among Chinese Body Fat for Emerging Adults’, pp. School Children and Adolescents in 1127–1141. doi: 10.1007/s10964-012- Seven Diverse Chinese Provinces’, 9757-8. pp. 342–350. doi: 10.1007/s12529- 011-9177-2.

LAMPIRAN TABEL 1. DISTRIBUSI SISWA SMP BERDASARKAN PEKERJAAN IBU /   SMPN 6 Makassar SMPN 12 Makassr SMPN 17 Makassar SMPN 32 Makassar Total  Pekerjaan Ibu Tidak Bekerja Count % of Total 52 12,9% 59 14,6% 78 19,3% 77 19,1% 266 65 ,8%   PNS/TNI Polri/BUMN Count % of Total 27 6,7% 28 6,9% 13 3,2% 9 2,2% 77 19 ,1%   Pegawai Swasta Count % of Total 1 ,2% 2 ,5% 0 ,0% 5 1,2% 8 2 ,0%   Wiraswasta Pedagang Pelayanan Jasa Count % of Total 20 5,0% 10 2,5% 12 3,0% 8 2,0% 50 12 ,4%   Tani Nelayan Count % of Total 0 ,0% 0 ,0% 0 ,0% 1 ,2% 1 ,2%   Buruh Lainnya Count % of Total 0 ,0% 1 ,2% 1 ,2% 0 ,0% 2 ,5%  Total Count 100 100 104 100 404 % of Total 24,8% 24,8% 25,7% 24,8% 100,0 % / TABEL 2.

DISTRIBUSI SISWA SMP BERDASARKAN PEKERJAAN AYAH /   SMPN 6 Makassar SMPN 12 Makassr SMPN 17 Makassar SMPN 32 Makassar Total  Pekerjaan Ayah Tidak Bekerja Count % of Total 0 ,0% 3 ,7% 2 ,5% 5 1,2% 10 2 ,5%   PNS/TNI Polri/BUMN Count % of Total 61 15,1% 56 13,9% 29 7,2% 21 5,2% 167 41 ,3%   Pegawai Swasta Count % of Total 0 ,0% 5 1,2% 0 ,0% 15 3,7% 20 5 ,0%   Wiraswasta Pedagang Pelayanan Jasa Count % of Total 39 9,7% 34 8,4% 45 11,1% 33 8,2% 151 37 ,4%   Tani Nelayan Count % of Total 0 ,0% 0 ,0% 8 2,0% 2 ,5% 10 2 ,5%   Buruh Lainnya Count % of Total 0 ,0% 2 ,5% 20 5,0% 24 5,9% 46 11 ,4%  Total Count 100 100 104 100 404 % of Total 24,8% 24,8% 25,7% 24,8% 100,0 % / TABEL 3.

DISTRIBUSI SISWA BERDASARKAN PENDIDIKAN IBU /   SMPN 6 Makassar SMPN 12 Makassr SMPN 17 Makassar SMPN 32 Makassar Total  Pendidikan Ibu tidak tamat SD/Tidak Sekolah Count % of Total 1 ,2% 2 ,5% 2 ,5% 6 1,5% 11 2 ,7%   Tamat SD Count % of Total 0 ,0% 2 ,5% 6 1,5% 14 3,5% 22 5 ,4%   Tamat SMP Count % of Total 1 ,2% 7 1,7% 9 2,2% 25 6,2% 42 10 ,4%   Tamat SMA Count % of Total 34 8,4% 34 8,4% 67 16,6% 42 10,4% 177 43 ,8%   Tamat Perguruan Tinggi Count % of Total 64 15,8% 55 13,6% 20 5,0% 13 3,2% 152 37 ,6%  Total Count 100 100 104 100 404 % of Total 24,8% 24,8% 25,7% 24,8% 100,0 % / TABEL 4.

DISTRIBUSI SISWA BERDASARKAN PENDIDIKAN AYAH /   SMPN 6 Makassar SMPN 12 Makassr SMPN 17 Makassar SMPN 32 Makassar Total  Pendidikan Ayah tidak tamat SD/Tidak Sekolah Count % of Total 0 ,0% 0 ,0% 2 ,5% 8 2,0% 10 2 ,5%   Tamat SD Count % of Total 0 ,0% 1 ,2% 7 1,7% 10 2,5% 18 4 ,5%   Tamat SMP Count % of Total 2 ,5% 2 ,5% 11 2,7% 21 5,2% 36 8 ,9%   Tamat SMA Count % of Total 24 5,9% 28 6,9% 62 15,3% 45 11,1% 159 39 ,4%   Tamat Perguruan Tinggi Count % of Total 74 18,3% 69 17,1% 22 5,4% 16 4,0% 181 44 ,8%  Total Count 100 100 104 100 404 % of Total 24,8% 24,8% 25,7% 24,8% 100,0 % / TABEL 5.

DISTRIBUSI SISWA SMP BERDASARKAN KEGIATAN OLAH RAGA RUTIN DI KOTA MAKASSAR / Sekolah Mene ngah Pertama / /   SMPN 6 Makassar SMPN 12 Makassr SMPN 17 Makassar SMPN 32 Makassar Total  Olah Raga Rutin Tidak Count % of Total 25 6,2% 42 10,4% 14 3,5% 39 9,7% 120 29 ,7%   Ya Count % of Total 75 18,6% 58 14,4% 90 22,3% 61 15,1% 284 70 ,3%  Total  Count % of Total 100 24,8% 100 24,8% 104 25,7% 100 24,8% 404 100,0 %     MAK ABEL 6. DISTRIBUSI SISWA SMP BERDASARKAN KEGIATAN BERMAIN GAME ON LINE DI KOT ASSAR     Sekolah Mene ngah Pertama / /   SMPN 6 Makassar SMPN 12 Makassr SMPN 17 Makassar SMPN 32 Makassar Total  Bermain Game On Line Tidak Count % of Total 36 8,9% 29 7,2% 27 6,7% 55 13,6% 147 36 ,4%   Ya Count % of Total 64 15,8% 71 17,6% 77 19,1% 45 11,1% 257 63 ,6%  Total  Count % of Total 100 24,8% 100 24,8% 104 25,7% 100 24,8% 404 100,0 %   TABEL 7.

DISTRIBUSI SISWA SMP BERDASARKAN AKTIFIVITAS MEDIA SOSIAL DI KOTA MAKASSAR /   SMPN 6 Makassar SMPN 12 Makassr SMPN 17 Makassar SMPN 32 Makassar Total  Aktif di sosial media Tidak Count % of Total 3 ,7% 4 1,0% 4 1,0% 24 5,9% 35 8 ,7%   Ya Count % of Total 97 24,0% 96 23,8% 100 24,8% 76 18,8% 369 91 ,3%  Total Count 100 100 104 100 404 % of Total 24,8% 24,8% 25,7% 24,8% 100,0 % / TABEL 8. DISTRIBUSI SISWA SMP BERDASARKAN STATUS BERAT BADAN DI KOTA MAKASSAR /   SMPN 6 Makassar SMPN 12 Makassr SMPN 17 Makassar SMPN 32 Makassar Total  Status Berat Badan Kekurangan Berat Badan Count % of Total 0 ,0% 10 2,5% 15 3,7% 13 3,2% 38 9 ,4%   Normal Count % of Total 70 17,3% 79 19,6% 68 16,8% 74 18,3% 291 72 ,0%   Kelebihan Berat Badan Count % of Total 30 7,4% 11 2,7% 21 5,2% 13 3,2% 75 18 ,6%  Total Count 100 100 104 100 404 % of Total 24,8% 24,8% 25,7% 24,8% 100,0 % / Vol. XII No. 2, Desember 2017 TABEL 9.

ANALISIS KORELASI ANTARA KELEBIHAN BERAT BADAN, INDEKS MASSA TUBUH DAN AKTIVITAS FISIK SISWA SMP DI KOTA MAKASSAR /  Olah Raga Rutin Bermain Game On Line Aktif di sosial media waktu sosmed sehari (menit) Hari bermain games on line seminggu waktu olahraga rutin seminggu (hari) zscore_BAZ Berat Badan Siswa  Olah Raga Rutin Pearson Correlation Sig. (2-tailed) N 1 404 ,173** ,000 404 ,031 ,536 404 -,064 ,201 404 ,121* ,015 404 ,535** ,000 404 -,012 ,806 404 ,006 ,897 404  Bermain Game On Line Pearson Correlation Sig.

(2-tailed) N ,173** ,000 404 1 404 ,224** ,000 404 ,071 ,155 404 ,773** ,000 404 ,204** ,000 404 -,040 ,423 404 ,016 ,745 404  Aktif di sosial media Pearson Correlation Sig. (2-tailed) N ,031 ,536 404 ,224** ,000 404 1 404 ,500** ,000 404 ,191** ,000 404 ,022 ,661 404 ,104* ,036 404 ,091 ,069 404  waktu sosmed sehari (menit) Pearson Correlation Sig.

(2-tailed) N -,064 ,201 404 ,071 ,155 404 ,500** ,000 404 1 404 ,122* ,014 404 ,017 ,734 404 ,120* ,016 404 ,120* ,016 404  Hari bermain games on line seminggu Pearson Correlation Sig. (2-tailed) N ,121* ,015 404 ,773** ,000 404 ,191** ,000 404 ,122* ,014 404 1 404 ,192** ,000 404 ,010 ,839 404 ,051 ,311 404  waktu olahraga rutin seminggu (hari) Pearson Correlation Sig.

(2-tailed) N ,535** ,000 404 ,204** ,000 404 ,022 ,661 404 ,017 ,734 404 ,192** ,000 404 1 404 -,019 ,706 404 ,005 ,922 404  zscore_BAZ Pearson Correlation Sig. (2-tailed) N -,012 ,806 404 -,040 ,423 404 ,104* ,036 404 ,120* ,016 404 ,010 ,839 404 -,019 ,706 404 1 404 ,866 ,000 404  ** Berat Badan Siswa Pearson Correlation ,006 ,016 ,091 ,120* ,051 ,005 ,866** 1 Sig. (2-tailed) ,897 ,745 ,069 ,016 ,311 ,922 ,000 N 404 404 404 404 404 404 404 404 / **.

Correlation is significant at the 0.01 level (2-tailed). *. Correlation is significant at the 0.05 level (2-tailed).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Media Kesehatan



Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar

Office : Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 46 Banta-Bantaeng, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Email  :  mediakesehatan@poltekkes-mks.ac.id

Crossref Member Badge

Media Kesehatan indexed by :

           

 
Protected By
plagiarismcheckerx.com Protection Badge

VISITOR STATISTICS

View Statistics

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.