Efek Latihan Pliometrik Terhadap Perubahan Tinggi Lompatan Pemain Bola Voli

Darwis Durahim, Anwar Sarman

Abstract


Pengaruh latihan pliometrik terhadap perubahan tinggi lompatan Pemain Bola Voli . Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh latihan pliometrik terhadap perubahan tinggi lompatan Pemain Bola Voli. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy-experimental dengan menggunakan desain penelitian one-group pretest posttest design dengan variabel independent adalah Latihan fisik dan variabel dependent adalah tinggi lompatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 30 orang yang dibagi dalam 2 kelompok masing-masing 15 orang dalam kelompok perlakuan dan 15 orang dalam kelompok kontrol. Penentuan sampel berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Instrumen pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah vertikal jump test. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan, 16 Juni – 16 September 2020 di SMP Negeri 11 Makassar.


Full Text:

PDF (Full Text)

References


Faruq, M. M. (2009). Meningkatkan Kebugaran Melalui Bola Voli. Grasindo.

Ita, S., & Guntoro, T. S. (2018). The effect of Plyometric and Resistance training on Muscle Power, strength, and speed in Young Adolescent soccer Players. Indian Journal of Public Health Research & Development, 9(8), 1450–1455.

Kalfi, R. (2013). Pengaruh Latihan Plyometric Hurdle Hopping dan Depth Jump terhadap Peningkatan Vertical Jump Bola Voli Club JIB Kids Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Khadarisman, D. F. (2018). Pengaruh Latihan Pliometrik Double Leg Bound di Pasir terhadap Tinggi Lompatan pada Pemain Bolavoli Putra UABV Universitas Negeri Malang. SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan-Fakultas Ilmu Keolahragaan UM.

Kisner, C., Colby, L. A., & Borstad, J. (2017). Therapeutic exercise: foundations and techniques. Fa Davis.

Pujiarti, S. (2015). Pengaruh Latihan Hurdle Hops Dalam Peningkatan Daya Ledak Otot Tungkai Pesilat Remaja (Eskperimen pada Pesilat Remaja Persatuan Seni Beladiri Garuda Sakti Kota Pekalongan Tahun 2014). Universitas Negeri Semarang.

Putra, R. (2017). Pengaruh Latihan Pliometrik (Jump To Box) Dan Latihan Skipping Terhadap Tinggi Lompatan Siswa Ekstrakurikuler Sepak Bola Sma Negeri 5 Bandar Lampung.

Rahman, A., Simanjuntak, V. G., & Hidasari, F. P. (2018). Pengaruh Latihan Power Menggunakan Metode Pliometrik Terhadap Lompatan Di UKM Voli Untan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(7).




DOI: https://doi.org/10.32382/medkes.v16i1.2027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Darwis Durahim, Anwar Sarman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar

Office : Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 46 Banta-Bantaeng, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Email  :  mediakesehatan@poltekkes-mks.ac.id

Crossref Member Badge

Media Kesehatan indexed by :

           

 
Protected By
plagiarismcheckerx.com Protection Badge

VISITOR STATISTICS

View Statistics

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.