Kesiapan Psikologi Pasutri Terhadap Upayah Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga Di Kota Parepare

Jumratul Adawiah, Ayu Dwi Putri Rusman, Abidin Abidin

Abstract


Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) adalah setiap perbuatan terhadap seseorang terutama perempuan, yang berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, seksual, psikologis, dan penelantaran rumah tangga termasuk ancaman. Penelitian ini bertujuan mengetahui kesiapan psikologis pasutri terhadap pencegahan kekerasan dalam rumah tangga di Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling berupa accidental sampling dengan total sampel sebanyak 100 dari 1,255 populasi. Analisis data menggunakan analisis univariat dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 24. Instrumen penelitian yaitu kousioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa KDRT dapat terjadi pada semua usia, jenis kelamin, jenjang pendidikan, dan pekerjaan. Bentuk psikologi pasutri di Wilayah Kota Parepare yaitu, yang termasuk dalam kategori baik sebanyak 83% sedangkan yang termasuk dalam kategori tidak baik yaitu sebanyak 17%. Sikap pasutri terhadap pencegahan KDRT yang termasuk dalam kategori negatif yaitu sebanyak 58% sedangkan yang termasuk dalam kategori positif yaitu sebanyak 42%. Riwayat kekerasan yang dialami pasutri bermacam-macam yaitu kekerasan fisik sebanyak 86%, kekerasan psikis sebanyak 62%, kekerasan seksual sebanyak 88% dan kekerasan ekonomi sebanyak 76%. Bagi Pemerintah melalui departemen Komnas Perempuan dan P2TP2A penaganan KDRT untuk melakukan edukasi secara berkesinambungan tentang KDRT dalam lingkungan masyarakat umum.


Keywords


Psikologi, Pasutri, Kekerasan Dalam Rumah Tangga

Full Text:

Full Article PDF

References


(Catahu), Lembar fakta catatan tahunan. 2017. Catatan Kekerasan terhadap Perempuan Tahun 2017. komisi nasional anti kekerasan terhadap perempuan. www.komnasperempuan.go.id.

Agustin, Elsa Mulya, dan Fatmariza Fatmariza. 2021. “Sikap Masyarakat Terhadap Fenomena Kekerasan pada Perempuan dan Anak di Nagari Siguntur, Kabupaten Pesisir Selatan.” Journal of Civic Education 4(2): 106–13.

Fajrini, Fini, Rr Arum Ariasih, dan Noor Latifah A. 2019. “Determinan Sikap Tindak Kekerasan dalam Rumah Tangga di Provinsi Banten.” Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial 9(2): 173–89.

Hidayat, A. 2017. “Hubungan Riwayat Kekerasan Psikologis dalam Rumah Tangga dengan Penerimaan Kehamilan pada Ibu Primigravida di Wilayah Puskesmas Puger Kabupaten ….” 26. http://repository.unmuhjember.ac.id/1001/.

Iskandar, Dadang. 2016. “Upaya Penanggulangan Terjadinya Kekerasan Dalam Rumah Tangga.” Jurnal Yustisi 3(2): 13–22.

KOMNAS. 2020. Lonjakan Kekerasan Seksual, Kekerasan Siber, Perkawinan Anak, dan Keterbatasan Penanganan di Tengah Covid-19. CATAHU Komnas Perempuan. https://komnasperempuan.go.id/siaran-pers-detail/catahu-2020-komnas-perempuan-lembar-fakta-dan-poin-kunci-5-maret-2021.

Krisnawardhani, Karina Kandhi, Dyan Evita Santi, dan Jenis Kelamin. 2020. “Hubungan Antara Dampak Psikologi Confinement Dengan Kecenderungan Kekerasan Dalam Rumah Tangga(KDRT) Ditinjau Dari Jenes Kelamin Pada Situasi Pendemi Covid-19.”

Nisa, Haiyun. 2018. “Gambaran Bentuk Kekerasan Dalam Rumah Tangga Yang Dialami Perempuan Penyintas.” Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies 4(2): 57.

Nurhasanah dan Hasnerita Anisa. 2012. “Hubungan Antara Umur , Pendidikan , Pekerjaan Terhadap KDRT Yang Dilakukan Oleh Suami Terhadap Istri Di Salah Satu Rumah Sakit.” : 1–12.

Ramadani, Mery, dan Fitri Yuliani. 2017. “Kekerasan Dalam Rumah Tangga (Kdrt) Sebagai Salah Satu Isu Kesehatan Masyarakat Secara Global.” Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas 9(2): 80.

Santoso, Agung Budi. 2019. “Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) Terhadap Perempuan: Perspektif Pekerjaan Sosial.” Komunitas 10(1): 39–57.

Sari, Tina Yuli Fatmawati1 dan Mila Triana. 2018. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) Terhadap Pengetahuan Keluarga Tentang KDRT.” Jurnal Endurance 3(3): 547.

Syarifuddin. 2021. “Penanganan dan Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) Terhadap Perempuan dan Anak.” Jurnal Hukum dan Kemasyarakatan Al-Hikmah 2(4): 623–34.

Tumewu, Rebennia, Djemi Tomuka, dan Erwin G. Kristanto. 2021. “Angka Kasus Kekerasan dalam Rumah Tangga di Kota Manado Tahun 2018-2019.” e-CliniC 9(1).




DOI: https://doi.org/10.32382/medkes.v17i2.2952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jumratul Adawiah, Ayu Dwi Putri Rusman, Abidin Abidin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar

Office : Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 46 Banta-Bantaeng, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Email  :  mediakesehatan@poltekkes-mks.ac.id

Crossref Member Badge

Media Kesehatan indexed by :

           

 
Protected By
plagiarismcheckerx.com Protection Badge

VISITOR STATISTICS

View Statistics

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.