Faktor Risiko Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas di SMA Negeri 2 Kabupaten Sidrap

Reza Ratna Sari Hafid, Henni Kumaladewi Hengky, Arfianty Arfan, Herlina Muin

Abstract


Kecelakaan lalu lintas menjadi penyebab utama kematian dan cedera dan masalah kesehatan masyarakat yang berkembang di seluruh dunia, menyebabkan lebih dari 1,2 juta kematian di seluruh dunia setiap tahun. Dengan kemajuan modernisasi dan meningkatnya kepadatan sistem transportasi, jumlah kecelakaan l alu lintas meningkat, terutama di kalangan siswa sekolah menengah atas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor risiko kecelakaan lalu lintas pada siswa SMAN 2 Kabupaten Sidrap Tahun 2022. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai Juni 2022 di SMA Negeri 2 Kabupaten Sidrap. Metode yang digunakan adalah metode analitik dengan pendekatan kuantitatif  desain cross sectional. Besar sampel adalah 91 siswa dan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis univariat dan bivariat (uji chi-square). Hasil penelitian ini, faktor yang berhubungan dengan kejadian kecelakaan lalu lintas pada siswa SMAN 2 Sidrap adalah perilaku berkendara (p=0,000) dan kondisi hujan (p=0,000). Sedangkan faktor yang tidak ada hubungan dengan kejadian kecelakaan pada siswa SMAN 2 Sidrap adalah pengetahuan (p=0,619), kelelahan (p=0,264), dan kondisi kendaraan (p=0,374). Disarankan kepada pelajar untuk memaksimalkan perilaku berkendara yang aman dengan membaca, menghadiri seminar, dan pelatihan.


Keywords


Risiko kecelakaan, faktor manusia, faktor lingkungan, faktor kendaraan

Full Text:

Full Article PDF

References


Iswahyudi, R. D. et al. (2021) ‘Pengaruh Curah Hujan terhadap Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Salatiga’, Prosiding Simposium Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi, pp. 135–143.

Meirinda, D. E., Suroto and Ekawati (2017) ‘Faktor – Faktor yang Berhubungan dengan Kecelakaan Lalu Lintas pada Karyawan Pengendara Sepeda Motor di Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sumber Rejeki Blora’, Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(3), pp. 240–248.

Prima, D. W. and Kurniawan, B. (2015) ‘Faktor-Faktor yang Berhubungan terhadap Perilaku Safey Riding pada Mahasiswa Fakultas X Universitas Diponegoro’, Jurnal Kesehatan Masyarakat, 3(April), pp. 370–381.

Saputra, A. E. and Hartono, B. (2021) ‘Hubungan antara Usia,Berat Badan dan Beban Kerja terhadap Kejadian Kelelahan Kerja pada Sopir Angkutan Kota (Angkot) di Kota Depok Tahun 2020’, Jurnal Kesehatan Kartika, 16(1), pp. 22–27.

Setyowati, D. L., Firdaus, A. R. and Rohmah, N. (2018) ‘Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Pada Siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Samarinda’, The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health, 7(3), pp. 329–338. doi: 10.20473/ijosh.v7i3.2018.329.

Suyanto, R. N. and Nurani, F. (2019) ‘Urgensi Kesadaran Akan Keselamatan Berlalu-lintas’, pp. 1–5.

WHO (2018) Global Status Report On Road Safety 2018.




DOI: https://doi.org/10.32382/medkes.v17i2.2959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Reza Ratna Sari Hafid, Henni Kumaladewi Hengky, Arfianty Arfan, Herlina Muin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar

Office : Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 46 Banta-Bantaeng, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Email  :  mediakesehatan@poltekkes-mks.ac.id

Crossref Member Badge

Media Kesehatan indexed by :

           

 
Protected By
plagiarismcheckerx.com Protection Badge

VISITOR STATISTICS

View Statistics

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.