Pelatihan Guru Sebagai Upaya Peningkatan Perilaku Kebersihan Gigi Dan Mulut di SD Negeri Mamajang I Kota Makassar

Muhammad Saleh, Syamsuddin AB, Munadirah Munadirah, Nurwiyana Abdullah, Nurhaeni Nurhaeni

Abstract


Gigi merupakan bagian terpenting dalam mulut yang dapat berfungsi untuk makan dan berbicara. Kerusakan gigi merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh kurangnya kebersihan gigi dan mulut. Hal ini dapat dicegah dengan memelihara kesehatan gigi dan mulut, salah satunya dengan menggosok gigi. Usia sekolah merupakan saat yang ideal untuk melatih kemampuan motorik seorang anak, termasuk menggosok gigi.  Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk mendapatkan data kebersihan gigi dan mulut pada SD Negeri  Mamajang I Kota Makassar, tercapainya derajat kebersihan gigi dan mulut pada anak Sekolah Dasar, meningkatkan kebersihan gigi dan mulut siswa, dan meningkatkan pengetahuan tentang cara menyikat gigi yang baik dan benar.

Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat dilakukan pada SD Negeri  Mamajang I  dengan sasaran 100 orang siswa kelas IV dan V  dengan melakukan pelatihan guru-guru dan penyuluhan kebersihan gigi dan mulu serta sikat gigi massal, pembersihan karang gigi dan melakukan evaluasi dengan pemeriksaan kembali setelah dilakukan penyuluhan.

Kesimpulan dari kegiatan ini setelah dilakukan penyuluhan terjadi peningkatan kebersihan gigi dan mulut  pada murid SD Negeri Mamajang I Kota Makassar. Dan didapatkan peningkatan pengetahuan pada  guru-guru SD Negeri Mamajang I dalam hal mendemonstrasikan sikat gigi yang baik dan benar. Namun untuk hasil yang optimal disarankan bagi orang tua siswa lebih memperhatikan kesehatan gigi anaknya dan  partisipasi guru meningkatkan pendidikan kesehatan gigi dan mulut dengan mengaktifkan sarana Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS).

 

Kata kunci : Pelatihan Guru, Kebersihan Gigi dan Mulut,Sikat Gigi massal

Full Text:

PDF

References


Boediharjo, Pemeliharaan Kesehatan Gigi Keluarga. Penerbit Airlangga University Press 1985.

Herijulianti. 2008. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut. Cetakan ke-1: Fitramaya:Yogyakarta. http://studentresearch.umm.ac.id/research/download/umm_student_research_abstract_75.pdf. Diakses Oktober 2010.

Laily isro’in, Sulistyo Andarmoyo.(2012). Personal Hygiene, Konsep, Proses, dan Aplikasi dalam praktik keperawatan.

Nio. 1989. Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut.Gadjah Mada University press anggota IKAPI: Yogyakarta.Indonesia

Notoatmojo,Soekidjo.2003. Pendidikan Kesehatan Dan IlmuPerilaku. Rineka Cipta. Jakarta.

Riyanti E,Chemiawan E, Rizalda RA. Hubungan Pendidikan Penyikatan Gigi Dengan Tingkat Kebersihan Gigi Dan Mulut Siswa-Siswi Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Imam Bukhari. hal 3-10. Diunduh dari:

Yohanes I Gede K.K, Karel Pandelaki, Ni wayan Mariati (2013). Hubungan Pengetahuan kebersihan gigi dan mulut dengan status kebersihan gigi dan mulut pada siswa SMA Negeri 9 Manado. Jurnal e-gigi (eG), volume, Nomor 2, Hal 84-88. Universitas Sang Ratulangi




DOI: https://doi.org/10.32382/mirk.v1i1.1451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.