PENYULUHAN PENGGUNAAN OBAT YANG BAIK DAN BENAR PADA IBU HAMIL

Rusli Rusli, Megawati Megawati, Zulfiah Zulfiah, Sainal Edi Kamal, Rina Asrina, Sulfiyana H Ambo Lau, Herman Herman, Murniati Murniati, Muh. Farid Hasyim, Alfreds Roosevelt, Nurul Izza, Yuniharce Kadang, Gerfan Patandung, Achmad Amiruddin

Abstract


Penggunaan obat-obatan selama masa kehamilan biasanya digunakan untuk mengatasi penyakit-penyakit kronis seperti diabetes, tuberculosis, penyakit jantung, hipertensi, HIV/AIDS, epilepsi dan lain sebagainya. Selain itu, ada pula obat-obatan yang memang diindikasikan khusus untuk mengatasi keluhan-keluhan yang terjadi selama kehamilan, seperti mual-muntah, nyeri, konstipasi, dan sebagainya. Pada kasus penggunaan obat-obatan selama kehamilan, selain mempertimbangkan farmakokinetika ibu hamil, perlu juga dipertimbangkan sifat fisiko-kimia obat, terutama kemampuannya dalam menembus sawar plasenta. Sangatlah penting bagi profesi kesehatan untuk mengetahui risk and benefit dari obat-obatan yang akan digunakan pada kondisi klinis tertentu saat kehamilan. Berbagai pertimbangan diperlukan untuk meminimalisir, bahkan bila memungkinkan untuk menghilangkan resiko baik pada ibu maupun pada janin yang dikandungnya, sehingga pada akhirnya dapat diambil suatu keputusan yang tepat.

Adapun tujuan dari kegitan PKM ini yaitu untuk Memberikan gambaran bagaimana menggunakan obat yang baik dan benar pada ibu hamil dan meningkatkan derajat kesehatan pada ibu hamil masyarakat Jalan Bung Kelurahan Tamalanrea Jaya Makassar. Hasil yang didapat dari kegiatan ini Hasil Penyuluhan Materi; dan Hasil evaluasi.

 

Kata Kunci : Penggunaan Obat, Ibu Hamil

Full Text:

Full Article PDF


DOI: https://doi.org/10.32382/mirk.v2i2.2309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.