IMPLEMENTASI PENYEGARAN KETERAMPILAN KONSELOR MENYUSUI

Aswita Amir, Rudy Hartono, Chaerunnimah Chaerunnimah

Abstract


Air susu ibu sangat dibutuhkan oleh untuk tumbuh kembang bayi sampai usia 6 bulan kehidupannya. Salah satu indikator keberhasilan menyusui adalah keterlibatan konselor menyusui. Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan cakupan pemberian ASI Eksklusif melalui penyegaran kader Posyandu. Metode yang digunakan pelatihan penyegaran konselor menyusui menggunakan media zoom dan observasi langsung ke Puskemas sasaran dengan evaluasi pengetahuan dan keterampilan setelah pelaksanaan pelatihan penyegaran konseling menyusui. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa peserta terdiri perawat, bidan dan ahli gizi serta berdasarkan pengukuran keterampilan terjadi peningkatan keterampilan konseling para peserta. Disarankan agar konselor menyusui tetap dilakukan penyegaran untuk mempertahankan keterampilan dalam konseling sehingga cakupan pemberian ASI esklusif dapat meningkat. Kata kunci: Konselor menyusui, penyegaran keterampilan.

Full Text:

Full Article PDF

References


Ani. (2019). Pengaruh Pelatihan Konseling Menyusui Terhadap Pengetahuan dan Kererampilan Kader ASI. Vol. 8 No. 1.

Arini, Sofianita, & Ilmi. (2017). Pengaruh Pelatihan Pemberian MP ASI Kepada Ibu dengan Anak Baduta di Kecamatan Sukmajaya Kota Depok Terhadap Pengetahuan dan Perilaku Pemberian MP ASI. Vol 13 No 1.

Aswita Amir, Adriyani. (2020). Evaluasi Kinerja Konselor Menyusui di Kota Makassar. Poltekkes Kemenkes Makassar.

Chyntaka & Putri. (2019). Riwayat Pemberian ASI Eksklusif dengan Kejadian Stunting pada Balita Usia 24-60 Bulan. E-Journal Poltekkes Manado.

Fadiri. (2017). Pengaruh Pelatihan Pemberian Makan pada Bayi dan Anak (PMBA) Terhadap Keterampilan Konseling dan Motivasi Bidan Desa. Vol 2. No 2.

Fau, Nasution & Hadi. (2019). Faktor Predisposisi Ibu Usia Remaja Terhadap Pemberian ASI Eksklusif pada Bayi di Kecamatan Luahagundre Maniamolo Kabupaten Nias Selatan

Haryanti, Meimi & Febry, Fatmalina. (2020). Hubungan Pelatihan dan Sarana Prasarana dengan Keterampilan Tenaga Pelaksanaan Gizi (TPG) dalam Penentuan Status Gizi Stunting pada Balita di Wilayah Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat. Undergraduate Thesis Sriwijaya University.

Kementerian Kesehatan RI Badan Penelitian dan Pengembangan. (2019). Laporan Hasil Riskesdas Nasional 2018.

Lindawati. (2019). Relationship between Knowledge, Education and Family Support with Exclusive Breastfeeding. Faletehan Health Journal.

Risnah, Rosmah, Mustamin & Sofingi. (2018). Pengaruh Pelatihan Terhadap Pengetahuan Tentang Gizi Buruk dan Interprofessional Collaboration Pertugas Puskesmas. Vol 11 No 1.

Wahyuningsih & Handayani. (2015). Pengaruh Pelatihan Pemberian Makan pada Bayi dan Anak Terhadap Pengetahuan Kader di Wilayah Puskesmas Klaten Tengah Kabupaten Klaten. Vol 10, No 21.




DOI: https://doi.org/10.32382/mirk.v3i1.2865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.