E-Journal Poltekkes Kemenkes Makassar


Journal Elektronik ini adalah website journal milik Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar yang digunakan untuk mempublikasikan hasil karya ilmiah seluruh dosen dilingkup Poltekkes Makassar, dan dapat dipergunakan oleh dosen atau peneliti dari kampus lain yang ingin mempublikasikan karya ilmiah di website ini dengan mengikuti format aturan yang diterapkan oleh dewan editor

Media Kesehatan

Jurnal Media Kesehatan Poltekkes Kemenkes Makassar adalah jurnal ilmiah yang dipublikasi oleh Unit Penelitian Poltekkes Kemenkes Makassar. Jurnal Media Kesehatan merupakan Jurnal Nasional yang diterbitkan dalam Bahasa Indonesia dan telah teregister dengan e-ISSN: 2549-0567. Jurnal Media Kesehatan Poltekkes Kemenkes Makassar fokus pada hasil-hasil penelitian asli dan terbaru dalam lingkup ilmu kesehatan mencakup ilmu keperawatan, kebidanan, kesehatan lingkungan, ilmu farmasi, analis kesehatan atau laboratorium medis, ilmu gizi, fisioterapi, kesehatan gigi, ilmu kesehatan masyarakat dan ilmu kesehatan lainnya.


Jurnal Media Kesehatan Poltekkes Kemenkes Makassar adalah jurnal dengan reviewer teman sejawat sesuai dengan bidang keilmuannya yang dikembangkan untuk mendorong pengembangan keilmuan dalam bidang kesehatan secara umum sehingga dapat menjadi sumber referensi dalam mendukung terselenggaranya pelayanan kesehatan yang berbasis Evidence Based Practice di Indonesia. Selain itu, jurnal itu menjadi wadah bagi peneliti dalam bidang ilmu kesehatan untuk mempublikasikan hasil penelitiannya sehingga mampu memperkaya referensi ilmiah yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia kesehatan di Indonesia.

View Journal | Current Issue | Register

Media Gizi Pangan

Media Gizi Pangan (MGP) merupakan jurnal ilmiah berkalah yang diterbitkan oleh Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar Jurusan Gizi sejak tahun 2005 dengan pISSN ialah 1858-4608. MGP menerima tulisan ilmiah berupa hasil penelitian dengan fokus Gizi Masyarakat, Gizi Klinik, dan Pengolah Pangan.

Media Gizi Pangan (MGP) direview oleh para ahli dibidang pangan dan gizi sesuai dengan bidang keilmuan yang dikembangkan yang bertujuan untuk mendorong pengembangan ilmu gizi dan pangan secara umum sehingga dapat menjadi sumber referensi dalam mendukung terlaksananya pelayanan kesehatan yang berbasis Evidence Based Practice di Indonesia.

Media Gizi Pangan (MGP) dapat menjadi wadah bagi peneliti dalam bidang ilmu gizi dan pangan untuk mempublikasikan hasil penelitiannya sehingga mampu memperkaya referensi ilmiah yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia kesehatan di Indonesia.

View Journal | Current Issue | Register

Media Fisioterapi

Jurnal Media Fisioterapi Poltekkes Kemenkes Makassar adalah jurnal ilmiah yang dipublikasi oleh Unit Penelitian Poltekkes Kemenkes Makassar Jurusan Fisioterapi. Jurnal Media Fisioterapi merupakan Jurnal Nasional yang diterbitkan dalam Bahasa Indonesia dan telah teregister dengan p-ISSN: 2086-5937. Jurnal Media Fisioterapi Poltekkes Kemenkes Makassar fokus pada hasil-hasil penelitian asli dan terbaru, book review dan literatur review dalam lingkup ilmu fisioterapi mencakup ilmu Fisioterapi Muskuloskeletal, Fisioterapi Neuromuskular, Fisioterapi Kardiovaskular dan Respirasi, Fisioterapi Geriatrik, Fisioterapi Pediatrik, Fisioterapi Ergonomi dan Kesehatan Kerja Fisioterapi Olahraga, dan Fisioterapi Kesehatan Masyarakat.

Jurnal Media Fisioterapi Poltekkes Kemenkes Makassar adalah jurnal dengan reviewer teman sejawat sesuai dengan bidang keilmuannya yang dikembangkan untuk mendorong pengembangan keilmuan dalam bidang fisioterapi secara umum sehingga dapat menjadi sumber referensi dalam mendukung terselenggaranya pelayanan fisioterapi yang berbasis Evidence Based Practice di Indonesia. Selain itu, jurnal itu menjadi wadah bagi peneliti dalam bidang ilmu fisioterapi untuk mempublikasikan hasil penelitiannya sehingga mampu memperkaya referensi ilmiah yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia kesehatan di Indonesia.

View Journal | Current Issue | Register

SULOLIPU

Penamaan Jurnal SULOLIPU berasal dari bahasa daerah Nusantara dengan akar kata Sulo yang berarti suluh (bahasa Bugis dan Toraja), obor (bahasa Makassar), lampu atau pelita (bahasa Mandar); yang kesemuanya dapat berarti Penerang atau  Pencerahan. Selanjutnya, Lipu diartikan tanah atau bumi (bahasaToraja) dan negeri  atau kampung (bahasa Bugis), yang berkonotasi kearah arti alam sekitar atau lingkungan; Lengkapnya, buletin SULOLIPU mengandung makna sebagai media atau wahana komunikasi penyebarluasan informasi higiene sanitasi kesehatan lingkungan dan terkait upaya untuk menciptakan sekaligus menikmati lingkungan sehat, yang dilahirkan dari seputar wilayah Sulawesi Selatan Indonesia.

Tulisan yang diterima melingkupi rumpun Ilmu Kesehatan Lingkungan dengan diberi kode 359 oleh Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi, yang dapat berupa Artikel Hasil Riset, Book Review, Literatur Review, Komentari/Opini, Berita Ilmiah (Scientific News), dan Letter to Editor. Tulisan tersebut menyangkut Sanitasi Dasar (penyehatan air, pengelolaan limbah cair, pembuangan tinja, penanganan sampah, penyehatan makanan minuman, pengendalian vektor),  penyehatan udara, pengamanan pestisida, rumah sehat dan tata graha, perilaku hidup bersih dan sehat, higiene perorangan, sanitasi tempat umum-wisata-matra, sanitasi transportasi, sanitasi industri dan keselamatan kerja, sanitasi rumah sakit, sanitasi kawasan pesisir pantai dan laut, penyakit berbasis lingkungan, analisis mengenai dampak lingkungan, manajemen risiko lingkungan, epidemiologi kesehatan lingkungan

View Journal | Current Issue | Register

Media Farmasi

Media Farmasi Poltekkes Makassar merupakan salah satu jurnal ilmiah nasional yang diterbitkan oleh Unit Penelitian Poltekkes Makassar Jurusan Farmasi yang telah mendapat legalitas sebagai media resmi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan no ISSN 0216-2083.

Media Farmasi Jurusan Farmasi merupakan suatu wadah dalam menampung aspirasi ilmiah sehingga dapat mengugah motivasi dan inovasi dari dosen di lingkup Jurusan Farmasi Poltekkes Makassar serta artikel dari simpatisan untuk melakukan kajian ilmiah.

Media Farmasi menerima tulisan hasil penelitian, survey dan kajian pustaka dalam bidang Farmasi meliputi bidang Farmakognosi-Fitokimia (OBat berbahan dasar Herbal), Farmaseutika-Teknologi Farmasi (Formulasi Sediaan Farmasi), Kimia Farmasi, Farmasi Klinik dan Komunitas, Farmakologi, Mikrobiologi Farmasi, Biologi Farmasi serta bidang-bidang yang terkait dengan Farmasi secara umum.

Media Farmasi diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan April dan November. Sebagai majalah ilmiah, Media Farmasi mengembangkan misi dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan terutama tentang penemuan obat baru khususnya di bidang Farmasi.

View Journal | Current Issue | Register

Media Analis Kesehatan

Jurnal ini mempublikasikan beberapa researc penelitian, book review  yng telah dilksanakan oleh Dosen Analis Kesehatan dan Dosen lainnya yang berhubungan dengan jurusan Analis Kesehatan (Teknologi Laboratorium Medik)

View Journal | Current Issue | Register

Media Keperawatan

View Journal | Current Issue | Register

Media Kesehatan Gigi

View Journal | Current Issue | Register

Media Kebidanan

View Journal | Current Issue | Register