E-Journal Poltekkes Kemenkes Makassar


Journal Elektronik ini adalah website journal milik Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar yang digunakan untuk mempublikasikan hasil karya ilmiah seluruh dosen dilingkup Poltekkes Makassar, dan dapat dipergunakan oleh dosen atau peneliti dari kampus lain yang ingin mempublikasikan karya ilmiah di website ini dengan mengikuti format aturan yang diterapkan oleh dewan editor

Media Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar

ISSN 1907-8153 (Print) | ISSN 2549-0567 (Online)

Jurnal Media Kesehatan Poltekkes Kemenkes Makassar adalah jurnal ilmiah yang dipublikasi oleh Unit Penelitian Poltekkes Kemenkes Makassar. Jurnal Media Kesehatan merupakan Jurnal Nasional yang diterbitkan dalam Bahasa Indonesia. Jurnal Media Kesehatan Poltekkes Kemenkes Makassar fokus pada hasil-hasil penelitian asli dan terbaru dalam lingkup ilmu kesehatan mencakup ilmu keperawatan, kebidanan, kesehatan lingkungan, ilmu farmasi, analis kesehatan atau laboratorium medis, ilmu gizi, fisioterapi, kesehatan gigi, ilmu kesehatan masyarakat dan ilmu kesehatan lainnya.


Jurnal Media Kesehatan Poltekkes Kemenkes Makassar adalah jurnal dengan reviewer teman sejawat sesuai dengan bidang keilmuannya yang dikembangkan untuk mendorong pengembangan keilmuan dalam bidang kesehatan secara umum sehingga dapat menjadi sumber referensi dalam mendukung terselenggaranya pelayanan kesehatan yang berbasis Evidence Based Practice di Indonesia. Selain itu, jurnal itu menjadi wadah bagi peneliti dalam bidang ilmu kesehatan untuk mempublikasikan hasil penelitiannya sehingga mampu memperkaya referensi ilmiah yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia kesehatan di Indonesia.

View Journal | Current Issue | Register

Media Gizi Pangan

Media Gizi Pangan merupakan jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Poltekkes Kemenkes Makassar sejak tahun 2005, dengan pISSN 1858-4608 dan eISSN 2622-6480Media Gizi Pangan Terbit dua kali setahun yaitu periode Januari-Juni dan Juli-Desember.

Media Gizi Pangan  menerima tulisan ilmiah berupa hasil penelitian dengan fokus Gizi Masyarakat, Gizi Klinik, dan Pengolah Pangan. Media Gizi Pangan direview oleh para ahli dibidang pangan dan gizi sesuai dengan bidang keilmuan yang dikembangkan yang bertujuan untuk mendorong pengembangan ilmu gizi dan pangan secara umum sehingga dapat menjadi sumber referensi dalam mendukung terlaksananya pelayanan kesehatan yang berbasis Evidence Based Practice di Indonesia.

Media Gizi Pangan dapat menjadi wadah bagi peneliti dalam bidang ilmu gizi dan pangan untuk mempublikasikan hasil penelitiannya sehingga mampu memperkaya referensi ilmiah yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia kesehatan di Indonesia.

View Journal | Current Issue | Register

Media Farmasi

View Journal | Current Issue | Register

Jurnal Media Analis Kesehatan

 

Media Analis Kesehatan merupakan jurnal ilmiah yang memuat tulisan ilmiah yang berkaitan dengan bidang ilmu analis kesehatan atau teknologi laboratorium medik. Keberadaan jurnal ini memberikan ruang bagi para tenaga analis kesehatan dan tenaga teknologi laboratorium medis untuk mempublikasikan tulisan ilmiahnya dalam jurnal yang lebih spesifik dengan mudah dan berkelanjutan
Jurnal Media Analis Kesehatan merupakan jurnal ilmiah berkalah yang diterbitkan oleh Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar Jurusan Analis Kesehatan sejak tahun 2010 dengan pISSN : 2087-1333, dan e-ISSN : 2621-9557 (Juni 2018)
Sirkulasi media analis kesehatan poltekkes Makassar terbit setiap dua kali setahun

View Journal | Current Issue | Register

Sulolipu: Media Komunikasi Sivitas Akademika dan Masyarakat

Penamaan Jurnal SULOLIPU berasal dari bahasa daerah Nusantara dengan akar kata Sulo yang berarti suluh (bahasa Bugis dan Toraja), obor (bahasa Makassar), lampu atau pelita (bahasa Mandar); yang kesemuanya dapat berarti Penerang atau Pencerahan. Selanjutnya, Lipu diartikan tanah atau bumi (bahasaToraja) dan negeri atau kampung (bahasa Bugis), yang berkonotasi kearah arti alam sekitar atau lingkungan; Lengkapnya, buletin SULOLIPU mengandung makna sebagai media atau wahana komunikasi penyebarluasan informasi higiene sanitasi kesehatan lingkungan dan terkait upaya untuk menciptakan sekaligus menikmati lingkungan sehat, yang dilahirkan dari seputar wilayah Sulawesi Selatan Indonesia.

Tulisan yang diterima melingkupi rumpun Ilmu Kesehatan Lingkungan dengan diberi kode 359 oleh Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi, yang dapat berupa Artikel Hasil Riset, Book Review, Literatur Review, Komentari/Opini, Berita Ilmiah (Scientific News), dan Letter to Editor. Tulisan tersebut menyangkut Sanitasi Dasar (penyehatan air, pengelolaan limbah cair, pembuangan tinja, penanganan sampah, penyehatan makanan minuman, pengendalian vektor), penyehatan udara, pengamanan pestisida, rumah sehat dan tata graha, perilaku hidup bersih dan sehat, higiene perorangan, sanitasi tempat umum-wisata-matra, sanitasi transportasi, sanitasi industri dan keselamatan kerja, sanitasi rumah sakit, sanitasi kawasan pesisir pantai dan laut, penyakit berbasis lingkungan, analisis mengenai dampak lingkungan, manajemen risiko lingkungan, epidemiologi kesehatan lingkungan

Sulolipu : Media Komunikasi sivitas Akademika dan masyarakat merupakan jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan oleh Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar Jurusan Kesehatan Lingkungan dengan pISSN : 0854-624X ( Cetak ), dan e-ISSN : 2622-6960 ( Online )

View Journal | Current Issue | Register

Media Fisioterapi Politeknik Kesehatan Makassar

Jurnal Media Fisioterapi Poltekkes Kemenkes Makassar adalah jurnal ilmiah yang dipublikasi oleh Unit Penelitian Poltekkes Kemenkes Makassar Jurusan Fisioterapi. Jurnal Media Fisioterapi merupakan Jurnal Nasional yang diterbitkan dalam Bahasa Indonesia dan telah teregister dengan p-ISSN: 2086-5937. Jurnal Media Fisioterapi Poltekkes Kemenkes Makassar fokus pada hasil-hasil penelitian asli dan terbaru, book review dan literatur review dalam lingkup ilmu fisioterapi mencakup ilmu Fisioterapi Muskuloskeletal, Fisioterapi Neuromuskular, Fisioterapi Kardiovaskular dan Respirasi, Fisioterapi Geriatrik, Fisioterapi Pediatrik, Fisioterapi Ergonomi dan Kesehatan Kerja Fisioterapi Olahraga, dan Fisioterapi Kesehatan Masyarakat.

Jurnal Media Fisioterapi Poltekkes Kemenkes Makassar adalah jurnal dengan reviewer teman sejawat sesuai dengan bidang keilmuannya yang dikembangkan untuk mendorong pengembangan keilmuan dalam bidang fisioterapi secara umum sehingga dapat menjadi sumber referensi dalam mendukung terselenggaranya pelayanan fisioterapi yang berbasis Evidence Based Practice di Indonesia. Selain itu, jurnal itu menjadi wadah bagi peneliti dalam bidang ilmu fisioterapi untuk mempublikasikan hasil penelitiannya sehingga mampu memperkaya referensi ilmiah yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia kesehatan di Indonesia.

View Journal | Current Issue | Register

Media Keperawatan: Politeknik Kesehatan Makassar

Media Keperawatan : Politeknik Kesehatan Makassar. E-ISSN 2622-0148, P-ISSN 2087-0035. Kebutuhan publikasi aspirasi ilmiah dari kalangan penggiat kesehatan khususnya Dosen  dalam hal ini dosen untuk Keperawatan semakin meningkat, oleh karena itu Jurnal Media Keperawatan muncul sebagai salah satu sarana untuk publikasi segala bentuk ide, hasil penelitian serta kajian ilmiah yang berhubungan dengan pengembangan Keperawatan dan kesehatan pada umumnya.

Jurnal Media Keperawatan diterbitkan oleh Jurusan Keperawatan Poltekkes Makassar dengan periode terbit 2 kali dalam setahun, yaitu terbit di bulan Juni dan Desember.

View Journal | Current Issue | Register

Media Kesehatan Gigi : Politeknik Kesehatan Makassar

Media Kesehatan Gigi : Politeknik Kesehatan Makassar [P-ISSN 2087-0051 | E-ISSN 2622-7061 adalah jurnal ilmiah yang berisikan artikel-artikel ilmiah yang berkaitan dengan bidang ilmu kesehatan gigi. Jurnal ini menjadi wadah publikasi bagi peneliti khususnya dosen dalam lingkungan jurusan keperawatan gigi dan peneliti dari luar pada umumnya. Artikel dapat berupa hasil penelitian, review buku, kritik artikel maupun berbagai karya ilmiah lainnya. Sangat kami harapkan bahwa jurnal kesehatan gigi ini dapat memberi ruang bagi para perawat gigi untuk mempublikasikan karya ilmiahnya dalam jurnal.

View Journal | Current Issue | Register

Prosiding

All praise and gratitude should we pray to Allah SWT, because overabundance of grace and His mercy so The 2nd International Conference Interprofessional Collaboration on Urban Health; A Strategy for All Nations, and In Collaboration with center of excellence in urban health study center can be completed in accordance with a predetermined time and also we would like to thank Mamuju Health Polytechnic and Palu Health Polytechnic have organized this conference, Management & Science University and Lincoln University College Malaysia for supporting this conference and Budi Luhur International Network for Education (BIN for Edu) as representatives.

Furthermore, we express our thanks and appreciation to all those who have helped in the publication of proceeding among others to the reviewer, writer, editor, co-editor, Poltekkes Makassar’s research units and especially to the committee which has been coordinating the preparation of proceeding to be distributed.

 

This proceeding is a collection of abstracts as research results, especially in the face of managing urban health on all nations such as climate risk, air pollution, housing-related health risks, urban green spaces, nutrition insecurity, and unhealthy diets, etc. 

Finally, we apologize for any shortcomings and we received input for the preparation of proceeding improvement in future activities. Hopefully, this proceeding can provide benefits and receive a blessing from Allah SWT. Amen.

View Journal | Current Issue | Register

Media Kebidanan

Di era kemajuan teknologi informasi saat ini, dunia ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang. Berbagai media menjadi tokoh penting untuk mencari dan menggali ilmu pengetahuan itu. Jurnal Media Kebidanan (JMK) telah terbit dan menjadi media informasi dalam tujuh tahun terakhir sejak Oktober 2010, yang memuat artikel-artikel hasil penelitian yang dilaksanakan dalam konteks terkait dengan kehamilan, persalinan, nifas, neonatal, bayi, balita, anak, remaja, manula, kependudukan dan Keluarga Berencana, serta berbagai aspek Kesehatan Reproduksi, serta permasalahan berspektif Gender.JMK di review oleh ahli yang berkompeten di bidang ke ilmuan yang dikembangkan guna mendorong tumbuhnya minat bagi penulis dan peneliti dari berbagai pihak sesuai bidang yang dikelola dalam JMK ini, untuk dapat menjadikan wadah dalam mengembangkan sumber referensi guna mendukung terciptanya pelayananan Kebidanan yang berbasis “Evidence Based Practice

View Journal | Current Issue | Register

Jurnal Pengabdian Kefarmasian

Jurnal Pengabdian Kefarmasian menerima publikasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kefarmasian. Jurnal Pengabdian Kefarmasian ini bertujuan untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang layanan masyarakat selain itu  Jurnal ini juga berisi berbagai kegiatan dalam menangani dan mengelola berbagai potensi, hambatan, tantangan, dan masalah yang ada di masyarakat. Implementasi kegiatan layanan juga melibatkan partisipasi masyarakat dan mitra. Kegiatan pelayanan diorganisasikan menjadi kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Jurnal Pengabdian Kefarmasian khususnya berfokus pada masalah utama dalam pengembangan ilmu bidang layanan masyarakat sebagai berikut:

  1. Layanan Komunitas Masyarakat dan Ketahanan Pangan Lokal;
  2. Pelatihan, Pemasaran, Desain Teknologi Tepat Guna;
  3. Pemberdayaan Masyarakat dan Akses Sosial;
  4. Layanan Wilayah Perbatasan, Wilayah Kurang Maju;
  5. Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan.

 

View Journal | Current Issue | Register