HUBUNGAN HIGIENE SANITASI DENGAN KEBERADAAN TELUR CACING PADA LALAPAN KUBIS DI WARUNG MAKAN SARI LAUT SEPANJANG JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN KOTA MAKASSAR

Haderiah haderiah, Febriyanti Ramadhani

Abstract


Penerapan higiene sanitasi yang buruk sering ditemukan pada pedagang makanan seperti kurangnya penerapan higiene personal penjamah, cara pengolahan, penyimpanan dan penyajian yang kurang baik terutama pada saat akan mengolah sayuran seperti lalapan sehingga masyarakat perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi lalapan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan higiene sanitasi dengan keberadaan telur cacing pada lalapan kubis di warung makan sari laut sepanjang jalan Perintis Kemerdekaan kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional dimana variabel bebas dan variabel terikat dibandingkan secara bersamaan untuk mengetahui hubungan antara variable – variable tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan higiene personal penjamah dengan keberadaan telur cacing (sig = 0,683 ; t hitung = 0,411), ada hubungan pengolahan dengan keberadaan telur cacing (sig = 0,038 ; t hitung = 2,138), tidak ada hubungan penyimpanan makanan dengan keberadaan telur cacing (sig = 0,767 ; t hitung = 0,298), dan tidak ada hubungan penyajian dengan keberadaan telur cacing (sig = 0,785 ; t hitung = 0,275). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah adanya hubungan pengolahan dengan keberadaan telur cacing, dan tidak ada hubungan higiene personal penjamah, penyimpanan, dan penyajian makanan dengan keberadaan telur cacing pada lalapan kubis. Saran bagi penjamah makanan agar menjaga kebersihan diri, kebersihan tempat, peralatan dan bahan sayuran kubis pada saat pengolahan.

Kata Kunci : Higiene personal penjamah, sanitasi makanan, telur cacing, lalapan kubis.

Full Text:

PDF

References


Andi Tri Rezki Amaliah dan Azriful. 2016. Distribusi Spasial Kasus Kecacingan (Ascaris lumbricoides) Terhadap Personal Higiene Anak Balita Di Pulau Kodingareng Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar Tahun 2016. Higiene Jurnal Kesehatan Lingkungan. 2 (2): 75. (online). http://www.journal.uin-alauddin.ac.id. Diakses 17 Oktober 2017.

Cecep Dani Sucipto. 2015. Keamanan Pangan Untuk Kesehatan Manusia. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Koes Irianto. 2011. Parasitologi. Bandung: CV. Yrama Widya.

Laila Nailul Muna. 2016. Analisis Pengetahuan, Sikap, Dan Tindakan Praktik Tentang Keamanan Pangan Penjamah Makanan Kantin DiDalam Kampus Institut Pertanian Bogor. Skripsi, Fakultas Ekologi Manusia Institus Pertanian Bogor. Bogor. (online). https://repository.ipb.ac.id>handle. Diakses 23 Juni 2018.

Lamri. 2016. Pemeriksaan Telur Cacing Nematoda Usus Lalapan Mentah Di Warung Makan Di Samarinda. Mahakam Medical Laboratory Technology Journal. 1 (1): 3. (online). http://ejournalanalis.poltekkes-kaltim.ac.id. Diakses 26 September 2017.

Niluh Ita Pasyanti, Fitria Saftarina, dan Evi Kurniawaty. 2015. Pengaruh Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan Siswa Kelas 4,5 dan 6 Dalam Upaya Pencegahan Kecacingan Di SDN 2 Keteguhan Teluk Betung Barat. Jurnal Majority. 4 (5): 36. (online). http://juke.kedokteran.unila.ac.id. Diakses 15 Oktober 2017.

Republik Indonesia. 2015. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 97 tentang Kesehatan Dalam Kerangka SDGs.

Suhintam Pusarawati, dkk. 2013. Atlas Parasitologi Kedokteran. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Umar Z. 2008. Perilaku Cuci Tangan Sebelum Makan dan Kecacingan pada Murid SD di Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional. 2 (6): 252. (online). http://media.nelti.com. Diakses 9 Juli 2018.

Umi Alfiani, dkk. 2018. Hubungan Higiene Personal Pedagang Dan Sanitasi Makanan Dengan Keberadaan Telur Cacing STH Pada lalapan Penyetan Di Pujasera Simpanglima Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 6 (1): 687-693. (online). http://ejournal3.undip.ac.id/. Diakses 23 Juni 2018.

Widiyanto Joko. 2012. SPSS For Windows. Badan Penerbit-FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta. (online). http://www.konsistensi.com. Diakses 27 Februari 2018.

Yuni Febriyanti. 2017. Identifikasi Soil Transmiteed Helminths (STH) Pada Lalapan Kubis (Brassica oleracea var capitata) Dan Kemangi (Ocimum tenuiflorum) Di Warung Makan Kecamatan Selaparang Kota Mataram. Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Kesehatan. 3 (2): 83. (online). www.lppm-mfh.com. Diakses 23 Juni 2018.

Yulia. 2016. Higiene Sanitasi Makanan, Minuman Dan Sarana Sanitasi Terhadap Angka Kuman Peralatan Makan Dan Minum Pada Kantin. Jurnal Vokasi Kesehatan. 2 (1): 56. (online). http://ejournal.poltekkes-pontianak.ac.id. Diakses 17 November 2017.




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v18i2.1151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia