ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KELELAHAN KERJA PADA PEKERJA MEBEL DI KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR

Mulyadi Mulyadi, Nurhajja Arminah

Abstract


Industri mebel merupakan industri yang banyak menyerap tenaga kerja baik wanita maupun pria dan merupakan salah satu usaha yang memiliki risiko kesehatan yang sangat tinggi terutama dalam hal kelelahan kerja.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kelelahan kerja pada pekerja mebel di Kecamatan Manggala Kota Makassar. Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian survei analitik dengan pendekatan Cross Sectional dengan menggunakan uji statistik berupa Chi Square dengan sampel sebanyak 30 pekerja dari 15 industri mebel. Data didapatkan melalui pengisian kuesioner, serta pengukuran terhadap kelelahan kerja pada pekerja mebel dengan menggunakan alat Reaction Timer.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh masa kerja dengan kelelahan kerja (p=0,030). Ada pengaruh lama kerja dengan kelelahan kerja (p=0,002). Ada pengaruh beban kerja dengan kelelahan kerja (p=0,008) dan tidak ada pengaruh penggunaan alat pelindung diri dengan kelelahan kerja (p=0,103).

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh antara masa kerja dengan kelelahan kerja. Ada pengaruh lama kerja dan beban kerja dengan kelelahan kerja, dan tidak ada pengaruh antara penggunaan alat pelindung diri dengan kelelahan kerja. Saran bagi pengelola dan pekerja industri mebel yaitu harus mengatur dan menerapkan waktu jam kerja selama 8 jam perhari agar pekerja mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

 Kata Kunci : Pekerja Mebel, Kelelahan Kerja.


Full Text:

PDF

References


A.M Sugeng Budiono, 2003. Hiperkes dan Kesehatan Kerja. (online). http://www.google.book.ac.id. Semarang: Badan Penerbit UNDIP. Diakses 25 Juni 2018.

Melati Srini, 2013. Hubungan Antara Umur, Masa Kerja dan Status Gizi dengan Kelelahan Kerja Pada Pekerja Mebel di CV. Mariska Desa Leilem Kecamatan Sonder Kabupaten Minahasa. (online). http://www.fkm.unsrat.ac.id. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Notoatmodjo Soekidjo. 2011. Kesehatan Masyarakat: Ilmu dan Seni. Cetakan ke-2. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurmianto, 2004. Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya Edisi Pertama. Surabaya: Guna Widya

Republik Indonesia 2003. Undang Undang Nomor 13 Tentang Ketenagakerjaan.

Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang No. 36 Tentang Kesehatan.

Republik Indonesia, 2010. Peraturan Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi RI Nomor 08 Tentang Alat Pelindung Diri.

Republik Indonesia, 2016. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 70 Tentang Standar dan Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Industri.

Setyawati, 2010. Selintas Tentang Kelelahan Kerja. Yogyakarta: Amara Books.

Suma’mur, 2014. Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: Sagung Seto.

Tarwaka, 2014. Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Surakarta: Harapan Press




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v18i2.1155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia