FAKTOR–FAKTOR DALAM KEPEMILIKAN JAMBAN KELUARGA TERHADAPKEBIASAAN BUANG AIR BESAR DISEMBARANG TEMPAT DI DESA BULU ULAWENG KECAMATAN PATIMPENG KABUPATEN BONE

lataha lataha, Hastikawati Hastikawati

Abstract


Pembuangan tinja manusia merupakan bagian yang penting dalam sanitasi lingkungan. Pembuangan tinja manusia yang tidak memenuhi syarat sanitasi dapat menyebabkan terjadinya pencemaran tanah serta penyediaan air bersih, dan memicu hewan vektor penyakit, misalnya lalat, tikus atau serangga lain untuk bersarang, berkembang biak serta menyebarkan penyakit.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui keterkaitan pengetahuan, sikap, pendidikan dan pendapatan masyarakat dengan kepemilikan jamban keluarga terhadap kebiasaan buang air besar disembarang tempat di Desa Bulu ulaweng Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif, yang menjadi populasi adalah kepala keluarga yaitu 179 KK dan jumlah sampel yaitu 99 KK.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 99 responden ada 70,7 % yang berpengetahuan tinggi dan 29,3 % yang berpengetahuan rendah, 80,8 % yang bersikap baik dan 19,2 % yang bersikap buruk, 15,2 % yang berpendidikan tinggi dan 84,8 % yang berpendidikan rendah, masing – masing 1 % yang berpendapatan sangat tinggi dan tinggi, 18,2 % yang berpendapatan sedang serta 79,8 % yang berpendapatan rendah.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa tingkat pengetahuan dan sikap memiliki keterkaitan terhadap kepemilikan jamban keluarga.Sedangkan tingkat pendidikan dan pendapatan tidak memiliki keterkaitan terhadap kepemilikan jamban keluarga.

Kata kunci :Jamban, Pengetahuan, Sikap, Pendidikan, Pendapatan

Full Text:

PDF Check Plagiarism

References


Notoatmodjo, Soekidjo. 2014. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Proverawati, Atikah dan Eni Rahmawati.2012,Perilaku Hidup bersih dan Sehat. Yogyakarta :Nuha Medika.

Slamet, Juli Soemirat. 1994. Kesehatan Lingkungan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Suharno.2015. Hubungan Pengetahuan, Tingkat Pendidikan Dan Status Ekonomi Dengan Ketersediaan Jamban Keluarga Di Desa Cidenok Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Sumberjaya Kabupaten Majalengka Tahun 2015.(Online), (ejournal.stikesypib.ac.id/file.php, diakses 22 Desember 2017).

Suyono Dan Budirman, 2010. Ilmu Kesehatan Masyarakat Dalam Konteks Kesehatan Lingkungan. Buku Kedokteran EGC.

Taha,La H.Abdurrivai,A,Ruhban, Haderiah, 2013,Kajian tingkat KualitasPermukiman kumuh Berdasarkan Kondisi Sarana Sanitasi di Kelurahan Banta-bantaeng Kecamatan Rappocini Kota Makassar : Sulolipu,No.25 Tahun XX Vol.1.Januari-Juni 2013 Hal.94-104.

Widyastutik, Otik. 2016. Faktor yang Berhubungan Dengan Kepemilikan Jamban Sehat Di Desa Malikian, Kalimantan Barat:Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pontianak. (Online),(https://jurnal.unej.ac.id/index.php/IKESMA/article/download/5223/3956/, diakses 12 Desember 2017).




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v19i2.1219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia