ANALISIS KANDUNGAN LOGAM BERAT TIMBAL (Pb) PADA JAJANAN GORENGAN DI KOTA MAKASSAR

A.Nurul Fitrah Kahar Bella Kahar Bella, Erlani Rappe

Abstract


ABSTRAK

Timbal adalah partikel-partikel debu yang dihasilkan dari emisi kendaraan bermotor. Timbal (Pb) adalah logam yang mendapat perhatian karena bersifat toksik melalui makanan, minuma, udara, air, serta debu yang tercemar timbal. Inseksitas timbal bisa terjadi melalui jalur oral, lewat makanan, dan minuman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kadar timbal pada jajanan gorengan di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan observasional pendekatan deskriptif. Jumlah sampel yang digunakan adalah 24 sampel yakni sampel gorengan bakwan, sampel gorengan pisang dan sampel minyak goreng yang diambil pada delapan lokasi yang sama. Data yang diperoleh dari hasil observasi dilapangan dan pemeriksaan laboratorium dalam penelitian ini akan disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kandungan timbal pada jajanan gorengan di Kota Makassar untuk nilai kadar timbal tertinggi gorengan bakwan yaitu 6,3397 mg/kg, untuk sampel gorengan pisang nilai kadar timbal tertinggi yaitu 8,7637 mg/kg dan untuk sampel minyak goreng yang digunakan nilai kadar timbal yaitu < 0,10 mg/kg. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu kandungan timbal pada jajanan gorengan di Kota Makassar sesuai dengan peraturan tidak memenuhi syarat untuk jajanan gorengan berdasarkan BPOM RI Nomor HK.00.06.1.52.4011 yaitu 0.25 mg/kg. dan pemeriksaan kandungan timbal pada minyak goreng memenuhi syarat sesuai dengan peraturan berdasarkan SNI 01-3741-2002 yaitu 0,1 mg/kg. Diharapkan bagi pedagang kaki lima yang menjual dipinggir jalan agar jajanan gorengan yang dijual dalam kondisi tetutup untuk meminimalir terpaparnya timbal.

 

Kata Kunci : Timbal (Pb), Gorengan, Minyak Goreng


Full Text:

PDF Plagiarism Check

References


DAFTAR PUSTAKA

Anwar Azrul, Prihartono Joedo. 2014. Metodologi Penelitian. Tangerang : Binarupa Aksara Publisher.

Anwar, dkk.1987.Pedoman Bidang Studi Sanitasi Makanan Dan Minuman.Pusat Pendidikan Tenaga Sanitasi Kesehatan Departemen Kesehatan RI.

Darmono. 1995. Logam Berat Dalam Sistem Biologi. Jakarta : UI Press.

Girsang, E. 2008.Hubungan Kadar Timbal di Udara Ambien dengan Timbal Dalam Darah pada Pegawai Dinas Perhubungan Terminal Antar Kota Medan.TESIS Paca Sarjana. Universitas Sumatera Utara. (Online). http://repository.usu.ac.id. (diakases pada 15 Mei 2019)

Indah Rahmadana. 2017. Analisis Konsentrasi Karbon Monoksida (CO) Dan Sulfur Dioksidasi (SO2) Udara Pada Sumber Bergerak Di Jalan A.P. Pettarani Dan Jalan Rappocini Raya Kota Makassar.Politeknik Kesehatan Makassar Jurusan Kesehatan Lingkungan.SKRIPSI (Tidak dipublikasikan).

Palar, Heryando.1994. Pencemaran Dan Toksikologi Logam Berat.Jakarta : Rineka Cipta. (Online). https://www.coursehero.com. (Diakases pada 19 Desember 2018).

Rapotan Hasibuan. 2012 Analisa Kandungan Timbal (Pb) Pada Minyak Sebelum dan Sesudah Penggorengan yang digunakan Pedagang Gorengan Gorengan Sekitar Kawasan Traffic Light Kota Medan.Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Medan Utara.http://id.123.dok.com(diakses pada 13 Januari 2019)

Sediaoetama, A.D. 1989. Ilmu Gizi.Jakarta : Dian Rakyat.

Suci Anggraini. 2012. Faktor Lingkungan Dan Faktor Individu Hubungannya Dengan Konsumsi Makanan Pada Mahasiswa Asrama Universitas Indonsia Depok.Skripsi.Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Depok. (Online) http://lib.ui.ac.id(Diakses pada 10 Januari 2019)

Sudarmadji, J. Mukono, dan I.P. Corie. 2006. Toksikologi Logam Berat B3 dan Dampaknya Terhadap Kesehatan. Jurnal vol (5) No. 15. Kesehatan Lingkungan.http://www.journal.unair.ac.id(Diakses 23 Desember 2018)

Wardhana, W.A. 2001.Dampak Pencemaran Lingkungan. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta.

Winarto, FG dan T.S. Rahayu.1994. Bahan Tambahan untuk Makanan dan Kontaminan.Jakarta : Pustaka Sinar Harapan




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v20i1.1441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia