HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PETANI PADI DENGAN PENGGUNAAN APD DI DESA PAKKA’BA KECAMATAN GALESONG UTARA KABUPATEN TAKALAR

Abdur Rivai

Abstract


Pertanian  merupakan salah satu bidang terpenting dalam pemenuhan kebutuhan untuk masyarakat. Hasil dari pertanian tersebut sebagian besar digunakan sebagai bahan pangan pokok masyarakat di indonesia, sehingga penggunaan pestisida secara besar-besaran dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Untuk meminimalisir gangguan kesehatan tersebut dengan satu upaya yaitu penggunaan APD yang lengkap.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan pengetahuan dan sikap petani dengan penggunaan APD di Desa Pakka’ba Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan Cross Sectional, yaitu variabel dependen dan variabel independen diukur secara bersamaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh petani padi yang ada Di Desa Pakka’ba Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar yaitu 300 petani, dengan sampel 171 petani. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan rumus Slovin dan pengambilan data dilakukan menggunakan metode simple random sampling.

Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji Chi Square dengan SPSS, Microsoft excel,Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan uji Chi Square dari analisis Continuity Corection yang diperoleh adalah p value 0,00 ( p value >0,05 ) pada pengetahuan dan p value 0,00 ( p value >0,05 ) pada sikap, dan dikatakan ada pengaruh terhadap petani di Desa Pakka’ba Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar.

 Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan dan sikap penggunaan alat pelindung diri pada petani padi di Desa Pakka’ba Kecamatan Galesong Utara Kabupaen Takalar. Pemahaman dan kesadaran petani tentang APD perlu ditingkatkan melalui peyuluhan,simulasi, dan pelatihan.

 

Kata kunci : Petani Padi, Alat Pelindung Diri, Pengetahuan dan Sikap


Full Text:

PDF Plagiarism Check

References


AlifWijayanti, 2012. Hubungan antara tingkat pengetahuan tentang bahaya pestisida dengan kebiasaan petani menggunakan alat pelindung diri ( APD ) ketika menyemprot padi di desa laban kecamatan mojo laban. Karya Tulis ilmiah .Jurusan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Eva F. Gudgin Dickson.2012.Personal Protective Equipment for Chemical, Biological, and Radiological Hazards :Design, Evaluation, and Selection. Canada :Jhon Wiley & Sons, inc

Faris Khmdani, 2009. Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Dengan Alat Pelindung Diri Dari Pestisida Semprot Pada Petani Di Desa Angkatan Kidul Pati.

Fauzan,Alimah.2017.Perempuan Paling Rentan Terpapar Racun Pestisida.(online) https://infest.or.id › Berita › CatatanPengetahuan, diaksespada 23 November 2017.

Frity. 2017. Faktor-faktor Keterpaparan Pestisida Pada Petani Tanaman Hortikultura Di Perkebunan Wawo Kota Tomohon 2017.( online ) https://ejournalhealth.com/index.php/kesmas

Faijin,Akbar. 2018. Hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan pemakaian APD ( AlatPelindungDiri ) pada petani bawang merah. Skripsi jurusan kesehatan masyarakat fakultas kesehatan universitas muhammadiyah Surakarta. Surakarta

HeidyManggopaDkk. 2016.Hubungan antara pengetahuan dan sikap terhadap penggunaan alat pelindung diri pada petani pengguna pestisida di desakembang sari kecamatan dumoga timur kabupaten bolaang mongondow Provinsi Sulawesi Utara.

Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Republik Indonesia.2010. Peraturan Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor Per.08/Men/Vii/2010 Tentang Alat Pelindung Diri. (online)https://betterwork.org/in-labourguide, diaksespada 23 November 2017.

MG CaturYuantari. 2013. Tingkat pengetahuan petani dalam menggunakan pestisida, tahun 2013

Nurmin.2018. Perilaku Petani Penyemprotan Pestisida Terhadap Penggunaan Alat Pelindung Diri di Desa Tonrong Rijang Kecamatan Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang.Karya Tulis ilmiah.Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Makassar.

Rahmawati, YevianaDwi. 2014. Pengaruh Faktor Karakteristik Petani dan Metode Penyemprotan terhadap Kadar Kolinesterase. (online)journal.unair.ac.id, diaksespada 23 November 2017.

Rifai, Usman. 2017. Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Petani Padi Di Dukuh Sodong Kelurahan Purwosari Kecamatan Mijen Kota Semarang tahun 2017. (online)eprints.dinus.ac.id/22506, diaksespada 23 November 2017.

Rario, B, Kastro, dan Su Ritohardoyo.2005. Persepsi dan Perilaku Petani dalam Penanganan Resiko Pestisida pada Lingkungan di Kelurahan Kelampungan Kecamatan Sabangau Kota Palangka Raya.Jurnal Manusia dan Lingkungan.Pusat studi Lingkungan Hidup universitas Gajah Mada.

Shobib, Muhammad Nur, dkk. 2013. Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap dengan Praktik Pemakaian (APD) Alat Pelindung diri Pada Petani Pengguna Pestisida di Desa Curut Kec Penawangan Kab GroboganTahun 2013. (online)Eprints.dinus.ac.id,diaksespada 23 November 2017.

Soekidjo Notoatmodjo .2014. Ilmu Perilaku dan Kesehatan Kerja. Yogyakarta: Deepublish

Wismaningsih, Endah Retnani dan DiantiIas Oktaviasari. 2015. Faktor yang Berhubungan dengan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) pada Petani Penyemprot di Kecamatan Ngantru KabupatenTulung agung. (online)https://ojs.iik.ac.id, diaksespada 23 November 2017.




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v20i1.1442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia