EFEKTIVITAS METODE GABUNGAN MEDIA FILTER CANGKANG KERANG (Anadara granosa) DAN KARBON AKTIF UNTUK MENURUNKAN Fe DAN ZAT ORGANIK AIR BERSIH

Dian Indah Pratiwi, Rasman rasman

Abstract


Sumber air merupakan salah satu komponen utama yang ada pada suatu sistem peyediaan air bersih, karena tanpa sumber air maka suatu sistem penyediaan air bersih tidak akan berfungsi. Air dengan kualitas buruk salah satunya disebabkan oleh pencemaran besi dan zat organik. Salah satu cara yang sederhana yang dapat digunakan adalah dengan pengolahan air yaitu dengan cara filtrasi (penyaringan) dengan menggunakan media penyaring cangkang kerang darah (Anadara granosa), karbon aktif dan kombinasi media cangkang kerang-karbon aktif.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode media filter cangkang kerang (Anadara granosa) dan karbon aktif untuk menurunkan Fe dan Zat organik air bersih. Jenis penelitian ini yaitu experiment semu dengan rancangan pretes-posttest with control group design, dan dilakukan dengan tiga kali replikasi. Data hasil penelitian dan pemeriksaan Laboratorium kemudian diolah dan dianalisis menggunakan uji statistic One way anova. Hasil untuk kadar Fe dan zat organik pada air sumur gali sebelum pengolahan adalah 3,23 mg/l dan 51,38 mg/l dan setelah pengolahan dengan media cangkang kerang adalah 0,22 mg/l dan 634,94 mg/l, dengan media karbon aktif adalah 0,14 mg/l dan 36,33 mg/l dengan, dengan kombinasi media cangkang kerang-karbon aktif adalah 0,23 mg/l dan 23,32 mg/l. Penurunan Fe dengan media cangkang kerang,karbon aktif dan kombinasi efektif sedangkan dalam penurunan zat organik tidak efektif. Bagi masyarakat, pengolahan air ini dapat diterapkan dalam skala rumah tangga dan bagi peneliti lain dapat membuat variasi lain seperti ketebalan media yang digunakan.

 

Kata Kunci : Filtrasi, Cangkang Kerang, Kabon Aktif, Besi dan Zat Organik


Full Text:

PDF Plagiarism Check

References


Aliya, D.R. 2010. Mengenal Teknik Penjernihan Air. Semarang: Aneka Ilmu.

Asmadi, Khayan, Heru Subaris Kasjono. 2011. Teknologi Pengolahan Air Minum. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Chandra, Budiman. 2006. Pengantar Kesehatan Lingkungan. Jakarta: EGC.

Effendi, Hefni. 2003.Telaah Kualitas Air. Yogyakarta: Kanisius.

Fakhrurroja, Hanif. 2010. Membuat Sumur Air Di Berbagai Lahan. Jakarta: Griya Kreasi.

Joko Tri. 2010. Unit Produksi Dalam Sistem Penyediaan Air Minum. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kusnaedi. 2010. Mengolah Air Kotor Untuk Air Minum. Jakarta: Penebar Swadaya.

Luthfiah, Vivi. Asmadi. dan Taufik Anwar. 2015. Perbedaan Efektivitas Sistem Up flow dan Down flow Filtrasi menggunakan Media Shell dan Karbon Aktif dalam menurunkan Level Besi (Fe) pada Air Sumur Gali Di Perumahan Star Borneo Residence 7 Pontianak Timur Sanitarian Jurnal Kesehatan. Volume 7, Nomor 2 : 158-164.

Mulyani, Happy. 2017. Penuntun Praktik Analisis Dan Optimasi System Penyehatan Air Minum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pradana, Tedy Dian. Suharno. dan Ardan Kamarullah. 2018. Efektivitas Koagulan Bubuk Kapur dan Filtrasi dengan Metode Up Flow dan Down Flow untuk Menurunkan Fe. Jurnal Kesehatan Masyarakat Khatulistiwa JKMK. Volume 5, Nomor 1 : 32-41. (online). http://openjournal.unmuhpnk.ac.id/. Diakses 5 Desember 2018.

Purba, Adi Syahputra. 2018. Pembuatan dan Karakterisasi Filter Pemurnian Hidrogen Berbasis Zeolit dengan Filler Serbuk Shell Darah (Anadara granosa). Tesis. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara. Medan. (online). http://repositori.usu.ac.id/. Diakses 17 Desember 2018.

Putra, Yulianto Laksono. Abdul Aziz Abdullah. dan Wawan Hermawan. 2013. Pengolahan dan Penjernihan Air dengan Memanfaatkan Media Shell Bulu. Sains dan Matematika ISSN. Voume 1, Nomor 2 : 69-75. (online). https://journal.unesa.ac.id/. Diakses 5 Desember 2018.

Rahmawanti, Novi. dan Novrian Dony. 2016. Studi Arang Aktif Tempurung Kelapa Dalam Penjernihan Air Sumur Perumahan Baru Daerah Sungai Andai. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 7 (2) : 87-88. (online). https:ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/JST/article/view/438. Diakses 27 Desember 2018.

Sutrisno, Totok. 2006. Teknologi Penyediaan Air Bersih. Jakarta: Rineka Cipta.

Wibowo, Adik. 2014. Metodologi Penelitian Praktis. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v20i1.1473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia