KEMAMPUAN LILIN ANTI NYAMUK DARI KULIT JERUK BALI (CITRUS MAXIMA) DALAM MEMATIKAN NYAMUK

Hasriani Hasriani, Ashari Rasjid

Abstract


Keberadaan nyamuk di lingkungan masyarakat sangatlah mengganggu, karena perilaku nyamuk  yang menggigit dan juga membawa bibit penyakit, seperti demam berdarah, malaria, chikungunya, dan lainnya. Terutama pada musim penghujan, nyamuk berkembang biak dengan sangat pesat.Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kemampuan ekstrak kulit jeruk bali (citrus maxima) untuk membasmi nyamuk. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen murni (True eksperimental), yaitu untuk mengetahui kemampuan kulit jeruk bali (Citrus maxima) sebagai lilin aromaterapi anti nyamuk dalam mebunuh nyamuk. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah nyamuk yang bergerak aktif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 20 ekor nyamuk. Analisa dengan tabel terhadap rata-rata kematian nyamuk dengan 3 kali replikasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: lilin anti nyamuk dari kulit jeruk bali dengan konsentrasi 40% mampu mematikan nyamuk sebesar 25%, pada konsentrasi 50% mampu mematikan nyamuk sebesar 25%, pada konsentrasi 60% mampu mematikan nyamuk sebesar 40%, pada konsentrasi 70% mampu mematikan nyamuk sebesar 45%, pada konsentrasi 80% mampu mematikan nyamuk sebesar 50%.Kesimpulan yang didapatkan yaitu lilin anti nyamuk dari kulit jeruk bali tidak ada yang mampu dalam mematikan nyamuk, karna tidak memenuhi kriteria lethal consentration 50%, seluruh konsentrasi yang digunakan kurang dari LC50. Disarankan agar menambah ukuran lilin agar lilin menyala lebih lama dan menambahkan zat pengikat agar bau pada lilin anti nyamuk tidak menguap dengan cepat saat digunakan di ruangan yang lebih luas.

Kata Kunci                   : Kulit Jeruk Bali, Lilin Anti Nyamuk, Nyamuk

Full Text:

PDF Plagiarism Check

References


Adji Suranto. 2007. Terapi Madu. Jakarta: Niaga Swadaya. (online). https://books.google.co.id/books?id=dmuirXKmdBcC&pg=PA101&dq=lilin+lebah&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwj0qMeVJ7fAhUHv48KhdKrABMQ6AEIMjAC#v=onepage&q=lilin%20lebah&f=false. Diakses 14 Desember 2018.

Andi Aldi Matoro Putra. Dkk. 2014. Pemanfaatan Kulit Jeruk Bali (citrus maxima) Dan Serai (cymbopogon nardus) Sebagai Bahan Dasar Mat Obat Nyamuk Elektrik Yang Aman Bagi Kesehatan. Program Kreatiftas Mahasiswa. Universitas Tadulako. Palu. (online). andialdiempe.blogspot.com/2014/03/pemanfaatan-kulit-jeruk-bali-citrus.html. Diakses 20 Desember 2018.

Arda Dinata. 2018. Kesehatan Lingkungan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Dantje T Sembel. 2009. Entomologi Kedokteran. Yogyakarta: Andi.

Dayat Suryana. 2018. Manfaat Buah: Manfaat Buah-Buahan.Bandung:Dayat Suryana Independent. (online). https://books.google.co.id/books?id=MuR0DwAAQBAJ. Diakses 13 Desember 2018.




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v20i1.1477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia