Hubungan Kondisi Rumah Dengan Kejadian Penyakit TBC Paru Di kelurahan Baraya Kecamatan Bontoala Kota Makassar

Andi Ruhban, Indah Dwi Lestary, A.AR.Rakhmansya Iskandar

Abstract


Tuberkulosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi Mycobacterium tuberkulosis. Umumnya setelah masuk ke dalam tubuh melalui rongga pernapasan, bakteri ini akan menuju ke paruparu.Tetapi bukan hanya di paruparu,bakteri ini juga dapat menuju organ tubuh lain,seperti ginjal, limpa, tulang dan otak.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Hubungan antara kejadian penyakit Tuberculosis paru dengan beberapa faktor kondisi rumah yaitu Kepadatan penghuni, Kamarisasi, Ventilasi, suhu, kelembaban, dan pencahayaan . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional dengan pendekatan Cross Sectional. Dengan Uji Chi-Square, adapun sampel dalam penelitian ini yaitu 65 rumah.

Hasil dari penelitian ini didapatkan kepadatan penghuni yang memenuhi syarat (p=0,000), Ventilasi yang memenuhi syarat (p=0,000), Suhu yang memenuhi syarat (p=0,000), Kelembaban yang memenuhi syarat (p=0,000), Pencahayaan yang tidak memenuhi syarat (p=0,757).

Kesimpulan yang didapatkan yaitu ada hubungan yang signifikan antara TBC paru dengan Kepadatan penghuni, Kamarisasi, Ventilasi, Suhu,dan Kelembaban,Tidak ada hubungan antara TBC paru dengan Pencahayaan terhadap kejadian penyakit Tuberculosis Paru . Maka itu disarankan untuk mengadakan penyuluhan tentang bahaya serta penanganan penyakit Tuberculosi Paru secara rutin.

Kata kunci : Kondisi rumah, Kejadian penyakit TBC paru


Full Text:

PDF Plagiarism Check

References


Akyowen Albert, 2012. Hubungan Kondisi Fisik Rumah Terhadap Kejadian TB paru di Wilayah Kerja Puskesmas Piru Kecamatan Seram Barat Kabupaten Seram bagian Barat. Skripsi. Makassar: Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (diakses 1 januari 2019)

Chandra Budiman, 2014. Pengantar kesehatan Lingkungan. Jakarta:EGC

Desi.2017. Hubungan Kondisi Rumah Dengan Kejadian Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan (ISPA) Akut Di Desa Tinggimae Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa. Makassar..Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Makassar. (Skripsi Tidak Diterbitkan)

Dinas Kesehatan . 2015.Profil Kesehatan Sulawesi Selatan. Makassar :

Dinas Kesehatan Kota Makassar . 2017.Profil Kesehatan Kota Makassar

Kemenkes RI. 2017.Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Mundiantun dan Darianto, 2018. Sanitasi Lingkungan (pendidikan lingkungan hidup) Yogyakrta: Gavamedia

Masriadi, 2014. Epidemologi Penyakit Menular. Depok: PT. Raja Bravindo Persada

Maqfira, 2017. Faktor Resiko Kejadian TB paru di Wilayah Kerja Puskesmas Libbukang Tuppabireng Kabupaten Pangkep. Makassar: Fakultas kedokteran dan Ilmu kesehatan Universitas Alauddin Makassar. (Skripsi Tidak Diterbitkan)

Muaz Faris, 2014. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kejadian Tuberculosis Paru Basil talian asam positif di Puskesmas di Wilayah Kecamatan Serang Kota Serang : Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulla (diakses 3 januari 2019)

Nizar Muhammad, 2017. Pemberantasan dan Penangulangan Tuberculosis. Yogyakarta: Gosyen publishing

Notoatmojo Soekidjo, 2011. Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta: PT Rineka Cipta

Pangastuti Muji Elena,2015. Hubungan Kondisi Lingkungan Fisik Rumah dan Kontrak Serumah dengan Penderita TB dengan Kejadian TB paru BTA positif. Semarang: Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Keolaragaan Universitas Negeri Semarang (diakses 1 januari 2019)

Riviwanto Muhchsin et all, 2011. Penyehatan Permukiman. Yogyakarta: Gosen Publishing

Republik Indonesia, tentang Pedoman penyehatan udara dalam ruangan rumah Menteri Kesehatan Republic Indonesia nomor 1077/menkes/per/v/2011

Republik Indonesia.tentang Persyaratan kesehatan perumahan keputusan Menteri kesehatan republik Indonesia nomor 829/menkes/sk/VII/1999

Santoso Imam, 2015. Kesehatan Lingkungan Permukiman Perkotaan. Yogyakarta: Gosyen publishing

Sari Ratna Aris, 2016. Hubungan Antara Sanitasi Rumah dengan Kejadian TB paru pada Anak di Wilayah Kerja Puskesmas Wedung Kabupaten Demak. Semarang: Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Keolaragaan Universitas Negeri Semarang (diakses 1 januari 2019)

Supranto J, 2016. Statistik Teori Dan Aplikasi, Jakarta : Erlangga

Suprapto Haddy, 2017. Metodologi Penelitian Untuk Karya Ilmiah. Jatirejo : Gosyen Publising

Wahyuni Sahani. dkk. 2017. Panduan Penulisan Proposal Penelitian dan Skripsi. Makassar : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Politeknik Kesehatan Makassar Jurusan Kesehatan Lingkungan.




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v20i1.1501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia