Hubungan Kondisi Lingkungan Dengan Kepadatan Nyamuk Anopheles (Study Literatur)

Ashari Rasjid, Mukrim Mukrim

Abstract


Perubahan kondisi lingkungan (suhu udara, kelembapan dan curah hujan) merupakan hal penting yang harus di perhatikan dalam perkembang biakan nyamuk Anopheles. Kepadatan nyamuk Anopheles perlu diketahui dan harus diperhatikan untuk mencegah dan memotong penularan penyakit malaria.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kondisi lingkungan dengan kepadatan nyamuk Anopheles. Adapun jenis penelitian ini yaitu Studi Kepustakaan (library research). Penelitian dilakukan dengan teknik pengumpulan data (literature) sehingga dapat diketahui hubungan kondisi lingkungan dengan kepadatan nyamuk Anopheles.

Dari hasil analisa beberapa literatur yang telah didapat maka suhu udara sangat mempengaruhi panjang pendeknya siklus sporogoni atau masa inkubasi ekstrinsik maupun instriksik. Tinggi maupun rendahnya kelembapan akan mempengaruhi proses perkembangbiakan nyamuk Anopheles. Dan Hujan dapat menciptakan habitat untuk vektor tetapi juga dapat menyebabkan larva hanyut dan mati.

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan kondisi lingkungan dengan kepadatan nyamuk Anopheles. Saran kepada masyarakat agar dapat memperhatikan kondisi lingkungan sekitar sehingga dapat mencegah terjadinya kepadatan nyamuk Anopheles dan terhindar dari penularan penyakit malaria.

Kata kunci : Kondisi Lingkungan, Kepadatan Nyamuk, Anopheles.

Full Text:

Full Article PDF

References


Arlan. P. 2004. Malaria Mencegah dan Mengatasi. Niaga Swadaya. Jakarta.

Arsunan. Andi 2012. Malaria di Indonesia Tinjauan Aspek Epidemiologi. Jakarta.

Masagena Pres.

Ashari Rasyid, dkk. 2019. Panduan Penulisan Proposal Penelitian dan Skripsi. Makassar : Poltekkes Kemenkes Makassar Jurusan Kesehatan Lingkungan.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. 2013.

Penyajian Pokok-Pokok Hasil Riset Kesehatan Dasar. Jakarta.

BMKG, 2020. Peta Prakiraan Curah Hujan Dasarian III Januari 2020: Indonesia.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 1983. Malaria, Epidemiologi 1. Jakarta.

Dinkes SulBar. 2019. Data Penderita Malaria Lima Tahun Terakhir. Mamuju

Efraim, W. Mursid Raharjo. Nurjazuli. 2019. Analasis Spasial Karakteristik Lingkungan dan Dinamika Kepadatan Anopheles sp. Kaitannya dengan Kejadian Malaria di Kecamatan Seram Maluku. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia JKKL. 18 (1) : 13

Hamsir, et al. 2013. Pengendalian Vektor dan Binatang Pengganggu-A. Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Makassar. Makassar.

Hamsir, et. al. 2018. Modul Pengandalian Vektor dan Binatang Pengganggu – A. Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Makassar. Makassar.




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v2i20.1847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia