FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KELELAHAN PADA BURUH ANGKUT BARANG KAPAL PENUMPANG PELNIi DI PELABUHAN MURHUM KOTA BAU-BAU

lataha lataha, Devi Mardiana

Abstract


Pelabuhan sebagai sarana prasarana transportasi yang mendukung kelancaran sistem transportasi laut memiliki fungsi yang erat kaitannya dengan faktor-faktor sosial ekonomi. Pelabuhan berfungsi sebagai pusat perdagangan dan jasa, Pada setiap persinggahan kapal di pelabuhan terdapat buruh angkut barang dimana barang yang dibongkar dari kapal langsung diantar kepemilik barang sehingga menyebabkan kapal yang sandar membutuhkan waktu pembokaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kelelahan pada buruh angkut barang kapal penumpang pelni di Pelabuhan Murhum Kota Bau-Bau. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional dengan pendekatan Cross Sectional. Dengan Uji Chi-Square, adapun sampel dalam penelitian ini yaitu 75 orang.Hasil penelitian menunjukan tidak ada hubungan antara masa kerja dengan tingkat kelelahan yaitu (p=0,333), tidak ada hubungan antara umur dengan tingkat kelelahan yaitu (p=0,247), tidak ada hubungan antara lama kerja dengan tingkat kelelahan yaitu (p=0,495), dan ada hubungan antara sikap kerja dengan tingkat kelelahan yaitu (p=0,005).

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan yaitu tidak ada hubungan antara masa kerja dengan tingkat kelelahan, tidak ada hubungan antara umur dengan tingkat kelelahan, tidak ada hubungan antara lama kerja dengan tingkat kelelahan, dan ada hubungan antara sikap kerja dengan tingkat kelelahan. Peneliti menyarankan perlunya diadakan penyuluhan tentang bahaya kesehatan dan keselamatan kerja.

 

Kata Kunci : Tingkat Kelelahan, Buruh Angkut, Kapal Penumpang, Pelabuhan


Full Text:

Full Article PDF

References


Atiqoh, Januar. 2014. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelelahan Kerja Pada Pekerja Konveksi Bagian Penjahitan Di CV. Aneka Garment Gunungpati Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat Vol. 2/No. 2. (online). Diakses 20 November 2018.

Budiman, A. & Husaini, H. 2016. Hubungan Antara Umur Dan Indeks Beban Kerja Dengan Kelelahan Kerja Pada Pekerja Di PT Karias Tabing Kencana.http://www.neliti.com.(Diakses 19 November 2018)

Hariyati, Maulina. 2011. Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kelelahan Kerja Pada Pekerja Linting Manual Di PT. Djitoe Indonesia Tobacco Surakarta. Jurnal Kesmas. Surakata: Universitas Sebelas Maret.http://core.ac.uk.(Diakses 21 November)

Mahardika Putri. 2017. Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelelahan Kerja Pada Pekerja Pengisian Tabung Depot Lpg Pt.Pertamina (Persero) Mor Vii Makassar. Skripsi. Makassar : Fakultas kesehatan masyarakat universitas hasanuddin. (online). digilid. uhas.ac.id.>Digital collection. PDF.(Diakses 20 November 2018)

Setyawati, Ely. 2010. Identifikasi Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kelelahan Pada Tenaga Kerja Wanita Bagian Produksi LXVLXV Jahit Garment PT.Bilion Jakarta Pusat. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.http://fdokumen.com.(Diakses 22 November 2018)




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v21i1.2086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia