FAKTOR FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN KECACINGAN PADA ANAK PRASEKOLAH DI KELURAHAN MANGASA KOTA MAKASSAR

Elsa Novalia Jamal, Abdur Rivai

Abstract


Berdasarkan data pada tahun 2018 mengenai penderita kecacingan pada anak pra sekolah di kelurahamangasa, kecamatan tamalate, kota Makassar sebanyak 123 kasus kecacingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan kejadian kecacingan pada anak pra sekolah di kelurahan mangasa, kecamatan tamalate, kota Makassar. Dalam hal ini kebersihan kuku, mencuci tangan,kebiasaan memakai alas kaki. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional dengan cara pendekatan deskriptif. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 123 anak dengan metode random sampling. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase kuku anak pra sekolah yang bersih di kelurahan mangasa sebanyak 28.72%, persentase anak pra sekolah yang mencuci tangan di kelurahan mangasa sebanyak 13.82, dan persentase anak pra sekolah yang memakai alas kaki di kelurahan mangasa sebanyak 93.61%. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kebersihan kuku dan mencuci tangan memiliki hubungan dengan kejadian kecacingan pada anak pra sekolah di kelurahan mangasa sedangkan kebiasaan memakai alas kaki tidak berhubungan dengan kejadian kecacingan pada anak pra sekolah di kelurahan mangasa kota Makassar. Jadi diharapkan kepada pihak puskesmas setempat masih perlunya dilakukan penyuluhan kesehatan khususnya tentang kecacingan.

Kata kunci :kecacingan, anak pra sekolah

Keywords


kecacingan, anak pra sekolah

Full Text:

Full Article PDF

References


Agustaria Ginting. 2008. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Kecacingan Pada Anak

Sekolah Dasar Di Desa Tertinggal Kecamatan Pengururan Kabupaten Samosir Tahun

(online). (repository.usu.ac.id diakses 29 Desember 2018).

Ajen Angelina. 2017. Tumbuh kembang Anak Pra Sekolah Usia tiga samapi enam tahun. Kesehatan

Lingkungan. Oktober 2017. Hlm 1.(Online). (ajenangelina.com diakses 3 Januari 2019).

Andi Tri Reski, Azriful. 2016. Distribusi Spasial Kasus Kecacingan (Accaris Lumbricoides) terhadap Personal Hygiene Anak Balita di Pulau Kodingareng Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar Tahun 2016. Kesehatan Lingkungan, Volume 2, Nomor 2, hal 75. (Online). (journal.uin- alauddin.ac.id diakses 28 Desember 2018).

Dinas kesehatan provinsi Sulawesi selatan. 2019. Data Dinas kesehatan provinsi Sulawesi selatan. 2018.

Makassar: Dinas kesehatan provinsi Sulawesi selatan

Leo indarwahono. 2012. Cuci Tangan Pakai Sabun Cegah Kuman Penyebab Penyakit. (online).

(www.tribunnews.com diakses 3 januari 2019).

Lisdawati. 2011. Kondisi Hygiene Perorangan Terhadap Infeksi Kecacingan Pada Anak-Anak Di Kelurahan Banta-Bantaeng Kota Makassar. Makassar: Poltekkes Makassar Jurusan Kesehatan Lingkungan. (Skripsi Tidak Diterbitkan.)

Patmonodewo. 1995. Buku Ajar Pendidikan Prasekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan

Kebudayaan

Puskesmas Mangasa. 2019. Data puskesmas Mangasa, Tamalate Kota Makassar 2018. Makassar: Puskesmas Mangasa

Rita Eka izzaty. 2017. Perilaku Anak Pra Sekolah.Yogyakarta:Elex Media Komputindo.

Sasongko. 2009. Penyuluhan Tentang Infeksi Kecacingan Dan Upaya Pencegahannya.Surabaya: EGC Sentosa Sembiring. 1987. Kebiasaan Penggunaan Alas Kaki. Jakarta: Rineka Cipta

Soekidjo Notoatmojo. 2007. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Sri wahyuni. 2014. Hubungan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Dengan Kejadian Penyakit Kecacingan Di SDN 1 Kelurahan Karuwisi Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Makassar. Poltekkes Makassar Jurusan Kesehatan Lingkungan.(Skripsi tidak diterbitkan)

Sukfitrianty Syahrir, Aswadi. 2016. Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Kecacingan pada Siswa SDN Inpres No. 1 Wora Kecamatan Wera Kabupaten Bima. Kesehatan Lingkungan. Volume 2, Nomor 1. (Online). (journal.uin-alauddin.ac.id diakses 28 Desember 2018).

Suriani. 2013. Hubungan hygiene perorangan dengan kejadian infeksi kecacingan pada anak sekolah dasar 5 muhammadiyah kelurahan rappocini kecamatan rappocini kota makassar. Makassar: Poltekkes makassar jurusan kesehatan lingkungan. (Skripsi tidak di terbitkan)

Zaidina Umar. 2008. Perilaku Cuci Tangan Sebelum Makan Kecacingan Pada Murid SD di Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat. Kesehatan Lingkungan. (Online). (zaidinaumar.com diakses 3 januari 2019)




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v21i1.2091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia