IDENTIFIKASI KEBERADAAN LARVA CACING PITA (Taenia solium) PADA JENIS OLAHAN DAGING BABI DI KOTA MAKASSAR

Gladys Libra Eni Tangkeallo, inayah inayah

Abstract


Ketersediaan pangan hewani yang aman, sehat dan utuh merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam pembangunan di bidang pangan.Salah satu bahan pangan yang mengandung nilai gizi ialah daging. Mikroorganisme seperti parasit pada daging babi dapat menyebabkan penyakit. Perlunya mengetahui keberadaan larva cacing pita (Taenia solium) pada jenis olahan daging babi khususnya di Kota Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keberadaan larva cacing pita pada jenis olahan daging babi di Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey  deskriptif ialah untuk menggambarkan keberadaan larva cacing pita (Taenia solium) pada daging babi mentah dan daging babi olahan di warung makan olahan daging babi Kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 16 sampel yang diambil dari 4 daging babi mentah dan 12  makanan olahan daging babi di Kota Makassar. Hasil Penelitian ini menunjukkan hasil identifikasi 4 (empat) sampel daging babi mentah dari jenis olahan masak bambu (Pa’piong), jenis olahan bakar (Sate), jenis olahan tumis (Tumis usus) dan Jenis Olahan Panggang (Babi Panggang) serta 3 (tiga)  jenis olahan daging babi ialah dari jenis olahan masak bambu (Pa’piong), jenis olahan bakar (Sate), dan Jenis Olahan Panggang (Babi Panggang)  dinyatakan positif mengandung kista cacing pita(Taenia solium). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah proses pengolahan meliputi waktu, suhu dan ketebalan daging dapat berpengaruh pada tingkat kematangan dan keberadaan larva cacing pita (Taenia solium), sehingga kondisi olahan daging babi di Kota Makassar masuk dalam kriteria tidak memenuhi syarat.

 

Kata Kunci : Cacing Pita, Daging Babi, Olahan Makanan


Full Text:

Full Article PDF

References


Anggun,Gayatri. 2014. Studi Kualitas Bakteriologis Makanan Otak-otak Ibu Ely (Home Industry) Makassar. Skripsi. Program Studi D.III Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Makassar. (KTI tidak dipublikasikan)

MB., Engelita Reski. 2019. Gambaran Keberadaan E.coli Pada Daging Babi Olahan Di Rumah Makan Kampung Rama Kota Makassar. SkripsiI. Program Studi. D.III Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar. (KTI tidak dipublikasikan)

Malemna, Seri. 2005. Pemeriksaan Larva Cacing Pita Pada Daging Babi (Porcina) Di Rumah Makan Babi Panggang Karo Sekitar Bulan-Simpang Selayang Medan. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara. Medan. Jurnal Repository USU. Diunduh pada 10 Desember 2020)

Naiboho,A., Swacita, I. dan Made Oka,I.. 2013. Kualitas Daging Babi Ditinjau Dari Uji Obyektif Dan Pemeriksaan Larva Cacing Trichinella Sp.. Jurnal Indonesia Medicus Veterinus, 2(1),12-21. Diunduh pada 10 Desember 2020)

Pratiwi, E. L.. 2014. Pemeriksaan Parasit Pada Sayur Kangkung dan Kentang. Laporan Praktikum. Program Studi D.III Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya. Surabaya

Suada, I.K dan Budiasa, K.. 2015. Survei Seroprevalensi Sisterkosis Pada Babi Di Babi Dan Papua. Laporan Akhir Hibah Unggulan Progam Studi. Program Studi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana. Denpasar (Online) https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_riwayat_penelitian_1_dir/da2be5b1a7e00ac0cf0aac1298d509e2.pdf (Diunduh pada 15 Desember 2020)

Suardana,I.W dan Swacita,N.B.I.. 2015. Penuntun Praktikum Food Hygiene. Laboratorium Kesehatan Masyarakat Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana Denpasar. Denpasar.

Suriwanto,N., Guli. M.M., Miswan. 2014. Deteksi Cacing Pita (Taenia solium L.) Melalui Uji Feses Pada Masyarakat Desa Purwosari Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah. Jurnal Biocelebes 8(1) : 17-28

Suryawan, K., Estiaraini,D., Haryanti, S. R., Setia, Y. I.. 2015. Perbedaan Tingkat Taenia solium Pada Daging Babi Ternak dan Daging Babi yang Dijual di Pasar Kahayan Kota Palangkaraya. Usulan Program Kreativitas Mahasiswa Universitas Muhammadyah Palangka Raya. Palangka raya

Tamanob, M. P. A., Detha, A. I. R. dan Wuri, D. A.. 2019. Deteksi Sistisekosis Pada Babi Yang Dipotong Di Rumah Potong Hewan Kota So’e. Jurnal Veteriner Nusantara, 2(2), 1-9




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v21i2.2346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia