FAKTOR RISIKO KECELAKAAN KERJA DENGAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS (JSA) TERHADAP KEGIATAN PEMUATAN DI PELABUHAN LAUT BAJOE

Hamsir Hamsir, Mutmainnah Rahman

Abstract


Pelabuhan Laut Bajoe merupakan pelabuhan yang terletak di Kab. Bone dengan aktivitas yang sering dilakukan berupa pemuatan barang yang mempunyai berbagai macam potensi bahaya dan risiko penyebab kecelakaan kerja. Metode Job Safety Analysis (JSA) berupa metode dalam mengidentifikasi jenis bahaya dan risiko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor risiko kecelakaan kerja dengan metode Job Safety Analysis (JSA) terhadap kegiatan pemuatan di Pelabuhan Laut Bajoe Kab. Bone. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Jumlah sampel sebanyak 56 orang dengan metode penarikan sampel menggunakan Total Sampling yang kemudian dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas dan analisis univariat. Hasil penelitian diperoleh identifikasi dengan metode Job Safety Analysis (JSA) yaitu terdapat 3 tahapan dari berbagai sub kegiatan yang memiliki jenis potensi bahaya dan risiko pada saat melakukan kegiatan pemuatan di Pelabuhan Laut Bajoe Kab. Bone yang dapat menyebabkan risiko kecelakaan kerja. Faktor manusia berupa masa kerja, penggunaan APD dan perilaku kerja berisiko menjadi faktor penyebab terjadinya kecelakaan kerja, faktor lain yaitu faktor lingkungan kerja fisik dengan titian yang dilalui berupa papan kayu berisiko menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja serta faktor ergonomi dari segi sikap kerja berisiko menjadi faktor penyebab kecelakaan kerja pada saat kegiatan pemuatan di Pelabuhan. Kesimpulan penelitian ini yaitu faktor manusia, faktor lingkungan dan faktor ergonomi berisiko menjadi faktor penyebab kecelakaan kerja di Pelabuhan Laut Bajoe Kab. Bone.

Kata Kunci :  Faktor Risiko, Kecelakaan Kerja, Metode Job Safety Analysis (JSA)


Full Text:

Full Article PDF

References


Arafat, Ilham et al. 2019. Analisis Pencegahan Terjadinya Kecelakaan Kerja Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) pada Kegiatan Bongkar Cold Rolled Steel Sheet In Coil di PT. Merak Jaya Asri Cilegon Banten."

Arnold, Jhierren K T, Diana V D Doda, Rahayu H Akili, and Sam Ratulangi Manado. 2020. Analisis Risiko Kecelakaan Kerja Pada Pemeliharaan Alat Container Crane Dan Rubber Tyred Gantries. eBiomedik 8(2): 163–72.

Astono, Sudi. 2012. Hubungan Kesesuaian Tinggi Meja dengan Kelelahan Pada Sikap Kerja Berdiri. Thesis. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

BPJS. 2019. Angka Kecelakaan Kerja Cenderung Meningkat, BPJS Ketenagkerjaan Bayar Rp. 1,2 Trilliun. (online) https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/berita/23322/Angka- Kecelakaan-Kerja-Cender. Diakses pada tanggal 12 Januari 2021.

Haderiah, and Bella Safira. 2019. Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Kecelakaan Kerja Di Pt. Semen Bosowa Maros. Jurnal Sulolipu : Media Komunikasi Sivitas Akademika dan Masyarakat 20(2): 183–91.

ILO. 2018. Bulan K3 Nasional Menuju Budaya Pencegahan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Yang Lebih Kuat Di Indonesia. Ilo: 1. (online) https://www.ilo.org/jakarta/info/public/pr/WCMS_616368/lang--en/index.htm. Diakses pada tanggal 11 Januari 2021.

Kurniawati, Eni, dkk. 2013. Analisis Potensi Kecelakaan Kerja Pada Departemen Produksi Sprigbed Dengan Metode Hazard Identification And Risk Assessment (HIRA) (Studi Kasus : PT. Malindo Intitama Raya, Malang. Jawa Timur). Jawa Timur.

Muhammad, Hanafi Hilal. 2018. Penilaian Bahaya Pada Area Kerja Pabrik Pembuatan Kompos Rem PT MK Prima Indonesia. Universitas Muhammadiyah Gresik. (online) http://eprints.umg.ac.id/d/eprint/241. Diakses pada tanggal 8 Desember 2020.

Natoatmodjo, Soekidjo. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Cetakan Ke. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nyoto. 2019. Buku Ajar Manajemen Sumber Daya Manusia. Ponorogo: Uwaiis Inspirasi Indonesia.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan.

Tamaka, dkk. 2017 .Hubungan Antara Beban Kerja dan Perilaku Aman Dengan Cedera Tertusuk Jarum Suntik pada Perawat di Rumah Sakit Bhayangkara tk. III Manado, Media Kesehatan, Vol 9(3).

Tiara, Vani, Supriyono A. 2010. Faktor Risiko Kecelakaan Akibat Kerja pada Operator Mesin Single Line Departemen Pengemasan PT. Ulam Tiba Halim. Jurnal Visikes, Vol 9 (2)

Timotius, Kris H. 2017. Pengantar Metodologi Penelitian: Pendekatan Manajemen Pengetahuan Untuk Perkembangan Pengetahuan. Yogyakarta: ANDI.




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v22i1.2711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia