PERILAKU PENJAMAH MAKANAN DALAM PENERAPAN HIGENE DAN SANITASI PENGOLAHAN MAKANAN DI RSUD ANDI MAKKASAU KOTA PAREPARE

Haderiah Haderiah, St. Khadijah Djawad

Abstract


Perilaku penjamah makanan yang kurang mengindahkan praktek pengolahan makanan yang memenuhi kaidah higienitas merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya bahaya pada makanan. Prinsip higiene dan sanitasi dalam suatu penyelenggaraan makanan meliputi bahan makanan, tenaga penjamah makanan, prosedur kerja, sarana fisik dan lingkungan, peralatan dan perlengkapan yang digunakan, penggunaan bahan makanan, fasilitas penyehatan serta cara pengawasan dalam prosedur kerja. Jenis penelitian ini adalah observasional deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui perilaku penjamah makanan meliputi pengetahuan, sikap dan tindakan penjamah makanan dalam penerapan higiene dan sanitasi pengolahan makanan serta kondisi sanitasi peralatan dan tempat pengelolaan makanan di Instalasi Gizi RSUD Andi Makkasau Kota Parepare. Adapun hasil penelitian ini yaitu penjamah memiliki tingkat pengetahuan yang tinggi sebanyak 9 orang (53%), sebanyak 9 orang (53%) memiliki sikap yang baik , sebanyak 12 orang (71%) memiliki tindakan yang baik dalam penerapan higiene dan sanitasi pengolahan makanan serta kondisi sanitasi peralatan dan tempat pengolahan makanan dalam keadaan baik dengan persentase 91%.Berdasarkan data hasil penilitian, disarankan kepada pengelola instalasi gizi RSUD Andi Makkasau Kota Parepare agar meningkatkan kegiatan pelatihan dan pembinaan khusus kepada penjamah mengenai bagaimana penerapan higiene dan sanitasi pengolahan makanan dengan baik dan benar serta melakukan pengawasan terkait penggunaan Alat Pelindung Diri pada penjamah makanan.

Kata Kunci : Perilaku Penjamah Makanan, Higiene Sanitasi Pengolahan Makanan.


Full Text:

Full Article PDF

References


Firsta Yolanda,2018.Gambaran Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Penjamah Makanan

Dalam Penerapan Higiene Dan Sanitasi Makanan Di Instalasi Gizi Rs Jiwa Prof.Hb.Saanin Padang Tahun 2018. Skripsi.Jurusan Gizi.Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang. Padang.

Indriany. 2018. Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Higiene Penjamah Makanan Di Instalasi Gizi Rsud Dr.Soeselo Slawi. Jurnal Gizi Dan Pangan Soedirman,2(2),87.

Mulya, Rezi Fatma. 2014. Hubungan Perilaku Penjamah Makanan dengan Penerapan Personal Hygiene pada Penjamah Makanan di Instalasi Gizi RSUP. Dr. M. Djamil Padang Tahun 2013. Skripsi.(Program Sarjana Kesehatan Masyarakat UniversitasAndalas.) (Online)

http://katalog.pustaka.unand.ac.id//index.php?p=show_detail&id=80141 . Diakses pada tanggal 24 Januari 2021

Undang-Undang RI Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Jakarta2009.

Oktaviana, L. 2015. Hubungan Antara Konformitas Dengan Kecenderungan Perilaku Bullying. Skripsi. Surakarta: Fakultas Psikologis Universitas Muhammadiyah,Surakarta.(Online)https://123dok.com/document/y95106jzHubun gan Antara Konformitas Dengan Kecenderungan Perilaku Bullying.html. Diakses pada tanggal 27 Mei 2021

Purwaningsih,S.,& Widiyaningsih,E.N (2019). Gambaran Lama kerja pengetahuan dan perilaku higiene sanitasi penjamah makanan di Instalasi Gizi Rumah sakit Umum daerah dr.soedirman mangun sumarso wonogiri. Profesi (profesi islam) : media publikasi penelitian, 16 (2).

Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1096/MENKES/PER/VI/2011.

Higiene Sanitasi Jasaboga

Republik Indonesia.Peraturan Pemerintah No.86 Tahun 2019 Tentang Keamanan Pangan.

Siti Nurjana Kurniaty Tanaiyo,Dianti Desita,Fathimah,Amilia Yuni. 2018. Tingkat Pengetahuan Higiene dengan Perilaku Higiene Perorangan pada Penjamah Makanan di Instalasi Gizi RSJ Prof.Dr. Soerojo Magelang.Journal Of Islamic Nutrition, 1 (1): 18-25

Wahyuni Sahani,dkk.2018.Pedoman Penulisan Proposal Penelitian Skripsi. Makassar : Politeknik Kesehatan Jurusan Kesehatan Lingkungan.




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v22i1.2712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia