GAMBARAN GANGGUAN MUSCULOSKELETAL DISORDRES (MSDS) PADA PEKERJA MOBILE DAN PERMANENT PENGGILING PADI DI KECAMATAN TIROANG

Riska Riska, Muh. Asikin, Rahmat Zarkasyi R

Abstract


Musculoskeletal disorders merupakan sekumpulan gejalan yang berkaitan dengan jaringan otot, tendon, ligament, system saraf, struktur tulang, dan pembulu darah. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui gambaran gangguan musculoskeletal diosrders pada pekerja mobile dan permanen penggiling padi di Kecamatan Tiroang. Jenis penelitian descriptive dengan desain observasional analitik. Teknik pengambilan sampel secara non probability sampling dengan teknik total sampling dengan total keseluruhan sampel sebanyak 60 responden. Instrument penelitian yaitu Kuesioner Nordic Body Map. Analisis data menggunakan analisa Univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran gangguan MSDs pada pekerja mobile yang memiliki frekuensi keluhan tertinggi yaitu betis kiri, betis kanan dengan frekuensi keluhan sakit sebanyak 23 responden (76,6%). Sedangkan pekerja permanen penggiling padi yaitu leher bagian atas, leher bagian bawah, dengan frekuensi keluhan sakit sebanyak 13 responden (43,3%). Bagi industri penggiling padi sebaiknya mengaktifkan tim K3 dan membentuk P2K3 yang bisa memberikan pelatihan tentang pekerjaan yang memicu timbulnya gejala MSDs agar penyakit akibat kerja dapat dicegah sehingga angka kesakitan pekerja terhadap PAK dapat berkurang.

Kata Kunci : Pekerja Mobile, Pekerja Permanent, Gangguan Musculoskeltal.

Full Text:

Full Article PDF

References


Agus, Ramdan IM, Lusiana D. Faktor Yang Mempengaruhi Keluhan Musculoskeletas Disorders Pada Pekerja Penggiling Padi Kabupaten Penajam Pasar Utara. Jurnal Ilmiah. 2019;IV(8):439–52

Ance AA, Berek NC, Riwu YR. Faktor Yang Berhubungan Dengan Gangguan Musculoskeletal Disorders Pada Pekerja Penggiling Padi di Kbaupaten Lembor, Manggarai Timur. 2021;3(3):96–102.

Dewi, Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Musculoskeletas Disorders (MSDs) Di Bagian Finishing Unit Coating PT. Pura Barutama Kudus. Jurnal Keperwatan Dan Kesehatan Mayarakat. 2.5: 2252-8865. 2017;2(5).

Karim YZ. Gambaran Keluhan Musculoskeletal di PT.Industri Kapal Indonesia (Persero) Makassar. 2017;

Patmala Nnkcpffk . Perbedaan Keluhan Muskuloskeletal Antara Pemahat Kayu dan Pelukis di UBUD. Kota Gianyar. Fakultas Kedokteran. Universitas Udayana. 2017;

Rizka Widitia, Entianopa AAH. Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Muskuloskeletal Pada Pekerja di PT. X Tahun 2019. Jurnal Kesehatan. 2020;2(2).

Riskesdas. Kemkes RI, “Riset Kesehatan Dasar.”Kementrian Kesehatan RI. Vol. 53. 2018. p. 154–65.

Revadi CE, Gunawan CS, Rakasiwi GJ. Prevalensi Dan Faktor-Faktor Penyebab Musculoskeletal Disorders Pada Operator Gudang Industri Ban PT X Tangerang Indonesia. Jurnal Ergonomi Indonesia. 2019;05(01):10–5.

Science JS, Lubis ZI, Fisioterapi PS, Malang UM, Rinanda AR, Fisioterapi PS, et al. Pengaruh Durasi Kerja Selama Pandemi COVID-19 Terhadap Musculoskeletal. 2020;4681:101–6.

Utara US. Gambaran Sikap Pekerja Dan Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) Pada Pekerja Pabrik Keripik UD. Kreasi Lutvi Desa Tuntungan II Kecamatan Pancur Batu Medan. 2017;




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v22i2.2932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia