Identifikasi Protozoa Pada Air Kolam Renang Di Kabupaten Pinrang

Sri Wahyuni, Herlina Muin, Rahmat Zarkasyi

Abstract


Protozoa  merupakan protista yang menyerupai hewan yang bersifat seluler dalam ukuran mikroskopis. Pengguna air pada sarana rekreasi seperti kolam renang beresiko tinggi terkena penyakit akibat mikroorganisme bersifat patogen, salah satunya patogen jenis Cryptospiridium sp dan Giardia sp. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat Protozoa air pada kolam renang, Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan desain observasional yaitu melakukan pengambilan dan pemeriksaan sampel air pada kolam renang. Populasi dalam penelitian ini adalah Air Kolam Renang yang ada di Kabupaten Pinrang.  Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pipet tetes, mikroskop, objek glass, deck glass. Sedangkan bahan yang digunakan adalah air pada kolam renang. Analisis data dalam penelitian ini Hasil uji laboratorium akan disajikan dalam bentuk tabel lalu dinarasikan secara deskriptif. Dengan hasil penelitian yang telah di lakukan pada 3 sampel air kolam  diperoleh hasil 2 negatif yang berarti sampel tersebut tidak terdapat Protozoa dan 1 positif yang berarti terdapat Protozoa  air jenis Cryptosporidum sp dan Giardia sp. Yang dapat menyebabkan gangguan Kesehatan seperti gastrointestinal akut berupa diare berair, nyeri atau keram perut, dehidrasi, mual, muntah, serta penurunan berat badan.

Kata Kunci : Air Kolam, Cryptosporidium Sp, Giardia Sp.

 


Full Text:

Full Article PDF

References


Amri, Khairul & Iskandar Kanna. (2013). Budi Daya Udang Vaname “Secara Intensif, Semin Intensif dan Tradisional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Birawida, Agus Bintara. (2019). Laut dan Kesehatan Lingkungan. Makassar; Pusat Kajian Media.

Elly, Abdul Rahman (2007). Kadar Sisa Chlor dan Kandungan Bakteri E. Coli Air PT. Dream Succes Airindo (DSA) Ambon Sebelum dan Sesudah Pengolahan. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

https://repository.unair.ac.id/23385/

Fikri, Z. (2013) Identifikasi Cryptosporidium Parvum Penyebab Cryptosporidiosis pada Manusia dari Air Kolam Permandian, Air Sumur dan Air Sungai di Pulau Lombok NTB, 7 (3), 46-59.

Herawati, Dheasy & Anton Yuntarso. (2017). Penentuan Dosis Kaporit sebagai Desinfektan dalam Menyisihkan Konsentrasi Ammonium pada Air Kolam Renang. Jurnal Sains Healt, 1 (2), 13-22. https://media.neliti.com/media/publications/231129-penentuan-dosis-kaporit-sebagai-desinfek-24f6d6bf.pdf.

Jasaputra, Diana Krisanti. (2008). Metodologi Penelitian Biomedis. Edisi II; Bandung: Danamartha Sejahtera Utama (DSU).

Magdalena, Uli. (2018). Mengidentifikasi Protozoa dan Pengukuran Parameter Kimia pada air Kolam Renang. Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara, Medan.

https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/11038

Mukono, H.J. (2000). Prinsip Dasar Kesehatan Lingkungan, Surabaya: Airlangga University Press.

Nurkarimah, Azizah Biqis. (2019). Identifikasi Protozoa pada Darah dan Saluran Pencernaan Biawak Air (Varanus Salvator). Doctoral Dissertation, Universitas Airlangga.

https://repository.unair.ac.id/89154/

Padaga, Masdiana C., et al., eds., (2018). Penyakit Zoozonosa Strategis Indonesia “Aspek Kesehatan Masyarakat Veteriner”. Malang: UB. Press.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 416 Tahun 1990.

Rozanto, Navan Esma & Rudatin Windraswara. 2017. Kondisi Sanitasi Lingkungan Kolam Renang, Kadar Sisa Khlor dan Keluhan Iritasi Mata. Higeia; Jurnal Of Public Health Research and Development. 1 (1), 89-95.

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/higeia/article/view/13990

T. Kumar, et al., eds.,(2014). Comparative study on waterborne parasite between Malaysia andi Trailanda: A new insight. American Jurnal of Tropical Medicine and Hygiene, 90 (4), 682-689.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3973513/

Talita, Shallichah, et al., eds.,(2016). Studi Kulitas Bakteriologis Air Kolam Renang dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhiya di Kolam Renang Kota Semarang. FKM UNDIP; Jurnal Kesehatan Masyarakat. 4 (5). 196-203.

http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jkm 196

Windari, Ayu Putri & Nyoman Purna. (2021). Tinjauan Sanitasi Kolam Renang Tirta Srinadi Klungkung Tahun 2021. Jurnal Kesehatan Lingkungan. 11 (2), 165-170.

WHO. (2006). Guidelines For Safe Recreational Water Environment Volume 2 Swimming Pools And Similar Environments, WHO Press, Switzerland.




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v22i2.2935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia