SURVEY INDEKS KEPADATAN LALAT DI RUMAH PEMOTONGAN HEWAN (AYAM) DI KABUPATEN PANGKEP

Nurhikmayani Nurhikmayani, Mulyadi Mulyadi, Rasman Rasman, Zaenab Zaenab

Abstract


Rumah pemotongan ayam (RPA) merupakan salah satu industri peternakan dimana dilakukan pemtongan hewan ayam hidup dan mengolah menjadi karkas ayam yang siap dikomsumsi oleh konsumen. Aktivitas pemotongan unggas membawa dampak pencemaran lingkungan dan kesehatan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepadatan lalat di rumah pemtongan hewan (ayam) di saluran pembuangan air limbah, kandang ayam transisi dan sampah buangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan jumlah sampel 12. Hasil penelitian di pagi hari pada sarana saluran pembuangan air limbah ini didapatkan hasil kategori  memenuhi syarat 2 RPH (Ayam) di pagi hari dan di sore hari 1 RPH (Ayam) sedangkan kategori tidak memenuhi syarat pada pagi hari terdapat 10 RPH (Ayam) dan sore hari 11 RPH (Ayam), sedangkan di sampah buangan di pagi hari yang memenuhi syarat terdapat 2 RPH (Ayam) dan di sore hari 1 RPH (Ayam) dan kategori tidak memenuhi syarat terdapat pada pagi hari 10 RPH (Ayam)  dan di sore hari  11 RPH (Ayam). Dan di kandang ayam transisi pada pagi  dan sore hari dengan kategori memenuhi syarat 1 RPH (Ayam) dan 11 RPH (Ayam) kategori tidak memenuhi syarat. Adapun kesimpulan penelitian bahwa kondisi sanitasi sangat berpengaruh terhadap indeks kepadatan lalat. Diharapakan pada sarana air limbah menggunakan saluran pembuangan tertutup, tempat sampah tertutup dan kandang ayam transisi yang sesuai dengan peraturan.

 

Kata Kunci : Kepadatan lalat, Spal, Sampah buangan, Kandang ayam transisi.

Full Text:

Full Article PDF

References


Ardiansyah. 2015. Adaptasi Masyarakat Terhadap Kesehatan Keberadaan Rumah Potong Ayam Di Kelurahan Bara-Barayya Timur Kecamatan Makassar Kota. Makassar : Universitas Hasanuddin. (Skripsi tidak diterbitkan).

Azwar, A. 1990. Pengantar Ilmu Kesahatan Lingkungan. Jakarta. Yayasan Mutiara

Eko De Arragosta. 2017. Studi Tingkat Kepadatan Lalat di Permukiman Sekitar Rumah Potong Ayam di Kelurahan Bara-Barayya Utara Kota Makassar. Makassar : AKL Poltekkes Makassar.(KTI) tidak Diterbitkan.

Hanifa L. 2017. Index lalat sebagai salah satu metode indicator sanitasi makanan di kantin seikatar lingkunganya. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Habib Alfa. 2013. Studi Deskriftif Tingkat Kepadatan Lalat Di Permukaan Sekitar Rumah Pemotongan Unggas (RPU) Penggaron Kelurahan Kidur Kecamatan Keudurungan Kota Semarang. Unnes journal Of Publich Healt. 2(4).

Hamsir ahmad 2015 Entomologi kesehatan Makassar jurusan kesehatan lingkungan politeknik kesehatan masyarakat.

Masyhuda. 2017. Survey Kepadatan Lalat di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Jurnal kesehata masyarakat. htpps://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm/article/download/18714/ 17789. Di akses pada 14 januari 2022.

Mundiatun dan Daryanto. 2015. Pengelohan Kesehatan Lingkungan. Yogyakarta :Gava Media.

Nanda at all. 2018. Efektifitas Variasi Umpan Dalam Penggunaan Fly trap Di tempat pembuangan Akhir

Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Tanjung Pinang.https://docplayer.info/55240518- jurusan-kesehatan-lingkungan-poltekkes-kemenkes-tanjungpinang- kepulauan-ria- 29124.html. Di akses pada 24 Desember 2021

Rony dan Edwin. 2017. Analisis model kehalalan proses potongan ayam di rumah potongan ayam (RPA) di Samarinda. Politeknik negeri Samarinda.htpps://jurnal.poltekba.ac.id/index.php/prosiding/article/ download/37. Di akases pada 24 Desember.

Syamsuddin S, dan Sumarni. 2018. Gambaran limbah padat rumah pemotongan ayam (RPA) terhadap tingkat kepadatan lalat di kelurahan bara- baraya timur Kota Makassar. Jurnal sulolipu: .htpps://journal.poltekkesmks.ac.id/ojs/index.php.Sulolipu/aricle/vie. Di akses pada 24 Desember 2021

Syamsuddin S, dkk. 2017. Pedoman Praktek Pengendalian Vektor. Makassar :Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Makassar.




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v22i2.3052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia