ANALISIS KONDISI SANITASI KAPAL PENUMPANG YANG SANDAR DI PELABUHAN KEPULAUAN SELAYAR

Andi Nur Fadilah, Erlani Erlani

Abstract


Masalah sanitasi merupakan hal penting yang mendukung tercapainya kesehatan masyarakat baik yang ada diwilayah pelabuhan maupun sekitarnya, pelabuhan yang bersih aman dan nyaman dapat menciptakan pekerja pelabuhan yang sehat dalam melaksanakan aktifitasnya. Kondisi sanitasi pada kapal masih kategori buruk dimana sampah di atas kapal masih ada yang berserakan sehingga kotor serta kondisi toilet diatas kapal berbau dan terlihat kotor.           Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi sanitasi kapal penumpang yang sandar di pelabuhan Kepulauan Selayar. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dan penentuan sampel secara purposive sampling. Jumlah kapal yang diperiksa sebagai sampel sebanyak 5 dengan instrumen pengukuran  menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa kondisi sanitasi kapal pada variabel ruangan terdapat 1 kapal yaitu K.M Kormolin ada dua komponen yang tidak memenuhi syarat yaitu dapur dan ruang fasilitas medis, kondisi toilet/wc dari 5 kapal 1 kapal tidak memenuhi syarat, vektor dan binatang penular penyakit 1 kapal tidak memenuhi syarat, pengelolaan makanan minuman dari 5 kapal telah memenuhi syarat dan pengelolaan limbah dari 5 kapal dua komponen yang tidak memenuhi syarat yaitu pengelolaan limbah cair dan pengelolaan air ballast. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat 4 kapal yang memenuhi syarat dan 1 kapal tidak memenuhi syarat yaitu K.M Kormolin. Saran sebaiknya pihak terkait melakukan upaya pengelolaan limbah cair dan air ballast karena mengandung bahan kimia yang bisa mencemari lingkungan olehnya itu dibutuhkan pengelolaan sebelum dibuang.

Kata kunci : Sanitasi, Kapal Penumpang.

Keywords


Sanitation, Passenger Ship

Full Text:

Full Article

References


DAFTAR PUSTAKA

Adriyani, R. (2005). Manajemen Sanitasi Pelabuhan Domestik di Gresik. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 1(2).

Arumsari, G., Widyanto, A., & Gunawan, A. T. (2018). Hubungan Antara Sanitasi Kapal Dan Perilaku Anak Buah Kapal Dengan Keberadaan Tikus Pada Kapal Yang Bersandar Di Wilayah Kerja Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya Tahun 2017. Buletin Keslingmas, 37(4), 405-416.

Dwicahya, B., & Adam, F. D. (2019). Gambaran Higiene Sanitasi Pada Kapal di Pelabuhan Rakyat Luwuk: Sanitation Hygiene Overview On Boat In Rakyat Luwuk Port, Banggai Regency. Jurnal Kesmas Untika Luwuk: Public Health Journal, 10(1), 1-11.

Humaan, A. F., Agus, B. B., & Erniwati, I. (2012). Studi Pelaksanaan Inspeksi Sanitasi Kapal Penumpang Di Wilayah Kerja Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Makassar (Pelabuhan Induk Makassar) Tahun 2012. Universitas Hasanuddin Makassar. 2012.

Mundiatun dan Daryanto. 2015. Pengelolaan Kesehatan Lingkungan. Yogyakarta: Gava Media

Musa, Y. A. B. (2019). Analisis Dampak Aktivitas Pelabuhan Terhadap Sebaran Pencemaran Lingkungan Pelabuhan Tanjung Perak dan Kawasan Sekitarnya (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Nainggolan, H., & Ginting, M. (2010). Pengaruh Sanitasi dan Manajemen Kapal terhadap Kepemilikan Sertifikat Sanitasi Kapal pada Pelabuhan Lhokseumawe.

Ovra, O., & Lukman, L. (2018). Tingkat Risiko Kesehatan Kapal di Pelabuhan Belawan Medan dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 7(02), 94-103.

Peraturan Menteri Kesehatan RI No 2348/Menkes/IV/2011. Organisasi Dan Tata Kerja Kantor Kesehatan Pelabuhan, Jakarta. Peraturan Menteri Kesehatan RI No 530 Tahun 1987. Sanitasi Kapal, Jakarta.

Putra, C., Zulkarnain, Z., & Ghalib, M. Analisis Faktor Resiko Terhadap SanitasiI Kapal di Pelabuhan Batu Ampar. Jurnal Ilmu Lingkungan, 12(2), 104-111.

Republik Indonesia 2015. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2015 Tentang Sertifikat Sanitasi Kapal.

Republik Indonesia. 2000. Permenkes Nomor 7 Tahun 2000 Tentang Kepelautan

Rompis, R., Pinontoan, O. R., & Sondakh, R. C. (2019). Gambaran Sanitasi Kapal di Pelabuhan Amurung Kabupaten Minahasa Selatan. Kesmas, 8(7).

Saharuddin. 2010. Studi Kondisi Sanitasi Kapal Penumpang di Pelabuhan Soekarno Makassar. Makassar: DIII Jurusan Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL) Muhammadiyah Makassar (KTI tidak diterbitkan).

Saifullah . 2010. Pengaruh Sanitasi Kapal dengan Manajemen Kapal Terhadap Kepemilikan Sertifikat Sanitasi Kapal Pada Pelabuhan Lhokseumawe.online.http://repisotory.usu.ac.id.handle/123456789/20339. (diakses 19 Desember 2019)

Sasono, H. B. (2021). Manajemen Pelabuhan dan Realisasi Ekspor Impor. Penerbit Andi.

Siregar, D. I. Y. (2019). Tinjauan Higiene sanitasi Kapal Kargo di Pelabuhan Belawan Wilayah Kerja Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Medan Tahun 2019.

Sri devi. 2019. Hubungan Sanitasi Kapal Dengan Keberadaan Tikus Pada Kapal Yang Berlabuh di Pelabuhan Nusantara Pare-Pare. Skripsi. Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Makassar.

Sudiadnyana, I. K., Posmaningsih, D. A. A., & Asmara, B. E. (2020). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Keadaan Sanitasi Kapal Pada Kapal Penumpang di Pelabuhan Padangbai Kabupaten Karangsemen Tahun 2020 (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Denpasar).

Sumaryanto. (2013). Konsep Dasar Kapal. (J. Santoso, Penyunt.) Jakarta.

Supriyadi, H. K., & Djaja, I. M. (2006). Faktor yang Berhubungan Dengan Tingkat Sanitasi Pada Kapal Yang Sandar di Pelabuhan Pangkalbalam Pangkalpinang Tahun 2005.

Suryani, D., & Hendrawan, A. (2020). Studi tentang Sanitasi Kapal. Saintara: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Maritim, 4(2), 33-45.

Tawaddud, B. I. (2011). Studi Kondisi Tingkat Sanitasi pada Kapal Penumpang di Wilayah Kerja Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Makassar Tahun 2011 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Triadmodjo, Bambang. Pelabuhan. Yogyakarta : Beta Offset. 2008.

WHO, 2011, International Health Regulation (2005) : Handbook for Inspection of Ships and Issuance of Ship Sanitation Certificates. Crayonbleu, France.




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v23i1.3197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia