KEMAMPUAN LARUTAN KUBIS DALAM MENGAWETKAN IKAN

haderiah haderiah, Ade Isfi Hayatul Ufa

Abstract


Limbah kubis yang umumnya sudah tidak dapat digunakan lagi ternyata bisa menjadi jalan keluar bagi masyarakat untuk dijadikan pengawet ikan, dibanding menggunakan bahan yang berbahaya untuk mengawetkan ikan, yang dapat mengganggu kesehatan manusia. Pemanfaatan limbah kubis ini dalam proses fermentasi dapat menghasilkan bakteri asam laktat yang dapat menghambat proses pembusukan pada ikan karena bersifat membunuh bakteri pembusuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan larutan kubis dalam mengawetkan ikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen laboratorium yaitu untuk mengetahui kemampuan larutan kubis dalam mengawetkan ikan hasil penelitian diolah secara manual dan disajikan dalam bentuk tabel kemudian dinarasikan. Berdasarkan hasil penelitian mengenai kemampuan larutan kubis dalam mengawetkan ikan dapat disimpulkan bahwa larutan kubis dengan lama fermentasi 3 hari mampu mengawetkan ikan yang sudah dibersihkan  selama 12 jam, dan mampu mengawetkan ikan yang tidak di bersihkan  selama 9 jam sedangkan larutan kubis dengan  lama fermentasi 6 hari mampu mengawetkan ikan yang sudah dibersihkan selama 12 jam dan mampu mengawetkan ikan yang tidak dibersihkan  selama 10 jam dan larutan kubis dengan lama fermentasi 9 hari mampu mengawetkan ikan yang sudah dibersihkan selama 8 jam dan mampu mengawetkan ikan yang tidak dibersihkan  selama 6 jam.

Keyword: Fermentasi Limbah Kubis, Ikan

Full Text:

PDF

References


Adams, Martin`R., Maurice O. Moss. 2008. Food Microbiology, Third Edition. Guildford, UK: RSC Publishing

Cahyo Saparinto dan Diana Hidayati. 2010. Bahan Tambahan Pangan. Yogyakarta: Kanisius, cetakan kelima

Cecep Dani Sucipto. 2016. Keamanan Pangan Untuk Kesehatan Manusia. Yogyakarta:Gosyen Publishing

Eddy Afrianto dan Evy Liviawaty. 2011. Pengawetan Dan Pengolahan Ikan. Yogyakarta: Kanisius, cetakan ketujuh belas

Leni Herliani Afrianti. 2013. Teknologi Pengawetan Pangan. Bandung:Alfabeta, cetakan kedua

Said Siregar, dkk, 2015. Pemanfaatan Limbah Kubis (Brassica oleracea) Sebagai Bahan Pengawet Ikan Nila(Oreochromis sp). http://download.portalgaruda.org/ article.php?article=393404&val=6157&title=UTILIZATION%20OF%20CABBAGE%20WASTE%20(Brassica%20oleracea)%20AS%20A%20PRESERVATIVE%20OF%20PARROT%20FISH%20(Oreochromis%20sp). diakses tanggal 10 Maret 2017.

Syamsidar. 2013. Kemampuan Larutan Kubis(Brassica oleraccea L) Dalam mengawetkan Ikan Dengan Lama Perendaman. Makassar: Program studi DIII Jurusan Kesehatan Lingkungan. Makassar Politeknik Kesehatan Makassar




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v17i2.845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia