GAMBARAN KANDUNGAN BAKTERI SALMONELLA PADA AYAM BROILER YANG TERDAPAT DI CARREFOUR PENGAYOMAN KOTA MAKASSAR

Nur Rahmadani, Inayah Inayah

Abstract


Bakteri Salmonella merupakan bakteri yang memicu sejumlah penyakit seperti tifoid, dan paratifoid. dan apabila bakteri Salmonella ada pada makanan/minuman dan tertelan masuk kedalam tubuh akan menimbulkan gejala-gejala seperti berak-berak, sakit kepala, muntah-muntah, serta demam dan dapat berakhir selama 1-7 hari. Daging ayam broiler merupakan salah satu yang berpotensi untuk terjadinya kontaminasi bakteri Salmonella.

Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada kandungan bakteri Salmonella pada daging ayam broiler yang terdapat di Carrefour Pengayoman Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah observasional yang bersifat deskriktif. Sampel dalam penelitian adalah diambil sebanyak 6 sampel, 4 sampel diambil dietalase dan 2 sampel yang dibekukan yang dipilih secara non probability sampling.

Berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium pada daging ayam broiler yang disimpan dietalase dan dibekukan di Carrefour Pengayoman Kota Makassar Menunjukkan hasil negatif. Hal ini memenuhi syarat berdasarkan peraturan kepala badan pengawas obat dan makanan Republik Indonesia nomor Hk.00.06.1.52,4011.

Berdasarkan hasil uji laboratorium diperoleh kesimpulan bahwa kebaradaan Salmonella pada daging ayam broiler yang disimpan dietalase dan dibekukan menunjukkan hasil negatif. Saran yang diberikan yaitu diharapkan kepada pihak pengelolah Carrefour Pengayoman Kota Makassar agar mempertahankan suhu penyimpanan supaya daging ayam tidak terkontaminasi dengan bakteri Salmonella.

 Kata Kunci : Bakteri Salmonella, Daging Ayam Broiler


Full Text:

PDF Check Plagiarism

References


Andjar Prasetyo, 2017. Analisis Olahan Pangan. Jakarta : Indicomp

Arisman, 2009, Buku Ajar Ilmu Gizi. Keracunan Makanan Jakarta : EGC

Badan Standarlisasi Nasional. 2008. Mutu Karkas dan Daging Ayam. (Sni 3924:2009).Jakarta. Badan Standar Nasional. (https://Www.Academia.Edu di akses 25 Desember 2018)

Direrktorat Jenderal Perternakan dan Kesehatan Hewan. 2010. Pedoman Produksi Dan Penangan Daging Ayam Yang Higienis. Departemen Litban,Jakarta. (online). (Http://Setkab.go.id di akses 30 Desember 2018).

Fardiaz, S.,S.1981. Masalah Keamanan Pangan Dalam Hubungannya Dengan Mikrobiologi Veterineri. Kumpulan Makalah Kongres Nasional Mikrobiologi Ke Iii Jakarta, 26-28 November 1981 :307-310.(http://Jurnal.Fk.Unand.ac.id di akses 25 Desember 2018)

Hasrawati, 2017. Tingkat Cemaran Bakteri Salmonella Sp Pada Daging Ayam Yang Dijual di Pasar Tradisional Makassar. Jurusan Ilmu Perternakan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (Skripsi Tidak Dipublikasikan)

Imam Rahayu Dkk, 2011. Panduan Lengkap Ayam. Jakarta : Swadaya

Inayah, Zaenab.2017. Buku Panduan Praktikum Penyehatan Makanan dan Minuman. Makassar : Politeknik Kesehatan Makassar Jurusan Kesehatan Lingkungan

K.A. Buckle Dkk.1985. Ilmu Pangan. (ab Hari Purnomo dan Adiono) Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press)

Kiki Risky Amelia.2015.Analisa Kandungan Salmonella Pada Kerang Tiram di Muara Sungai Lajari Kab. Barru. Makassar: Politeknik Kesehatan Jurusan Kesehatan Lingkungan Makassar (KTI Tidak Dipublikasikan)




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v19i2.1351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia