KONDISI SANITASI KAPAL MOTOR (KM) DENGAN KEPADATAN KECOA (STUDI LITERATUR)

haderiah haderiah, Fitriani Fitriani

Abstract


Sanitasi kapal adalah segala usaha yang yang ditujukan terhadap faktor lingkungan di dalam kapal untuk memutuskan mata rantai penularan penyakit guna mempertinggi derajat kesehatan, pemeriksaan sanitasi kapal bertujuan untuk meniadakan faktor risiko lingkungan serta memutuskan mata rantai penularan penyakit di atas kapal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sanitasi kapal serta mengukur kepadatan kecoa di atas kapal. Jenis penelitian ini adalah studi literatur dengan mencari jurnal dan hasil penelitian sebelumnya, kemudiaan ditelaah dan dianalisa sesuai dengan penelitian. Berdasarkan dari 5 jurnal studi penelitian yang ditelah dikaji menunjukkan adanya hubungan sanitasi kapal angkutan barang dengan kepadatan kecoa terutama pada ruang dapur dengan persentase 100%. Maka untuk semua baik Kantor Kesehatan Pelabuhan, Seluruh awak kapal dan masyarakat untuk selalu menjaga dan meningkatkan sanitasi pada seluruh ruangan di atas kapal dan melakukan pengawasan ketat terhadap adanya vektor kecoa diatas kapal.

 

Kata Kunci : Sanitasi Kapal , Kepadatan Kecoa


Full Text:

Full Article PDF

References


Ahmad, H., Ain, K. and Rostina (2019) Modul Entomologi. Makassar: Politeknik Kesehatan Makassar.23-24.

Devi, S. (2019) Hubungan Sanitasi Kapal Dengan Keberadaan Tikus Pada Kapal Yang Berlabuh Di Pelabuhan Nusantara Parepare. Politeknik Kesehatan Makassar.

Dwi Indriyani. (2019). Tinjauan Higiene Sanitasi Kapal Kargo Di Pelabuhan Belawan Wilayah Kerja Kantor Kesehatan Pelabuhan (Kkp) Kelas I Medan Tahun 2019. Medan .

Erlani and Mulyani, A. tenri (2015) „kondisi sanitasi kapal penumpang di pelabuhan soekarno hatta makassar‟, jurnal sulolipu, 2, p. 132.

Harahap, A. A. (2015) „Hubungan Sanitasi Kapal Dengan Kepadatan Kecoa Pada Kapal Motor Yang Sandar Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya‟, pp. 172–183.

Husain, F. (2018) Studi kualitas Bakteriologis Air Bersih Di Kapal Penumpang Pelni dan Non Pelni Di Pelabuhan Nusantara Parepare, Jurusan Kesehatan Lingkungan.

Indonesia, M. kesehatan R. (2000). Peraturan pemerintah republik indonesia nomor 7 tahun 2000 tentang kepelautan.

Indonesia, M. kesehatan R. (2008). Peraturan menteri kesehatan republik indonesia nomor 356/menkes/per/IV/2008.

Indonesia, M. kesehatan R. (2017). Peraturan menteri kesehatan Republik Indonesia nomor 50 tahun 2017 tentang standar baku mutu kesehatan lingkungan dan persyaratan kesehatan untuk vektor dan binatang pembawa penyakit serta pengendaliannya. Intan A.P. (2017) Evaluasi Sanitasi Dan Keberadaan Vektor Pada Kapal Barang Dan Kapal Penumpang Di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Irawan, S. (2007) Studi Korelasi Antara Perilaku Kesehatan Anak Buah Kapal Dengan Tingkat Kepadatan Kecoa Di atas Kapal. Universitas Air Langga.

Mahenra, J. (2018) Faktor yang berhubungan dengan Keberadaan Vektor Kecoa Pada Kapal Kargo Yang Bersandar Di Pelabuhan Batu Ampar Kota Batam. Universitas Andalas.

Mundiatun and Daryanto (2015) Pengelolaan Kesehatan Lingkungan. Yogyakarta: GavaMedia.5

Puspita (2017) „Studi Sanitasi Kapal Kargo dan Keberadaan Bakteri E.Coli Pada Makanan Jadi Di Wilayah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya’, 9.

Pos, D. A. N., & Batas, L. (2010). peraturan menteri kesehatan republik indonesia nomor 40 tahun 2015 tentang sertifikat sanitasi kapal.

Rasjid, A. (2019). Panduan Penulisan Proposal Penelitian Dan Skripsi. Kementerian kesehatan republik indonesia politeknik kesehatan kemenkes makassar jurusan kesehatan lingkungan.

Setto (2017) „Studi Perancangan Kapal Kargo 14.715 Dwt Rute Pelayaran Tanjung Perak-Batu Ampar’, Jurnal Teknik Perkapalan, 5.

Supryatno, A. (2018) Faktor risiko infestasi serangga pengganggu dan potensinya sebagai vektor salmonellosis pada kapal laut di pelabuhan baubau sulawesi tenggara. Institut Pertanian Bogor.

Soekidjo, N. (2018) Metodeologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sofia and Syahril (2019) Kesehatan Lingkungan: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kedokteran UGC.344.

WHO (2011) Buku Panduan Untuk Pemeriksaan Kapal dan Penerbitan Sertifikat Sanitasi Kapal. Jakarta: World Health Organization.

Wulandari, R., Sumanto, D. and Teguh Isworo, J. (2017) Sanitasi kapal, Kualitas Air bersih, Dan keberadaan Tikus di Kapal Dalam Hubungannya Dengan Status Kesehatan Anak Buah Kapal. Muhammadiyah Semarang




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v21i1.2084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia