STUDI PERILAKU PERSONAL HYGIENE PENJAMAH MAKANAN DI KANTIN (STUDI KEPUSTAKAAN)

wahyuni sahani, Safitri Muktia

Abstract


Hygiene merupakan suatu usaha pencegahan penyakit yang menitik beratkan pada usaha kesehatan perseorangan atau manusia beserta lingkungan tempat orang tersebut berada.Personal hygiene mengacu pada kebersihan seseorang.Penjamah makanan adalah seorang tenaga yang menjamah makanan dan terlibat langsung dalam menyiapkan, mengolah, mengangkut maupun menyajikan makanan.Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perilaku personal hygiene penjamah makanan di kantin.Jenis penelitian ini adalah studi kepustakaan dengan menganalisa jurnal yang berkaitan dengan judul penelitian yaitu tentang perilaku personal hygiene penjamah makanan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku personal hygiene penjamah makanan di kantin sekolah tingkat pengetahuan penjamah di kategorikan baik, sedangkan sikap dan tindakan penjamah di kategorikan kurang, penjamah tidak memperhatikan personal hygiene yang baik dan tidak menggunakan alat pelindung diri serta kriteria hygiene tempat pengolahan yang kurang memadai. Kesimpulan dari penelitian studi kepustakaan ini yaitu perilaku personal hygiene penjamah makanan di kantin dikatakan kurang hal ini dikarenakan perilaku penjamah makanan kurang memperhatikan tentang personal hygiene dan sanitasi pengolahan makanan yang baik.Saran bagi semua pemilik kantin atau pedagang makanan serta masyarakat pada perilaku penjamah makanan harus memperhatikan personal hygiene pada saat pengolah makanan dan menggunakan APD.

 

Kata Kunci :Personal hygiene, Penjamah makanan, Perilaku

Full Text:

Full Article PDF

References


Agus Riyanto. 2017. Aplikasi Metedologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika.

Arif Sumantri. 2017. Kesehatan Llingkungan Sanitasi Makanan. Penerbit : Kecana Depok.

Avicena Sakula Marsanti, dkk. 2018. Prinsip Hygiene Sanitasi Makanan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Budiman Chandra. 2017. Pengantar Kesehatan Llingkungan. Jakarta. Penerbit : Buku Kedokteran EGC.

Catur Puspawati, dkk. 2019. Kesehatan Lingkungan Teori dan Aplikasi. Jakarta:Buku Kedokteran EGC.

Cecep Dani Sucipto. 2015. Keamanan Pangan Untuk Kesehatan Manusia. Yogyakarta : Gosyen Publishing.

Febrina Sulistiawati, MZ, 2018. Perilaku Hygiene Penjamah Makanan Berdasarkan Pengetahuan Tentang Hygiene Di kantin SDN 3 Kekait Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat. (Online).http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/download/659/640, diakses pada tanggal 15 April 2020.

Inayah dan Zaenab. 2018. Penyehatan Makanan Dan Minuman. Makassar.Politeknik Kesehatan Makassar Jurusan Kesehatan Lingkungan.

Kemenkes RI. 2017. Profil Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Lidya Novita, RL, 2018. Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Penjamah Makanan Tentang Personal Hygiene Pada 3 Pedagang Di Kantin Poltekkes Kemenkes Riau.(Online).http://www.jurnal.pkr.ac.id/index.php/JIA/article/download/92/83, diakses pada tanggal 15 April 2020.

Mundiatun. 2015. Pengelolaan Kesehatan Lingkungan. Yogyakarta : PT Nerbit Gava Media.

Nayla Kamilia Fithri. 2016. Hygiene Dan Sanitasi Pada Penjamah Makanan Di Kantin Universitas Esa Unggul. (Online).https//inohim.esaunggul.ac.id/index.php/INO/article/viewFile/94/76, diakses pada tanggal 15 April 2020.

Paradita Viola Ristianita, dkk, 2017. Hubungan Perilaku Hygiene Perorangan (personal hygiene) Penjamah Makanan Di Kantin Kampus C Universitas Airlangga Surabaya.(Online).https://adihusada.ac.id/jurnal/index.php/AHNJ/article/download/77/76, diakses pada tanggal 15 April 2020.

Rusdin Rauf. 2013. Sanitasi Pangan & HACCP. Yogyakarta:Graha Ilmu

Soekidjo Notoatmodjo. 2014. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Sri Rejeki. 2015. Sanitasi, Hygiene, dan Kesehatan & Keselamatan Kerja (K3). Bandung : Rekayasa Sains.

Zaenab dan Haerani. 2018. Penyehatan Makanan Dan Minuman. Makassar.Politeknik Kesehatan Makassar Jurusan Kesehatan Lingkungan.




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v21i1.2093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia