KONDISI FAKTOR FISIK RUMAH DAN KEJADIAN ISPA DI DESA ALENANGKA KECAMATAN SINJAI SELATAN KABUPATEN SINJAI

Fitrah Anantasia, Mulyadi Mulyadi, Hidayat Hidayat

Abstract


Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) merupakan salah satu masalah penyakit tertinggi yang ada di Kabupaten Sinjai. Tempat tinggal dengan ventilasi yang kurang memenuhi kriteria sehingga mengakibatkan pergantian oksigen kurang sempurna, lingkungan fisik rumah yang juga tidak memenuhi syarat, dan hampir setiap rumah masih menggunakan bahan bakar memasak dengan kayu bakar. Kondisi lingkungan yang seperti ini dikhawatirkan berpotensi akan kejadian  ISPA dengan faktor-faktor yang ada.Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui hubungan kondisi rumah dengan kejadian ISPA di Desa Alenangka Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. Jenis penelitian yang digunakan didalam penelitian ini yaitu obervasional analitik dan dianalisa secara cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 44 rumah. Penelitian dilaksanakan selama satu bulan. Hasil analisis data dengan menggunakan uji korelasi pearson.Hasil penelitian menunjukkan data variabel ventilasi didapatkan nilai p = 0,219 (p > 0,05) berarti tidak ada hubungan dengan kejadian ISPA, variabel suhu dengan nilai p = 0,029 (p < 0,05) berarti ada hubungan dengan kejadian ISPA, variabel kelembaban dengan nilai p = 0,034 (p < 0,05) berarti ada hubungan dengan kejadian ISPA, dan variabel kepadatan hunian dngan nilai p = 0,123 (p > 0,05) berarti tidak ada hubungan dengan kejadian ISPA.

Kata Kunci : Kejadian ISPA, Ventilasi, Suhu, Kelembaban, Kepadatan Hunian

Full Text:

Full Article PDF

References


Hidayat, H., & Karmila, K. (2020). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut Di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas II A Sungguminasa Kabupaten Gowa. Sulolipu: Media Komunikasi Sivitas Akademika Dan Masyarakat, 20(2), 199– 205.

Kartini, Hamdani, N., & Asaskas. (2019). Pengaruh Kondisi Fisik Rumah Dengan Kejadian ISPA Pada Anak Usia 1-12 Tahun di Wilayah Kerja Puskesmas Tarakan Kecamatan Wajo Kota Makassar. 1(2), 1–9.

Mulyadi, & Nugroho, H. S. W. (2018). Risk Factors at Home on Acute Respiratory Infection (ARI) Incidence in Children Under Five in Sapuli Island, South Sulawesi. Journal of Chemical Information and Modeling, 9 no. 6(9), 210-.




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v21i2.2348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia