KONSEP KESERAGAMAN POLA SPASIAL LINGKUNGAN PERMUKIMAN BERBASIS SIG (SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS) PADA KAWASAN MUARA SUNGAI TALLO KOTA MAKASSAR

Rohana Rohana, Nurhikmah Paddiyatu, Sri Wahyuni, Gunawan Abdullah

Abstract


Muara Sungai Tallo yang berada dibagian Utara Kota Makassar, yang terus tumbuh dan berkembang dari tahun ketahun. Saat ini dihuni oleh penduduk yang cukup padat dengan kondisi perumahan yang berhimpitan. Selain itu di daerah tersebut, terdapat perumahan yang dibangun di atas air yang telah melampaui sempadan sungai dengan kondisi sanitasi yang kurang sehat. Permukiman penduduk yang terus bertambah dengan memanfaatkan ruang sepanjang bantaran sungai. Hal ini menjadikan ruang-ruang dalam zona lindung berkurang sehingga perubahan ruang dapat berdampak pada ruang disekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pola spasial lingkungan kawasan permukiman pesisir Tallo yang berbasis SIG, dilihat dari perubahan ruang yang terjadi pada kawasan tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dan Pembahasan Penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang terjadi pada Kawasan muara sungai tallo, khususnya yang terdapat di wilayah RW. 04 Kelurahan Tallo, diantaranya yaitu 1) Terjadinya perkembangan permukiman pada Kawasan pesisir yang semakin kumuh, 2) Degradasi fisik lingkungan, 3) Sarana dan prasarana mengalami penurunan kualitas terutama drainase dan sanitasi, 4) Pengelolaan sampah yang belum sesuai dengan anjuran pemerintah, 5) Belum tersedianya RTH yang sesuai dengan peruntukannya, 6) Perilaku masyarakat terhadap lingkungan, masih relatif rendah, 7) Tingkat kesejahteraan masyarakat, masih tergolong rendah. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi perubahan ruang disekitar Kawasan pesisir, berbagai steakholder dan partisipasi masyarakat, sangat dibutuhkan kerjsamanya untuk bisa saling bahu-membahu dan bekerjasama untuk menjaga lingkungan dan memelihara sumberdaya yang ada dengan tidak mengotori dan tidak merusak berbagai sarana dan prasarana yang telah disediakan, baik dari pemerintah maupun dari pihak swasta. Selain itu, untuk menciptakan lingkungan hunian yang kondusif, dibutuhkan komunikasi yang efektif terhadap seluruh pihak serta dibutuhkan konsep manajemen pengelolaan Kawasan yang merupakan gagasan untuk memberikan pembelajaran dalam mengubah pemikiran, sikap dan perilaku masyarakat yang terorganisir dengan aturan-aturan atau kesepakatan yang dikelola secara bersama berdasarkan sistem manajemen.

 

Kata kunci: Spasial, Permukiman, Lingkungan, Sungai Tallo

Full Text:

Full Article PDF

References


Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman. 2018. Rencana Penataan Lingkungan Permukiman Kelurahan Tallo. Program Kota Tanpa Kumuh 2015-2019 (KOTAKU).

Kasim, Setiawan. Rivai, Abdur. 2020. Ketersediaan Prasarana Sanitasi di Lingkungan Permukiman Kumuh (slum area) terhadap Penyakit Lingkungan di Kelurahan Bentenge Kota Bulukumba, Program Studi Sanitasi Lingkungan, Poltekkes Kemenkes Makassar. Jurnal Sulolipu: Media Komunikasi Sivitas Akademika dan Masyarakat, Vol. 20 No.2 2020, e-issn: 2622-6960, p-issn: 0854-624X.

Kustiawan, I. (1997). Konversi lahan pertanian di Pantai Utara Jawa. Prisma No. 1 Pustaka LP3ES. Jakarta

Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunal (PLPBK). 2018. Gambaran Khusus Kawasan Prioritas. RTPLP Kawasan Prioritas A’Bulo Sibatang Kelurahan Tallo. https://www.google.com/search?q=pnpm+Penataan+Lingkungan+Permukiman+Berbasis+Komunal+%28PPBK%29.+2018.+Gambaran+Khusus+Kawasan+Prioritas+Kelurahan+Tallo&source (Diakses 05 Agustus 2021).

Sutanto. 1995. Mengenali dan Memetakan Permukiman Kumuh berdasarkan Foto Udara Skala Besar:Operasionalisasi Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi (SIG) untuk penanganan Dta Dasar Pembangunan dalam Pembangunan Jangka Panjang II, Makalah Seminar Nasional 19 – 20 April 1995 di UGM.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Rohana. 2019. Konsep Pengembangan Lingkungan Pemukiman Berbasis Komunitas Di Kawasan Lakkang Kota Makassar. Jurnal Linears, Vol. 2, No. 1. e-ISSN 2614-3976




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v21i2.2410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia