FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUHAN NYERI PUNGGUNG BAWAH (LOW BACK PAIN) PADA TENAGA KERJA BONGKAR MUAT (TKBM) DI PELABUHAN NUSANTARA KOTA PAREPARE

Firdayanti Firdayanti, Hidayat Hidayat

Abstract


Tenaga kerja bongkar muat sering mengalami keluhan nyeri punggung bawah dengan jenis keluhan pegal, linu, ngilu, atau tidak nyaman di daerah punggung bawah. Hal ini diakibatkan oleh pekerjaan mengangkat barang yang monoton yang pada umumnya tidak memenuhi standar ergonomi, beban angkat yang berat dan dalam rentang waktu yang lama. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan beban kerja, masa kerja, lama kerja serta sikap kerja dengan keluhan nyeri punggung bawah pada tenaga kerja bongkar muat di Pelabuhan Nusantara Parepare. Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan rancangan penelitian secara cross sectional, jumlah sampel sebanyak 98 dengan metode penarikan sampel menggunakan purposive sampling dan analisis data diuji dengan melakukan uji statistik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari empat variabel yang diteliti terdapat 2 variabel yang tidak memiliki hubungan dengan keluhan nyeri punggung bawah yaitu lama kerja (p= 0.170) dan sikap kerja (p=0,688) sedangkan untuk variabel beban kerja (p= 0,001) dan masa kerja  (p= 0,001) memiliki hubungan dengan keluhan nyeri punggung bawah. Diharapkan kepada tenaga kerja bongkar muat, pada proses pengangkatan barang untuk memperhatikan berat beban yang di angkat. Kepada ketua tenaga kerja bongkar muat disarankan untuk memberikan promosi tentang pencegahan keluhan nyeri punggung bawah.

 

Kata Kunci: Nyeri Punggung Bawah, Beban Kerja, Masa Kerja, Lama Kerja, Sikap Kerja

Full Text:

Full Article PDF

References


Andini, F…(2015). Risk Factors of Low Back Pain in Workers. Workers J MAJORITY, 4, 12.

Fristi, D. Y., & Ladyani, F. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Low Back Pain (Lbp) Pada Tenaga Kerja Bongkar Muat Di Cv Prancis Jaya Desa Mekarsari Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang Banten Tahun 2016. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, 3(2).

Jalajuwita, R. N., & Paskarini, I. (2015). Hubungan Posisi Kerja Dengan Keluhan Muskuloskeletal Pada Unit Pengelasan Pt. X Bekasi. The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health, 4(1).

Junqueira, D. R. G., Ferreira, M. L., Refshauge, K., Maher, C. G., Hopper, J. L., Hancock, M., ... & Ferreira, P. H. (2014). Heritability and lifestyle factors in chronic low back pain: Results of the Australian Twin Low Back Pain Study (The AUTBACK study). European journal of pain, 18(10).

Jonathan, A. S., & Mulyadi, M. (2020). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Low Back Pain Di PT. Maruki International Indonesia Makassar. Sulolipu: Media Komunikasi Sivitas Akademika dan Masyarakat, 20(1).

Nurrahman, Mu. R. (2016). Hubungan Masa Kerja dan Sikap Kerja Terhadap ejadian LBP Pada Penenun di Kampoeng BNI Kabupaten Wajo. 1–50.

Sinaga, M., & Salmah, U. (2015). Hubungan Faktor Risiko dengan Terjadinya Nyeri Punggung Bawah (Low Back Pain) pada Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) di Pelabuhan Belawan Medan.

Suma’mur. 2013. Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja (Hiperkes). Jakarta: CV. Sagung Seto. Edisi kedua.

Syarlina. 2018. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Nyeri Punggung Bawah Pada Pengrajin Gerabah Di Lingkungan Sandi Kelurahan Pallantikang Kecamatan Pattalassang Kabupaten Takalar. Skripsi. Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar Jurusan Kesehatan Lingkungan.

Tarwaka, dkk. 2004. Ergonomi Untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja, Dan Produktivitas. Surakarta: UNIBA Press.

Panulat, P. D. (2015). Hubungan Sikap Kerja Duduk dan Masa Kerja dengan Keluhan Nyeri Punggung Bawah pada Pekerja di Sentra Industri Pande Besi Desa Padas Karanganom Kabupaten Klaten. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wahab, A. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Nyeri Punggung Bawah (Low Back Pain) Pada Nelayan Di Desa Batu Karas Kecamatan Cijulang Pangandaran. Biomedika, 11(1), 35.




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v22i1.2412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia