Hubungan Perilaku Penjamah dengan Keberadaan MPN Coliform pada minuman di Pusat Kuliner Kabupaten Maros

Rostina Rostina, Khiki Purnawati Kasim, Stientje Stientje

Abstract


Tubuh kita terdiri dari 60% cairan, sehingga harus pandai memilih minuman yang sehat untuk tubuh. Konsumsi minuman sehat bagi tubuh sangat dibutuhkan karena tidak semua jenis minuman itu tepat untuk tubuh. Tujuan penelitian yaitu Menganalisis hubungan perilaku penjamah dengan keberadaan MPN Coliform pada minuman di Pusat Kuliner  Kota Maros. Jenis penelitian survei analitik dengan rancangan  crosssectional. Pengambilan Sampel minuman di Pusat Kuliner Jl.Gladiol, Pettuadae Kecamatan Turikale  Kabupaten Maros. Populasi adalah semua penjual minuman sebanyak 40 penjual.  Jumlah sampel  sebanyak 36 sampel dari 36 penjual yang menjadi responden. Adapun teknik pengambilan sampel yang dilakukan pada penelitian ini yaitu Simple Random Sampling. Hasil Penelitian menunjukkan ada hubungan perilaku penjamah dengan keberadaan coliform pada minuman dengan  analisis uji fisher untuk variabel pengetahuan penjamah diperoleh p value 0,020 < 0,05. Variabel sikap penjamah dengan nilai p value 0,024 < 0,05 dan variabel tindakan penjamah dengan nilai  p value 0,001 < 0,05. Kesimpulan  bahwa ada hubungan perilaku penjamah dengan keberadaan MPN Coliform pada minuman jus buah yang di jual di Pusat Kuliner Kota Maros. Perlu  upaya  peningkatkan pengetahuan tentang hygiene personal penjamah dan pengawasan serta pembinaan penjamah untuk meningkatkan kualitas jajanan di Pusat Kuliner Kabupaten Maros.

Kata Kunci : Perilaku penjamah, coliform, minuman


Keywords


Perilaku penjamah, coliform, minuman

Full Text:

Full Article PDF

References


Ahmad Saefullah, 2020. s.l.: https://kabarjatim.com/20-juta-kasus-keracunan-terjadi-indonesia-butuh-teknologi-keamanan-pangan/ .

Andhita Riana, S. S., 2018. Hubungan kontaminasi Coliform dengan skor perilaku hiegene sanitasi pada pedagang jajanan dan kantin keliling sekolah dan pedagang keliling.. Skripsi ; Departemen Gizi Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga, Surabaya.

Azwar, S., 2011. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. 2 ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

BPOM, 2015. Laporan Tahunan Badan pengawas Obat dan Makanan, Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Chandra, B., 2007. Pengantar Kesehatan Lingkungan.. Jakarta:: EGC

Elson, R., 2007. Hobbs’ food poisoning and food hygiene seventh edition.. English:.: CRC Press.

Herdianti, W. T., 2019. Perilaku dan Karakteristik Penjamah Makanan terhadap Hiegene sanitasi Makanan pada Rumah Makan.. Kampurui Jurnal Kesehatan Masyarakat..

Indonesia, R. I. 2. K. M. K. R., 2003. Nomor 942/Menkes/SK/VII/2003 Tentang Pedoman Persyaratan Hygiene Sanitasi Makanan Jajanan., s.l.: s.n.

Martina Pakpahan, D. S., 2021. Promosi Keshatan dan Perilaku Kesehatan.. Jakarta.: Gerakan Mari Menulis.

Mulyani, R., 2017. Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Higiene Pengolah Makanan.. Jurnal Keperawatan,, Volume 10(1), pp. 6-1.

Mutiana, R. d. R., 2018. Hubungan Perilaku penjamah dengan Keberadaan MPN Coliform pada Minuman di Angkringan Kabupaten Barru. Jurnal Sulolipu No.2 tahun XXV Vol. 18 Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Makassar.

Notoatmodjo, S., 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S., 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan.. Jakarta: : PT Rineka Cipta..

Prasetyo, A. A., 2016. Hubungan antara Praktik Hiegene Penjamah dengan Keberadaan Coliform pada Cincau Hitam yang dijual di Lingkungan Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta.. Skripsi : Program studi Ilmu gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Setyorini, E., 2013. Hubungan Praktek Higiene Pedagang Dengan Keberadaan Escherichia Coli Pada Rujak Yang Dijual Di Sekitar Kampus Universitas Negeri Semarang.. Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri.




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v22i1.2625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia