SOLUSI DETERMINAN FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN STYROFOAM DENGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN LAMA BERJUALAN PADA PEDAGANG MAKANAN JAJANAN DI KECAMATAN MARITENGAE

Rahmi Amir, Andi Jariah Sari, Usman Usman

Abstract


Penggunaan styrofoam sebagai kemasan makanan memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan dan lingkungan. Berdasarkan survey awal terhitung ada 36 pedagang makanan jajanan yang masih menggunakan wadah styrofoam sebagai kemasan makanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan penggunaan styrofoam dengan pengetahuan, sikap dan lama berjualan pada pedagang makanan jajanan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik menggunakan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh pedagang makanan jajanan yang berjumlah 36 pedagang dengan tehnik sample random sampling yanitu berjumlah 33 pedagang. Analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat dengan statistik uji chi-square. Hasil analisis uji chi-square menunjukkan nilai masing-masing variable antara lain pengetahuan diperoleh p = 0,010, sikap diperoleh p = 0,010, lama berjualan diperoleh p = 1. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara pengetahuan, dan sikap dengan penggunaan styrofoam sebagai kemasan makanan pada pedagang makanan jajanan. Sedangkan lama berjualan tidak ada hubungan dengan penggunaan styrofoam sebagai kemasan makanan padagang makanan jajanan. Diharapkan penelitian ini dapat mengurangi penggunaan styrofoam serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang styrofoam yang dapat menimbulkan masalah apabila salah dalam menggunakannya.

Kata kunci : Kemasan Makanan, Lama Berjualan, Pengetahuan, Penggunaan Wadah Styrofoam, Sikap


Full Text:

Full Article PDF

References


Abidin, U.W. (2016) ‘Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Penjamah Makanan Kapal Penumpang Terhadap Penggunaan Styrofoam Sebagai Wadah Makanan di Pelabuhan Makasar Tahun 2016’, J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 2(2), pp. 34–42.

Agustina, T. (2014) ‘Kontaminasi Logam Berat Pada Makanan Dan Dampaknya Pada Kesehatan’, Teknobuga, 1(1), pp. 53–65.

Dewanti, R. (2022) Hubungan Pengetahuan Gizi, Sikap dan Perilaku Konsumsi Gula, Garam dan Lemak terhadap Pemilihan Makanan Sehat pada Remaja di Pedesaan. Universitas Sebelas Maret.

Indirawati, E., Sukmawati and Soerachmad, Y. (2019) ‘Hubungan Pengetahuan dan Sikap Penjual Makanan Online terhadap Penggunaan Wadah Styrofoam di Wonomulyo’, J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(1), p. 59. Available at: https://doi.org/10.35329/jkesmas.v5i1.310.

Munawaroh, I. and Suryani, D. (2019) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Penggunaan Wadah Styrofoam Pada Pedagang Seblak Di Kecamatan Umbulharjo Dan Gondokusuman Yogyakarta Tahun 2019. Universitas Ahmad Dahlan.

Ramadhan, R.E. (2019) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Dampak Penggunaan Styrofoam. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Available at: https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78.

Riadmojo, H. (2020) Pengaruh Lama Usaha dan Modal Usaha Terhadap Tingkat Pendapatan UMKM di Kecamatan Serengan Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ririn, R.F. (2019) ‘Pengaruh Modal, Lama Usaha, Jam Kerja Dan Lokasi Usaha Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional Landungsari Kota Malang’, Jurnal Agregat, 4(1), pp. 147–154.

Suhaila, P. (2019) Faktor yang Berhubungan dengan Penggunaan Wadah Styrofoam sebagai Kemasan Makanan Pada Penjual Jajanan di Kecamatan Johor Kota Medan Tahun 2019. Institut Kesehatan Helvetia Medan.

Untari, A.D. and Astuti, Y. (2020) ‘Analisis Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa tentang Penggunaan Styrofoam’, Bio-Lectura, 7(2), pp. 1–10. Available at: https://doi.org/10.31849/bl.v7i2.5301.




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v22i2.2911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia