KUALITAS LIMBAH PABRIK PENYULINGAN DAUN CENGKEH DI DESA BALIBO KECAMATAN KINDANG KABUPATEN BULUKUMBA

Ronny Ronny, Herwin Herwin

Abstract


Pabrik penyulingan daun cengkeh di Desa Balibo Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba merupakan industri swasta yang dikelolah masyarakat setempat dimana air limbah yang dihasilkan langsung dibuang ke sungai tampa melalui proses pengelolaan air limbah. Pencemaran lingkungan adalah masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan/atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga melampaui baku mutu lingkungan hidup yang telah ditetapkan.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas air limbah pada pabrik penyulingan daun cengkeh di Desa Balibo Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba parameter Biochemical Oxygen Demand (BOD), Chemical Oxygen Demand (COD) dan Total Suspended Solid (TSS). Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian observasional dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh air limbah yang dihasilkan pabrik penyulingan daun cengkeh. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebagian air limbah pabrik penyulingan daun cengkeh yang diambil dengan metode Grab samples untuk pemeriksaan BOD, COD dan TSS. Pengukuran sampel dilaksanakan di Labolatorium Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Makassar.Hasil pemeriksaan kualitas air limbah pabrik penyulingan daun cengkeh terlihat bahwa dari 3 parameter yang diamati diperoleh 1 parameter tidak memenuhi syarat dan 2 parameter  memenuhi nyarat. Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 5 tahun 2014 tentang baku mutu air limbah, Parameter BOD tidak memenuhi syarat dengan jumlah 62 mg/L sedangkan COD dan TSS memenuhi syarat dengan jumlah masing masing 80 mg/L dan 41,3 mg/L.Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kualitas air limbah pabrik penyulingan daun cengkeh di Desa Balibo Kecamatan Kindang Kabupaten parameter Biochemical Oxygen Demand (BOD) tidak memenuhi syarat, parameter Chemical Oxygen Demand (COD) memenuhi syarat dan parameter Total Suspended Solid (TSS) memenuhi syarat. Disarankan untuk melakukan pengelolaan air limbah sebelum air limbah di buang ke badan air untuk mengurangi resiko lingkungan yang ditimbulkan.

 

Kata Kunci       : Kualitas Air Limbah, BOD, COD, TSS

Full Text:

Full Article PDF

References


Adnan, A. B., Subroto, S., & Putro, S. (2019). Analisis Karakteristik Pembakaran Langsung (Co-Combustion) Arang Kayu Dan Daun Cengkeh Sisa Destilasi Minyak Atsiri Dengan Variasi Komposisi. Media Mesin: Majalah Teknik Mesin, 19(2).

Andika, B., Wahyuningsih, P., & Fajri, R. (2020). Penentuan nilai BOD dan COD sebagai parameter pencemaran air dan baku mutu air limbah di pusat penelitian kelapa sawit (PPKS) Medan. QUIMICA: Jurnal Kimia Sains dan Terapan, 2(1), 14-22.

Anugrahwati, M., Wicaksono, W. P., & Nurlestari, R. (2017). Pengaruh Senyawa Kimia Dalam Limbah Penyulingan Minyak Atsiri Terhadap Aktivitas E . coli Effect of Chemical Compounds in Wastes from Essential Oil Distillation on the Activity of E . coli sistem Senyawa-. Journal of Aquaculture Science, 2(April), 90–99.

Arif, Latar Muhammad. (2016). Pengelolaan Limbah Industri. Yogyakarta : Penerbit ANDI.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bulukumba. (2020). Geografi dan Penduduk.

Ditjen, P. (2017). Statistik Perkebunan Indonesia Komoditas Cengkeh 2017-2019. Kementerian Pertanian, 40.

Daroini, Tamamu. A., & Apri Arisandi. (2020). Analisis BOD (Biological Oxygen Demand) Di Perairan Desa Prancak Kecamatan Sepulu, Bangkalan. Juvenil, 1 (4), 558 – 566.

Erwin. (2019). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Home Industri Penyulingan Daun Cengkeh Desa Komba Selatan Kecamatan Larompong Kabupaten Luwu. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(3), 1–21.

Muslim,B & Gusti,A. (2020). Kajian Distribusi Spasial Dan Temporal Kadar Bod, Tss Dan Do Air Sungai Batang Arau Kota Padang 2018. Jurnal Sulolipu : Media Komunikasi Sivitas Akademika Dan Masyarakat, 20(1), 104–109.

Nuraini, E., & Tantri Fauziah, F. L. (2019). Penentuaan Nilai BOD dan COD Limbah Cair Laboratorium . Integrated Lab Jurnal, 4.

Permen LH No. 5. (2014). Baku Mutu Air Limbah.

Sitepu, K. S. (2018). Efektivitas Biofilter Dalam Menurunkan Kadar TSS dan Amonia Pada Limbah Cair. Fakultas Perikanan, 1-9.

Sipayung, E. F., & Putra, R. (2021, September). Pemantauan Kualitas Air Limbah di PT. Bridgestone Sumatra Rubber Estate. In Seminar Nasional Hari Air Sedunia . 3(1), 67-72.

Undri Rastuti , Hartiwi Diastuti1, S. N. H. (2019). Konversi Limbah Penyulingan Daun Cengkeh dan Daun Sereh menjadi Kompos. Pengembangan Sumber Daya Perdesaan Dan Kearifan Lokal Berkelanjutan V I I I, November, 464–473




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v22i2.3008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia