PERILAKU PENJAMAH MAKANAN DI CATERING ANUGERAH DAN SEKAR KOTA MAKASSAR

Juherah Juherah, Irmawati Irmawati

Abstract


ABSTRAK

 

Penjamah makanan sangat berpengaruh terhadap kualitas makanan, sehingga baik secara langsung maupun secara tidak langsung dapat berpengaruh terhadap penyebaran penyakit. Kualitas hiegene dan sanitasi yang di pengaruhi oleh dua faktor penjamah makanan dan faktor lingkungan, terkontaminasinya makanan disebabkan oleh faktor pengetahuan penjamah yaitu dari perilaku sehat dan kebersihan badan penjamah makanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui periku penjamah makanan di tempat catering Anugerah dan catering Sekar. Jenis penelitian ini bersifat observasional dengan pendekatan deksriptif untuk memperoleh data faktual dari perilaku penjamah makanan ditempat Catering Anugerah dan sekar dikota Makassar khususnya di Catering Anugerah dan Sekar  yang berada dijalan faisal dan Minasaupa 17 No.3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa distribusi responden tingkat pengetahuan yaitu pengetahuan menunjukkan bahwa tingkat penegtahuan yang dikategorikan baik sebanyak 3 orang (15%) kategori cukup 7 orang (35%) dan kategori kurang 10 orang (50%), sikap menjukkan bahwa tingkat pengetahuan yang dikategorikan baik sebanyak 4 orang (20%) kategori cukup 6 orang (30%) dan kategori kurang 10 (50%), tindakan  menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan yang dikategorikan baik sebanyak 6 orang (30%) kategori cukup 3 orang (10%) dan kategori kurang 11 (55%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan perilaku penjamah makanan yang tidak memenuhi syarat yaitu 100% dari jumlah keseluruhan yaitu pengetahuan, sikap dan tindakan. Sehingga disarankan kepada pihak pengelola Catering untuk perlu memperhatikan perilaku penjamah makanan dan agar dilakukan penyuluhan, bimbingan serta kursus keterampilan tentang hiegiene perorangan.

Kata Kunci      : Perilaku Penjamah Makanan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aminah, 2007: Studi Tentang Aspek Pengolahan Makanana dan Kualitas Bakteriologis Makanan Di Catering Glory. Makassar.

Depkes R.I, 2001: Kumpulan Modul Kursus Penyehatan Makanan bagi Pengusaha Makanan dan Minuman (http://wordpress.com/2012/03/19) Diakses 23 Desember 2015.

Dewi susanna, dkk; 2003: Pemantauan Kualitas Makanan Ketoprak Dan Gado-Gado Dilingkungan Kampus UI Depok Melalui Pemeriksaan Bakteriologi (http://repository.ui.ac.id/contents/koleksi/2/881.pdf). Diakses 10 juli 2016.

Erlani, dkk; 2015: Panduan Praktek Lapangan Sanitasi Tempat-Tempat Umum dan Pariwisata. Makassar.

Hiasinta A. Purnawijayanti; 2001: Sanitasi Higiene dan Keselamatan Kerja Dalam Pengolahan Makanan. Kasinius; Yogyakarta.

Mudiatun, dkk; 2012: Sanitasi Makanan Perilaku Penjamah Makanan (http://inspeksisanitasi.blogspot.co.id/2012/01) Diakses 4 Januari 2016.

Nunik Agustina Rahayu, 2013: Studi Deksriftip Karasteristik Hygiene Dan Sanitasi Pada Pengolahan Makanan Gado-Gado Lingkungan Pasar Johar. Semarang. (https://www.google.com/jurnal) Diakses 5 januari 2016.

Rizsa Puspitaningtyas, 2015: Upaya Penjamah Makanan Kualitas Ditinjau Dari Aspek Food Safety Pada Warung Makan Disekitar Universitas Negeri Semarang. (https://www.google.com/jurnal) Diakses 25 januari 2016.

Republik Indonesia; 2012: Kumpulan Modul Kursus Higiene Sanitasi Makanan dan Minuman; Jakarta.

Sri Rejeki, 2015. Sanitasi Hygiene dan k3 (Kesehatan Dan Keselamatan Kerja); Bandung.

Zaenab, dkk; 2013; Penyehatan Makanan Minuman-B; Makassar: Jurusan Kesehatan Lingkungan.




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v17i1.675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia